Tips Meningkatkan Produktifitas ketika Work From Home saat New Normal

Work from home atau bekerja dari rumah secara tidak langsung akan mengubah rutinitas setiap orang. Meski begitu, work from home tidak seburuk apa yang dipikirkan sebelumnya.

Walaupun sudah memasuki era new normal dan kantor diperbolehkan untuk melakukan kegiatan work from office kembali tetapi dengan sistem shifting untuk melaksanakan protokol kesehatan social distancing dan phsycal distancing. Untuk itu, akan masih banyak beberapa karyawan yang masih harus menjalankan pekerjaan mereka dari rumah.

Walaupun Anda sudah bosan karena tidak bisa berinteraksi lagi dengan rekan kerja Anda untuk waktu yang belum bisa ditentukan. Akan tetapi dengan kebijakan ini, keselamatan Anda lebih terjamin, performa kerja juga tak kalah baik dibandingkan kerja di kantor. Anda bisa bekerja secara produktif seperti biasa, asal tahu tips-tipsnya.

Penasaran? Anda bisa terapkan beberapa tips bekerja produktif selama work from home di era new normal berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Unduh Software yang Mendukung Pekerjaan

download

Berhubung karena sistem kerjanya secara online, maka Anda perlu mengunduh beberapa software pendukung yang biasa digunakan untuk bekerja di perusahaan. Jenis softwarenya disesuaikan dengan bidang kerja Anda sehari-hari. Misalnya, Sage X3, Tally, dan Tryton yang banyak digunakan oleh divisi akuntansi keuangan untuk pencatatan arus kas.

Beberapa perusahaan biasanya sudah memfasilitasi karyawan dengan software-software yang dibutuhkan sebelum kebijakan work from home berlaku. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan dimana harus mengunduh software tersebut. Yang pasti, komputer yang Anda gunakan untuk bekerja harus sesuai standar, sehingga software ini bisa berjalan dengan baik. 

2. Gunakan Komputer yang Memadai

komputer yang memadai

Memadai disini artinya menggunakan Windows atau Macintosh yang sesuai dengan standard di perusahaan. Ini penting dicatat karena beberapa software atau aplikasi tidak memungkinkan untuk diakses pada sistem operasi tertentu. Apabila komputer atau perangkat yang digunakan belum memadai, maka Anda perlu melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih tinggi.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa meminta bantuan IT untuk mengupgrade sistem operasi kalau memang komputer yang digunakan adalah komputer pribadi. Tapi kalau pakai laptop atau komputer kantor sih biasanya tidak perlu upgrade atau unduh apapun, karena semuanya sudah disediakan. 

Baca Juga: Biar Kerja Lancar, ini 9 Aplikasi Andalan Selama Work From Home

3. Koneksi Internet yang Lancar

wifi

Sebagus dan secanggih apapun komputer dan software yang digunakan, sama saja bohong kalau tanpa internet. Ya, internet memegang peran yang cukup krusial selama work from home karena semuanya dikerjakan secara online. Pastikan koneksi internetnya stabil agar tidak mengganggu kelancaran dan kecepatan kerja, jadi semuanya berjalan dengan baik layaknya bekerja di kantor.

Lebih disarankan untuk menggunakan WiFi karena kecepatan internetnya jauh lebih baik dan stabil dibandingkan internet biasa. Selain itu, pilih provider internet yang bagus karena cepat atau tidaknya koneksi sangat juga tak lepas dari provider..

4. Bekerja di Tempat yang Nyaman

bekerja di tempat yang nyaman

Kantor dan rumah adalah dua tempat kerja yang sangat berbeda, baik dari segi tata letak ruang, fasilitas, maupun suasana. Agar produktivitas kerja tidak menurun drastis, sebaiknya sediakan segala perabotan yang menunjang aktivitas work from home, seperti meja dan kursi. Nah, untuk kursinya, pastikan yang memiliki senderan. Jadi ketik otot-otot mulai tegang, Anda bisa rebahan sebentar.

Selama work from home, coba cari satu ruangan dimana Anda bisa bekerja senyaman mungkin. Entah itu di kamar, ruang belajar, atau balkon. Hindari tempat kerja yang sering dilalui atau dikerumuni banyak orang guna meminimalisir keributan, karena ini dapat menghancurkan konsentrasi saat bekerja.

5. Tetap Beristirahat!

tetap beristirahat

Jika di kantor ada jam istirahat, maka di rumah pun sama. Anda berhak menikmati waktu istirahat selama kurang lebih satu jam untuk makan dan melakukan aktivitas lain yang membuat semangat kerja tetap on the go. Sementara untuk waktunya, Anda bisa sesuaikan seperti jam istirahat di kantor. Kalau biasanya istirahat di kantor mulai pukul 12, maka di rumah pun harus pukul 12. 

Tapi kalau misalnya jam istirahat di kantor sifatnya bebas, maka Anda bisa beristirahat kapan pun saat tubuh sudah merasa capek. Intinya, lama waktu istirahatnya tetap sama seperti di kantor. Jangan karena tidak ada yang memperhatikan, Anda jadi korupsi waktu dan istirahat sesuka hati.

Baca Juga: Kerja di Rumah Lama-Lama Bikin Jenuh dan Stress? Ini Dia Cara Menghilangkannya

6. Jaga Komunikasi dengan Tim

komunikasi dengan tim

Karena Anda dan rekan bekerja di rumah masing-masing, maka penting untuk menjaga komunikasi satu sama lain. Ketika Anda kurang paham mengenai suatu job desk, setidaknya Anda bisa bertanya kepada tim agar proses penyelesaian tugas tidak terhambat. Begitu juga saat ada proyek yang harus diselesaikan, Anda dan tim harus betul-betul menjaga komunikasi agar proyek bisa selesai dengan hasil yang maksimal.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan komunikasi, seperti Whatsapp, Google Hangout Meet, Zoom, Skype, dan Discord. Pastikan aplikasi yang digunakan memiliki fitur audio dan video yang baik, sehingga komunikasi secara online bisa berjalan lancar.

7. Selingi dengan Hiburan

selingi dengan hiburan

Work from home memang lebih santai, tapi sangat membosankan karena Anda tidak punya teman yang bisa diajak berdiskusi. Untuk itu, selingi pekerjaan dengan beberapa hiburan agar Anda tetap semangat untuk kerja dari pagi sampai sore. Hiburan ini bisa berupa lagu, video, atau permainan, tergantung pada selera masing-masing.

Sesekali menghibur diri masih bisa diterima, apalagi saat work from home seperti sekarang. Toh, tidak langsung mengurangi performa kerja secara drastis juga, kan? Intinya, Anda mampu mengontrol diri dengan baik, sehingga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hiburan.

Jaga Semangat Kerja dengan Baik

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti bisa bermalas-malasan, apalagi tidak bekerja. Ingat, Anda punya tugas dan tanggung jawab yang suatu saat akan ditagih oleh bos. Jadi, jaga semangat kerja sebaik mungkin agar Anda bisa memberi kontribusi maksimal, sama halnya seperti saat bekerja di kantor.

Baca Juga: Daftar Layanan Gratis yang Bisa Kamu Dapat Selama Pandemi Corona