Traveling Tanpa Menguras Dompet, Manfaatkan Situs Online!

Liburan memiliki manfaat ganda. Selain membuat Anda bahagia, liburan juga dapat meningkatkan kualitas hidup. Menjelang tanggal merah, khususnya saat libur panjang tiba, mungkin tak sedikit orang yang sudah sibuk menyiapkan segala keperluan untuk liburan, termasuk tiket pesawat, bis, kereta atau hotel.

Saat ini, tiket dan hotel telah tersedia di berbagai situs traveling online. Ini artinya Anda tidak perlu bersusah payah mengunjungi travel untuk memesan keduanya. Selain itu, situs online juga menawarkan banyak keuntungan.

Simak keuntungan yang belum diketahui, di antaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menawarkan Berbagai Jenis Promo

loader
Menawarkan berbagai jenis promo

Berbeda dengan travel agency, situs online menawarkan promo unlimited bagi seluruh konsumen yang melakukan transaksi dari jasanya. Namun, Anda harus jeli melihat promo tersebut karena promo diberikan salama tenggang waktu tertentu saja.

Luangkan waktu untuk mengikuti promo dari situs reservasi online. Promo biasanya diinformasikan lewat media sosial dan email. Kalau tidak mau ketinggalan satu promo pun, tak ada salahnya berlangganan melalui email. Jangan lupa mengaktifkan notifikasi email.

2. Lebih Mudah Membandingkan Harga

Harga yang tertera di situs online sangat bervariasi. Meskipun sudah berlangganan di situs yang satu, tidak ada salahnya jika mengunjungi situs lain untuk membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing situs online tersebut.

Dengan membandingkan harga, peluang untuk mendapat harga tiket dan hotel termurah akan terbuka lebar. Belum lagi kalau situs online tersebut menawarkan promo berupa cashback atau potongan harga. Makin untung, bukan?

Baca Juga: Cara Memilih Paket Tur Murah Agar Liburan Makin Menyenangkan

3. Kemudahan saat Bertransaksi

loader
Kemudahan saat bertransaksi

Situs online menyediakan metode pembayaran yang beraneka ragam. Bukan hanya bank transfer atau kartu kredit saja, tapi juga pembayaran bisa melalui m-banking, internet banking, dan merchant-merchant yang bekerjasama dengan situs online yang bersangkutan. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat melakukan transaksi. Dengan kata lain, tidak perlu memarkirkan mobil dan mentransfer lewat mesin ATM.

4. Menawarkan Asuransi Perjalanan

Sebagian besar situs online sudah menyediakan layanan asuransi perjalanan bagi setiap konsumen yang melakukan transaksi. Asuransi perjalanan dapat dibeli ketika mengisi halaman informasi penumpang. Biaya asuransi perjalanan di setiap situs online berbeda-beda namun tetap dengan harga yang sangat terjangkau, misalnya Rp 13.300 per tiket penerbangan.

Sayangnya, pertanggunganjawaban ini sifatnya sangat terbatas. Banyak hal yang dikecualikan oleh asuransi perjalanan di situs online. Meskipun begitu, setidaknya jika mengalami keterlambatan penerbangan lebih dari 5 jam ke atas, Anda akan mendapat biaya ganti rugi.

Baca Juga: 6 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

5. Bebas Menentukan Tempat Duduk

loader
Bebas menentukan tempat duduk

Pemilihan tempat duduk untuk pesawat terbang memang tidak tersedia langsung di halaman situs online. Tapi calon penumpang bisa mengunjungi situs resmi dari maskapai penerbangan yang Anda pilih untuk memilih tempat duduk yang diinginkan.

Sayangnya, ada biaya tambahan yang harus dibayarkan saat memilih tempat duduk secara online. Jika Anda tidak keberatan atas biaya tambahan ini, segera kunjungi situs maskapai yang bersangkutan sebelum tempat duduk yang diinginkan ditempati orang lain.

6. Syarat dan Ketentuan Jelas

Sebelum lanjut ke tahap pembayaran, Anda harus membaca syarat dan ketentuan yang berlaku secara teliti agar tidak ada satu tulisan pun yang terlewatkan. Pada umumnya, biaya yang tertera di situs reservasi online sudah merupakan biaya nett. Tapi sebagian maskapai melakukan pemisahan atas biaya-biaya lain, seperti fee, luggage, dan lain sebagainya.

Agar tidak salah kaprah, luangkan waktu untuk membaca informasi detail atas layanan yang Anda beli. Segala jenis komplain setelah transaksi selesai tidak akan dilayani karena syarat dan ketentuan jelas terlampir di bagian paling bawah, sebelum menekan tombol “bayar”.

Baca Juga: 

7. Hemat Waktu dan Tenaga

loader
Hemat waktu dan tenaga

Anda dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, tanpa terbatas ruang dan waktu. Dalam situasi mendadak sekalipun, Anda dapat memesan layanan yang dibutuhkan. Adanya situs reservasi online dipercaya dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan mengandalkan gadget, laptop dan koneksi internet, transaksi selesai dalam sekejap.

Jangan Lupa Mempersiapkan Liburan Secara Matang

Meskipun harga yang ditawarkan di situs online lebih hemat, jangan lupa untuk mempersiapkan liburan secara matang. Karena segala sesuatu yang direncanakan dengan matang akan menuai hasil yang maksimal. Jadikan liburan Anda kali ini lebih berkesan dibandingkan liburan sebelumnya.

Baca Juga: 6 Tipe Traveling bagi Traveller Minim Budget, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?