Tips Sukses dari MUA Terkenal di Indonesia untuk MUA Pemula

Menjadi Make Up Artist professional atau biasa dikenal dengan MUA, saat ini menjadi salah satu profesi yang sedang tren di Indonesia. Nyatanya, profesi yang dulunya sangat identik dengan perias salon ini sudah mulai menjamur di kalangan masyarakat.

Bukan hanya sekedar merias wajah saja tapi dengan perlengkapan kosmetik yang super lengkap dan keahlian rias yang luar biasa, para MUA mampu membuat tampilan wajah klien menjadi lebih cantik sempurna daripada biasanya. Hal ini tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang MUA.

Namun disamping itu, bayarannya yang cukup besar mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta disetiap panggilan jobnya juga membuat banyak orang yang tergiur untuk menjadi MUA.

Sekarang ini tak sedikit orang yang punya keahlian dasar merias wajah mulai memberanikan diri dengan membuka jasa make up untuk acara atau momen tertentu seperti wisuda, pesta, dan lamaran. Bahkan, bila sudah memiliki keahlian make up yang lebih, dirinya bisa menerima panggilan job make up khusus untuk pengantin wanita, model dan artis dalam negeri maupun luar negeri.

Itu merupakan sebuah proses yang harus dilalui untuk meuwujudkan impian menjadi MUA terkenal. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis jadi MUA, berikut ini ada beberapa kumpulan tips-tips pilihan Cermati.com menjadi MUA handal dari para MUA terkenal di Indonesia:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bennu Sorumba

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Juanda Hasid Sorumba (@bennusorumba) on

Bennu Sorumba merupakan make up artist terkenal yang sudah berkiprah sekitar 20 tahun lamanya. Walau sudah terbilang senior, tapi pria kelahiran 6 Maret 1982 ini tidak pernah kalah dan tenggelam dengan banyaknya MUA yang bermunculan. Justru Benu semakin menonjol di tengah masyarakat dan menjadi langganan para artis Indonesia hingga luar negeri.

Tips:

  • Tunjukan Ciri Khas Riasan Wajah

Bennu sendiri mengaku kalau menjadi MUA saat ini sangat mudah, tapi tidak mudah untuk menemukan ciri khas make up sendiri. Benu dikenal dengan ciri khas make up bold, dimana mulai dari warna eyeshadow dan lipstick menggunakan warna gelap. Misalnya, bila eyeshadow yang digunakan berwarna hitam gradasi abu, maka lipstick berwarna merah yang cenderung gelap. Namun, biasanya Bennu juga akan menyesuaikan selera klien menyoal warna lipstick. Hal ini menjadikan klien merasa puas karena tampilannya berubah menjadi sangat menawan.

Namun, sebagian besar orang justru tidak menyukai make up bold karena menurutnya terlihat terlalu menor. Sebagai pilihan ada juga ciri khas make up yang soft sehingga menampilkan cantik natural.

Untuk itu, bagi MUA pemula sebaiknya tetapkan terlebih dahulu gaya dan arah riasan make up, mau bold atau soft. Nah, semua ini tergantung dari selera hati.

  • Manfaatin Medsos

Menurut pria yang memiliki nama panjang Juanda Hasid Sorumba ini, sekarang untuk meraih sukses itu gampang. Dengan menggunakan media sosial, hasil karya kita bisa dilihat orang banyak dengan waktu yang pesat. Pilihlah media sosial yang tepat, bisa Facebook, Twitter, atau Instagram untuk mempromosikan diri dan jangan lupa juga upload hasil make up secara rutin.

2. Ryan Ogilvy

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ryan Ogilvy (@ryanogilvy) on

Ryan Ogilvy merupakan seorang Make Up Artist ternama di Indonesia yang berasal dari Pontianak. Tak hanya menjadi langanan dan MUA favorit para selebriti tanah air saja, Ryan juga sempat menjadi penata rias pilihan untuk ajang New York Fashion Week pada tahun lalu.

Tips:

  • Harus Mau Melewati Proses yang Sulit

Mencapai sebuah impian tidak bisa langsung terwujud dengan mudah. Beberapa orang pernah mengalami kalau impian yang sekarang ini dicapainya tidak ditentukan sejak kecil melainkan mengalir begitu saja, sama halnya dengan Ryan.

Ryan merantau ke Jakarta pada 2003, kemudia saat uang sakunya semakin menipis dirinya memutuskan untuk bekerja bersama temannya yang seorang desainer. Nah, barulah Ryan mulai mengenal dunia make up.

Tapi tak sesingkat itu saja, Ryan juga pernah ikut casting yang dibayar dan uangnya langsung digunakan untuk biaya kursus make up selama sebulan. Tak beberapa lama, Ryan menjadi Head Make Up Artist pada sebuah brand kosmetik. Dari situlah, dirinya mulai mengasah keahlian make up hingga pada akhirnya Ryan berani menjadi MUA profesional.

  • Ajak Ngobrol Klien

Pada umumnya, saat MUA sedang merias wajah klien, ada yang tidak boleh bergerak, ngobrol dengan yang lain dan sebagainya. Artinya, klien harus menuruti omongan atau arahan MUA. Ini sangat berbeda dengan Ryan yang memperbolehkan kliennya ngobrol, bergerak, menelpon dan sebagainya saat di rias wajahnya. Menurutnya dengan begitu Ryan bisa melihat letak cantiknya di mana, barulah make up di eksplor di wajah kliennya.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

3. Bubah Alfian

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bubah Alfian (@bubahalfian) on

Benar-benar diawalinya dengan menjadi perias salon rumahan, tapi saat ini Bubah Alfian sudah menjadi MUA yang sangat kondang di Indonesia. Prestasi yang diraihnya mulai dari berpartisipasi dalam make up di Jember Fashion Week Carnival, American Next Top Model, dan berkesempatan menjadi juri Amazing Race USA.

Prestasi dan keahliannya make upnya yang sangat mahir membuat Bubah menjadi MUA yang tak hanya dicintai kalangan artis saja, tapi para klien wedding juga sangat puas dengan hasil riasannya.

Tips:

  • Gunakan Produk yang Tepat

Kian kemari, produk kosmetik memang banyak bermunculan mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, untuk memulai menjadi MUA bukanlah berdasarkan kemampuan seorang MUA dalam membeli kosmetik yang mahal, melainkan MUA harus mampu memilih produk kosmetik yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

  • Cermat Memilih Warna

Inilah yang menjadi kekhawatiran para MUA pemula, yaitu takut salah pilih warna terutama pada foundation dan powder yang akan digunakan. Menurut Bubah, pilihlah tone dengan nuansa yang cenderung berwarna kuning. Sebab, itu akan lebih menyatu pada warna kulit wanita Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Make up dan Skin care

4. Imel Vilentcia

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Imel Vilentcia (@imelvilentcia) on

Imel Vilentcia sangat dikenal dengan ciri khas make up dengan barbie look, yaitu riasan yang lebih fokus pada bagian mata yang disulap seperti barbie. Tak hanya itu saja, make up yang dihasilkan dari kelihaian tangannya mampu membuat kliennya terlihat lebih muda dan segar.

Tips:

  • Ikut Make Up Class

Berawal dari kecintaan Imel pada make up hanya sebuah keisengan, tapi menjadi tertarik dan mulai masuk sekolah make up Puspita Martha di Surabaya. Mulai dari situ, Imel menjadi giat belajar dan serius belajar kecantikan mulai dari make up hingga penata rambut. Tak hanya di Indonesia saja, Imel juga terus mengasah keahliannya dengan ikut make up class di Malaysia. Dengan begitu, ilmu-ilmu menyoal make up akan terus bertambah.

5. Vizzily Vizya

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by VIZZILY (@vizzily) on

Vizzily Vizya atau biasa disapa Vizzily memang terlahir dari keluarga perias, yaitu ibu dan tantenya. Ini menjadikan Vizzily tertarik dunia make up sejak kecil. Namun, pada saat itu hanya sekedar hobi saja dan tidak pernah dijadikannya sebagai cita-cita.

Saat duduk di bangku perkuliahan, Vizzily memanfaatkan hobinya dengan iseng make up untuk model-model mahasiswa fashion design. Seiring berjalannya waktu dan dari mulut ke mulut, akhirnya Vizzily mendapatkan banyak panggilan job make up. Kini, Vizzily terkenal dengan keahlian make upnya dengan ciri khas barbie look dan arabian look.

Tips:

  • Jadikan Orang Sekitar sebagai Bahan Latihan

Semua orang percaya dengan sering berlatih maka keahlian juga semakin terasah dan hasilnya pun juga akan semakin maksimal. Ini sama halnya juga make up. Menurut Vizzily dengan banyak berlatih, seorang MUA pemula akan menemukan teknik dan karakter sendiri. Tak ada salahnya minta tolong ke orang sekitar seperti ibu, adik, saudara, tetangga dan sebagainya untuk dijadikan sebagai bahan latihan.

Pantang Menyerah Jadi MUA Profesional

Saat ini untuk mewujudkan mimpi menjadi MUA tidaklah sulit. Sebab, banyak pendukung yang memudahkan impian tersebut bisa tercapai. Mulai dari media untuk promosi, kemudian banyak brand kosmetik lokal yang harganya cocok dikantong tapi kualitasnya juga sangat bagus dan masih banyak lagi. Intinya teruslah berjuang dan jangan mudah menyerah walau nantinya akan ada banyak rintangan yang akan ditemui.

Baca Juga: 10 Brand Make Up Lokal Berkualitas yang Wajib Dipunyai Millenial