Mengenal Trello: Fungsi, Fitur, Cara Penggunaan, dan Plus Minusnya

Trello bisa menjadi pilihan yang tepat untuk yang sedang mencari aplikasi untuk kepentingan manajemen proyek. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, download Trello terlebih dahulu, agar semua fitur di dalamnya bisa digunakan dengan maksimal.

Trello adalah salah satu aplikasi manajemen proyek yang paling populer dan banyak digunakan belakangan ini. Berbagai fitur di dalam aplikasi ini dianggap mumpuni dan bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat, terutama pekerjaan yang dilakukan bersama tim.

Baca juga: Mau Kerja Online? Cari Lowongan Kerja Freelance Di Situs Ini

Trello Begitu Praktis dan Mudah Digunakan

loader

Aplikasi Trello

Berdasarkan website resminya, Trello adalah sebuah task management atau aplikasi manajemen tugas yang didesain dengan sedemikian rupa, sehingga bisa mempermudah kerjasama dengan tim. Ini tentu akan sangat membantu, terutama untuk pengerjaan tugas-tugas yang melibatkan banyak orang sekaligus.

Untuk bisa menggunakan aplikasi yang satu ini, maka pengguna harus download Trello terlebih dahulu. Aplikasi yang satu ini sudah bisa digunakan di Mac maupun Windows. Bukan hanya itu saja, jika ingin lebih praktis, Trello download saja di smartphone Android maupun iOS, sehingga bisa dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja kamu membutuhkannya.

Trello dapat digambarkan seperti papan tulis kosong, papan ini kemudian bisa ditempeli dengan sticky notes yang menjelaskan detail tugas, seperti tenggat waktu, dokumen pendukung, data, dan hal lainnya yang berkaitan dengan tugas itu sendiri.

Jika sudah download Trello, maka pengguna juga bisa memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya, termasuk mengintegrasikannya dengan aplikasi komunikasi lainnya yang biasa digunakan dalam dunia kerja profesional, seperti Slack.

Trello adalah aplikasi gratis yang bisa digunakan dengan akses atau fitur yang terbatas. Namun jika ingin menggunakannya dengan lebih leluasa, Trello login bisa diakses dengan layanan berbayar, mulai dari US$ 9,99 – US$ 592 per bulannya. Harga ini tentu akan sebanding dengan fitur yang dapat dinikmati dari layanan yang satu ini.

Apa Saja Fungsi Trello?

loader

Download Trello

Jika melihat jumlah Trello download yang cukup tinggi, jelas aplikasi ini terbilang cukup diminati. Pada dasarnya, Trello adalah aplikasi yang akan mempermudah penyelesaian manajemen tugas. Namun selain fungsi utama tersebut, Trello juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang tak kalah penting.

Berikut ini adalah beberapa lain yang bisa dinikmati pengguna dari aplikasi Trello:

  • Menjadi sumber informasi tentang tanggung jawab serta tugas masing-masing anggota tim.
  • Mempermudah proses pendelegasian tugas kepada semua anggota tim.
  • Mempermudah pengaturan deadline dan sekaligus mengingatkannya kepada masing-masing anggota tim sehingga semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.
  • Mempermudah pembagian proyek menjadi tugas yang lebih kecil, sehingga mempermudah setiap anggota tim untuk menyelesaikannya.
  • Menjadi media kolaborasi bagi tim untuk bisa bekerja dengan lebih mudah secara virtual. 
  • Menjadi sarana untuk berbagi dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan atau proyek yang sedang dijalankan. 
  • Memperlancar sistem kerja, sebab aplikasi ini bisa terhubung dengan beberapa aplikasi kerja lainnya dengan mudah, seperti: Slack, Google drive, dan yang lainnya.

Berbagai fungsi di atas tentu bisa dinikmati jika pengguna Trello download terlebih dahulu. Jika ingin menggunakan fitur aplikasi ini dengan lebih maksimal, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan berbayar yang memungkinkan pengguna Trello login dan menikmati semua fiturnya secara lengkap.

Fitur-Fitur Trello dan Cara Menggunakannya

Sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk pekerjaan tim, tentu saja Trello memiliki banyak fitur pendukung di dalamnya. Penting untuk memahami semua fitur ini dan juga cara penggunaanya dengan tepat, agar setiap anggota tim bisa memanfaatkannya dengan maksimal selama bekerja.

Berikut ini adalah beberapa fitur aplikasi Trello dan juga cara menggunakannya:

  1. Boards

    Fitur pertama yang bisa digunakan pada Trello adalah board. Ini bisa digambarkan sebagai papan tulis yang akan digunakan untuk membantu pekerjaan tim itu sendiri. Pada board, pengguna bisa melihat berbagai tugas yang sedang dikerjakan oleh tim, semua orang terhubung secara online.

    “Papan tulis” ini akan memuat semua informasi detail tentang pekerjaan, pembagian tugas, dan hal lainnya yang berkaitan dengan proyek yang sedang ditangani oleh tim. Ini akan mempermudah semua orang untuk bekerja dan menyelesaikan tugas masing-masing.

  2. Lists

    List merupakan fitur lainnya yang bisa digunakan dalam aplikasi Trello. Ini seperti kotak yang dibuat pada board untuk menggambarkan progres berbagai tugas yang sedang dijalankan. List akan mempermudah pemantauan tugas-tugas yang sedang dijalankan oleh semua anggota tim.

    Jika ada tugas yang perlu didahulukan atau penting untuk diselesaikan dengan segera, maka pengaturannya akan lebih mudah dengan fitur yang satu ini. Untuk mempermudah penyelesaian tugas masing-masing orang, list ini juga bisa diberi nama yang berbeda-beda.

  3. Cards

    Cards merupakan fitur yang bisa digambarkan sebagai sticky notes dalam aplikasi Trello. Cards bisa digunakan untuk membagi tugas masing-masing orang, termasuk dokumen yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

    Jika sudah download Trello dan ingin menggunakan fitur ini, cukup tekan menu “add a card”  yang terdapat pada bagian bawah list. Bukan hanya membagikan tugas saja, fitur ini juga bisa diisi hal lainnya, seperti pengingat dan juga panduan penyelesaian tugas itu sendiri.

  4. Menu

    Menu merupakan fitur terakhir yang bisa dinikmati dalam aplikasi Trello. Fitur ini adalah serangkaian keterangan dan juga pengaturan berbagai tugas yang sedang dijalankan. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengurangan anggota tim atau pekerjaan tertentu dan yang lainnya.

Baca juga: 5 Efek Buruk akibat Kerja Berlebihan

Kelebihan serta Kekurangan Aplikasi Trello

Sama seperti aplikasi lainnya, Trello juga tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Pahami semua hal ini sebelum Trello login, agar penggunaan aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal.

  1. Kelebihan Aplikasi Trello

    • Memungkinkan semua anggota tim melihat perubahan yang dilakukan salah satu anggota tim dengan cepat.
    • Mempermudah penambahan atau pengurangan jumlah anggota tim dalam sebuah proyek, sehingga segala sesuatunya bisa lebih efisien.
    • Memiliki sistem notifikasi mumpuni, sehingga komunikasi bisa berjalan lancar.
    • Mempermudah pengiriman dokumen tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan lainnya.
  2. Kekurangan Aplikasi Trello

    • Download Trello dan penggunaannya harus selalu terkoneksi pada layanan internet, dan hal ini kerap menyulitkan penggunanya.
    • Tidak memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah atau mengedit komentar yang sudah disampaikan di aplikasi.
    • Harus menggunakan layanan berbayar, jika ingin menggunakan fiturnya secara lengkap dan maksimal.
    • Saat tugas maupun proyek semakin banyak, maka pengaturannya akan jadi lebih sulit untuk dijalankan, dan hal ini bisa memperlambat pengerjaan tugas.

Baca juga: Akhir Tahun Masih Nganggur? Ini 6 Solusi Cepat Dapat Kerja

Manfaatkan Aplikasi Trello dengan Maksimal

Jika terbiasa menangani proyek atau tergabung dalam tim kerja, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi Trello. Aplikasi Trello bisa digunakan di semua gadget, bahkan di smartphone sekalipun, sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Pahami dan gunakan aplikasi ini dengan cara yang tepat, agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal saat bekerja.