Tips Sehat Jasmani, Rohani dan Investasi selama Ramadhan

Penting untuk mempersiapkan dan menyesuaikan diri dengan berbagai aktivitas ibadah selama bulan puasa. Bukan hanya terkait kondisi kesehatan fisik saja, Anda juga perlu mempersiapkan dan menjaga kondisi keuangan Anda dengan baik. 

Selain itu, cermati juga hal-hal penting terkait Ramadhan tahun ini, seperti ibadah dan juga pembayaran zakat. Semua ini akan membuat Ramadan tahun ini lebih berkesan dan tentunya berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa tips sehat jasmani, rohani dan juga investasi yang bisa diterapkan selama bulan Ramadhan nanti: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Selalu Jaga kesehatan

loader
Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh selama bulan puasa merupakan hal penting yang tak bisa diabaikan, terutama untuk yang memiliki aktivitas harian yang cukup padat. Berpuasa  seringkali membuat tubuh terasa lemas, dehidrasi, dan bahkan sulit berkonsentrasi.  

Hal ini biasanya terjadi karena pengaruh kurangnya asupan nutrisi dan cairan selama menjalankan ibadah puasa. Kondisi seperti ini juga bisa saja membuat sistem imun menjadi lebih lemah, sehingga tubuh rentan sakit. 

 Hindari gangguan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa, agar puasa bisa berjalan dengan lancar selama sebulan penuh. Penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik ketika sahur dan berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik. 

Jangan lupa untuk memasukkan asupan sayuran dan buah segar  dalam menu sahur maupun berbuka. Selain itu, mengkonsumsi multivitamin tambahan juga bisa menjadi pertimbangan, terutama saat kondisi tubuh kurang fit.

Baca Juga: Ibadah Makin Afdol: Ketahui Syarat, Jenis Zakat dan Rumus Menghitungnya

2. Perbanyak Ibadah

loader
Ibadah Ramadhan

Selama bulan puasa, berkah serta pahala akan berlipat ganda. Memperbanyak amal ibadah selama bulan suci tersebut merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pahala. 

Jalankanlah shalat lima waktu dengan baik dan perbanyak waktu untuk membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Selain itu, sisihkanlah sebagian rezeki yang didapatkan dari investasi untuk infaq, shadaqah dan juga zakat. 

Jika keuntungan investasi telah melampaui nisab, jangan lupa untuk menunaikan zakat saham. Nisab untuk zakat saham itu sendiri sama nilainya dengan nisab untuk zakat maal, yakni setara dengan 85 gram emas, di mana besaran zakatnya = 2,5%.

Contoh: 

Andre mendapatkan total asset account sebesar Rp 120 juta dalam setahun penuh, di mana harga emas per gramnya adalah sebesar Rp 700 ribu. 

Nishab zakat Andre : 85 x 700.000 = Rp 59.500.000,- 

Berdasarkan perhitungan di atas, maka Andre memiliki kewajiban untuk menunaikan zakatnya di Ramadhan nanti sebesar : 2,5% x Rp 120.000.000,- = Rp 3.000.000,- 

3. Manfaatkan Waktu Senggang dengan Maksimal

loader Memanfaatkan Waktu Senggang

Di bulan puasa, sebagian besar orang justru memiliki banyak sekali waktu luang,  terutama di sore hari saat menjelang buka puasa. 

Jika biasanya waktu luang seperti ini dihabiskan untuk ngabuburit, maka hal tersebut tentu tidak mungkin dilakukan di masa pandemi seperti ini. Namun jangan khawatir, ada banyak aktivitas bermanfaat lainnya yang bisa di dilakukan untuk mengisi waktu luang selama berpuasa.

Menyiapkan sendiri menu berbuka puasa tentu bisa menjadi pilihan, terutama jika Anda termasuk orang yang senang memasak. Mengikuti kelas online juga bisa menjadi pertimbangan, di mana Anda bisa mengasah kemampuan atau bahkan hobi yang selama ini belum sempat dinikmati. 

Selain itu, mengikuti ibadah atau kajian melalui layanan live streaming juga bisa menjadi cara terbaik untuk menikmati waktu luang. Selain mendapatkan ilmu, Anda juga bisa mendapatkan pahala di saat bersamaan.

Baca Juga: Sambil Menunggu Waktu Berbuka, Ayo Nikmati 7 Wisata Religi di Jakarta Ini

4. Belajar dan Hijrah ke Investasi Syariah

loader

Bulan puasa nanti juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk berhijrah. Hijrah ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya hijrah finansial. Jika selama ini masih terbiasa menjalankan investasi dalam berbagai bentuk instrumen konvensional, maka tidak ada salahnya untuk segera hijrah ke investasi syariah.

Ada banyak produk syariah yang bisa ditemukan dengan lebih mudah, seperti saham dan juga reksa dana syariah. Hal ini akan membuat kegiatan investasi menjadi jauh lebih mudah dan tentunya bisa membuat hati lebih tenang. 

Jangan lupa untuk mempelajari setiap instrumen investasi dengan baik terlebih dahulu, agar aktivitas keuangan tersebut bisa memberikan manfaat maksimal.

Jaga kesehatan Investasi selama Bulan Ramadhan

Menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting dilakukan selama bulan Ramadhan nanti, agar aktivitas puasa bisa berjalan dengan lancar. Bukan hanya kesehatan fisik saja, kesehatan keuangan dan rohani juga perlu dijaga dengan cara yang tepat. Hal ini akan memungkinkan Anda menikmati Ramadhan tahun ini dengan penuh berkah.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya