Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

Saat ini peluang bisnis di Indonesia terutama bidang kuliner sangat menjanjikan dan memiliki potensi yang besar serta keuntungan yang cukup baik. Industri kuliner bisa dibilang terus berkembang dan semakin inovatif dalam menyajikan hal-hal baru. Mulai dari, jenis hingga tampilan dan nama yang dapat menarik minat banyak orang. Apalagi makanan termasuk kebutuhan pokok yang pastinya tidak akan pernah habis untuk dibutuhkan dan dicari.

Nah, salah satu bisnis kuliner yang cukup menjanjikan adalah bisnis kue kering. Bisnis yang satu ini memiliki potensi yang besar, mengingat permintaan konsumen yang cukup tinggi terlebih lagi jika memasuki masa puasa hingga menjelang Lebaran.

Kue kering mempunyai banyak jenis dan bentuk serta rasa yang berbeda-beda. Biasanya rasa dibuat menyesuaikan dengan selera masyarakat setempat sehingga banyak disukai dan dibeli oleh banyak orang dan tidak menutup kemungkinan menjadi makanan khas daerah tersebut.

Selain itu, kue kering juga cukup mudah dalam pembuatan serta memiliki masa waktu kedaluwarsa yang relatif lebih lama dibandingkan dengan kue basah. Apalagi sekarang ini banyak resep kue kering baru yang bisa kamu pilih. Waktu untuk berjualan kue kering juga cukup fleksibel terutama bagi kamu yang ingin menjadikan bisnis kue kering sebagai sampingan.

Tips Berbisnis Kue Kering

Saat ini memang banyak orang yang sudah menjual kue kering dan banyak pula yang berhasil dan sukses menjalankan bisnis tersebut. Dalam membuka sebuah usaha tentunya kamu harus mempunyai tujuan yang pasti dan terukur agar bisnis yang kamu geluti nantinya bisa terus maju, berkembang, dan dapat menghasilkan pendapatan yang diharapkan.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba untuk memulai usaha kue kering, maka kamu bisa melihat beberapa tips dan poin-poin penting yang harus dilakukan sebelum dan saat memulai usaha kue kering tersebut.

Berikut tips sukses berbisnis kue kering terutama di saat menjelang hari raya Lebaran dan bulan puasa.

  1. Pilih Jenis Kue yang akan Dijual

    loader

    Kue Nastar (Sumber: sidomi.com)

    Sebelum memulai bisnis kue kering, terlebih dahulu kamu harus memiliki jenis atau macam-macam kue kering yang akan kamu buat dan jual.

    Pemilihan kue kering bisa disesuaikan dengan kemampuan, mudah atau sulitnya resep, tren makanan kue kering yang sedang laku dan banyak dicari, serta harga yang terjangkau oleh berbagai kalangan. Selain itu, kamu juga bisa membuat suatu variasi baru dari resep kue yang sudah ada atau bahkan membuat resep baru.

  2. Ciptakan Sesuatu yang Unik/Baru

    loader

    Kue dengan Bentuk Unik (Sumber: inforesepku.com)

    Saat ini sudah cukup banyak jenis makanan kue kering dan banyak juga yang menjual kue dengan bentuk, rasa, ataupun tampilan yang sama dan tidak memiliki ciri khas tertentu. Hal tersebut tentunya membuat banyak orang bosan dengan tampilan dan rasa yang sama dari tahun ke tahun. Akan lebih baik jika kamu bisa menciptakan sesuatu yang baru entah itu dari tampilan yang berbeda, rasa, ataupun jika memungkinan kamu untuk bisa membuat terobosan resep baru yang menarik dan unik dengan rasa yang enak.

    Contohnya, kamu bisa membuat kue kering yang menyasar pasar tertentu seperti kue kering untuk para penderita diabetes atau para pelaku diet. Dengan memiliki kelebihan tersebut dan dapat menyelesaikan suatu masalah tertentu, dapat membuat kue yang kamu buat akan selalu dicari dan dibeli.

  3. Pilih Packaging yang Menarik

    loader

    Packaging yang Menarik

    Don’t judge a book by its cover, istilah umum yang dipakai untuk mengingatkan agar tidak menilai sesuatu dari hal yang nampak saja. Tapi untuk kasus-kasus tertentu sepertinya hal itu tidak berlaku, apalagi untuk bisnis kue kering.

    Faktanya, banyak pelanggan yang lebih memilih membeli kue kering dengan tampilan yang menarik di mata mereka, baik itu dari segi bentuk-bentuk kue ataupun cara pengemasannya.

    Oleh karena itu, jangan hanya membungkus kue kering buatanmu dengan plastik ala kadarnya, tetapi kemaslah dengan semenarik mungkin. Kamu juga bisa menggunakan toples mika agar semakin meningkatkan nilai jual. Jangan lupa untuk menambahkan nama brand untuk membedakan dengan para kompetitor dan juga mengenalkan bisnis kue kering ke masyarakat secara luas.

  4. Perhatikan Masa Kedaluwarsa Produk Kue Kering

    loader

    Kedaluwarsa

    Setiap jenis kue kering pasti memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda-beda. Pastikan kamu mengetahui batas kedaluwarsa setiap kue kering yang akan dibuat dan dijual nantinya. Selain itu, pastikan juga kamu membuat label atau mencantumkan tanggal batas kedaluwarsa dari setiap produk yang dibuat agar tidak merugikan konsumen dan untuk mengurangi masalah di kemudian hari.

  5. Bidik Pasar

    loader

    Target Pasar

    Jika kamu masih pemula, maka sebaiknya bidiklah pasar yang berada di sekitarmu terlebih dahulu. Bisa tetangga, teman, atau pun lingkaran kecil di sekelilingmu. Kamu bisa mulai menawarkan produkmu ke mereka atau memberikan sedikit sampel untuk dicicipi di suatu event seperti pengajian atau reuni. Jika mereka menyukai produkmu, tentunya mereka akan membeli kembali dan akan mempromosikan produkmu ke orang lain secara gratis.

  6. Aktif Memasarkan melalui Toko Online

    loader

    Toko Kue Online

    Toko online ataupun media sosial kini jadi tren baru di era digital. Terbukti sekarang ini banyak pengusaha yang sukses berjualan walau hanya menggunakan toko online dan tidak memiliki toko asli. Dengan membuat toko online dan media sosial, kamu bisa berjualan dan mempromosikan produkmu ke mana saja dan bisa mempercepat orang untuk mengetahui produk-produk yang kamu jual. Hal ini sangat membantu terutama jika kamu memulai bisnis dengan modal yang pas-pasan atau terbatas.

  7. Jujur dalam Usaha

    loader

    Kejujuran

    Hal terakhir yang harus kamu ingat dan tanamkan di dalam hati adalah selalu jujur dalam menjalankan berbagai usaha. Terkadang demi omset yang lebih besar, banyak orang atau penjual yang memangkas pengeluaran dari bahan baku dan bahan lain secara kurang baik. Misalnya memakai bahan berkualitas buruk atau menggunakan bahan pengawet agar masa kedaluwarsa lebih lama. Cara-cara tersebut tentunya tidak baik dan bisa merugikan konsumen.

Bisnis Kue Kering Paling Cocok Dimulai Menjelang Lebaran

Bisnis kue kering biasanya bersifat musiman, namun jika kamu pintar dalam membidik pasar, bisa jadi bisnis permanen sepanjang musim. Bisnis ini paling mudah dimulai saat menjelang Lebaran tiba. Dengan membaca dan mengikuti tips sukses berbisnis kue kering di atas, kamu bisa mendapatkan wawasan baru bagaimana bisnis ini dijalankan.