Mengenal Uang Dingin, Ini Pengertian, Cara Tepat Mengumpulkan, dan Tips Memanfaatkannya

Semua orang pasti setuju jika pengelolaan keuangan yang bagus bukan hal mudah untuk dilakukan. Tanpa pemahaman dan kemampuan dalam mengelola keuangan, bukan tidak mungkin penghasilan tiap bulan akan selalu habis, bahkan dengan tujuan yang tidak jelas. Padahal, jika bisa disisihkan, kamu bisa mendapatkan tabungan uang dengan jumlah yang melimpah dan leluasa untuk digunakan memenuhi kebutuhan apa pun.

Secara umum, istilah yang mengacu pada dana simpanan tanpa ada niat untuk digunakan maupun diinvestasikan dalam waktu dekat adalah uang dingin. Walaupun tidak ada tujuan pemakaian yang jelas dalam beberapa waktu ke depan, setiap orang sebaiknya memiliki uang dingin ini. Pasalnya, jenis dana ini bisa berguna bagi kondisi dan perencanaan keuanganmu di masa mendatang. 

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara ideal mengumpulkan uang dingin ini? Selain itu, agar mampu memberi manfaat yang optimal, apa saja tips dalam memanfaatkan uang dingin dengan bijak? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan tentang pengertian uang dingin, cara mengumpulkan, dan tips memanfaatkannya berikut ini.

Baca Juga: Jadi Tonggak Keuangan, Kenali Lebih Dekat tentang Dana Darurat dan Cara Mengumpulkannya Ini

Pengertian Uang Dingin

loader

Pengertian Uang Dingin

Tidak sedikit dari kamu mungkin pernah, atau bahkan sering mendengar istilah uang dingin ini. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan istilah tersebut? Pada dasarnya, uang dingin bisa diartikan sebagai dana yang tak akan digunakan maupun diinvestasikan dalam waktu dekat dan tetap tersedia untuk dipakai di waktu mendatang. 

Selain itu, istilah ini juga berarti dana yang didapatkan dari sumber yang tak berhubungan dengan aktivitas atau investasi. Dalam konteks khusus, uang dingin adalah uang yang diperoleh melalui pemberi pinjaman atau investor yang tak memiliki keterkaitan langsung dengan pihak perusahaan maupun pihak yang meminjam dana. 

Sebagai contoh, uang dingin bisa berupa tabungan pensiun yang tersimpan pada rekening khusus, maupun tabungan yang tak diinvestasikan pada reksa dana atau saham. Jenis tabungan ini disebut uang dingin sebab masih tersedia dan bisa digunakan di waktu mendatang. 

Di samping itu, uang dingin adalah sumber pemasukan yang stabil serta bisa diandalkan karena tak terpengaruh dengan aktivitas bisnis maupun investasi sekarang. Jenis simpanan ini bisa digunakan untuk berbagai hal tertentu sesuai keinginan pemiliknya, misalnya proyek berjangka panjang maupun kebutuhan modal.

Cara Optimal Mengumpulkan Uang Dingin

Tergantung dari kondisi keuangan dan kebutuhan, mengumpulkan uang dingin bisa membutuhkan proses yang panjang dan usaha yang keras. Meski begitu, ada beberapa cara optimal yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan uang dingin ini, antara lain:

  1. Menabung

    Inti dari uang dingin adalah dana yang disimpan dan tidak akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan tertentu di waktu dekat. Sehingga, salah satu cara paling sederhana untuk mengumpulkannya adalah dengan menabung. 

    Kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilan dan menyimpannya pada tabungan maupun deposito. Jika dilakukan secara teratur, kebiasaan menabung ini bisa membantumu mengumpulkan uang dingin dengan jumlah yang signifikan. 

  2. Investasi

    Selain dengan menabung, investasi juga bisa menjadi cara optimal mengumpulkan uang dingin. Jika dibandingkan dengan menabung biasa, investasi merupakan metode yang lebih efektif karena dana yang tersimpan berpotensi terus bertambah seiring waktu.

  3. Melunasi Utang

    Agar lebih mudah mengumpulkan uang dingin, pastikan untuk melunasi segala tanggungan utang yang dimiliki saat ini. Pasalnya, karena terbebani utang dan harus melunasi cicilannya, dana yang bisa disisihkan untuk tabungan uang dingin dari pemasukan rutin sudah pasti akan terpangkas. Jika memaksakan keuangan untuk mengumpulkan uang dingin, risiko untuk kesulitan melunasi utang dan memenuhi kebutuhan pokok akan menjadi lebih tinggi. 

    Tapi, jika memang keuangan tetap mampu untuk menanggung beban utang sekaligus menabung, tidak ada salahnya melakukan keduanya sekaligus. Meski begitu, tetap lakukan evaluasi keuangan agar memastikan langkah tersebut tak berpotensi memberi imbas buruk dalam jangka panjang. 

  4. Mendapatkan Dana Pensiun

    Uang dingin juga bisa didapatkan dari dana pensiun yang telah dikumpulkan selama bekerja. Dana pensiun sendiri adalah simpanan yang bisa memberi penghasilan pasca pensiun serta bisa digunakan menjadi modal investasi untuk jangka panjang. Akan tetapi, utamanya dana pensiun ini digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan di hari tua ketika sudah tidak aktif lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan.

  5. Cari Sumber Pemasukan Tambahan

    Cara lain agar bisa mengumpulkan uang dingin adalah dengan meningkatkan pendapatan atau mencari sumber pemasukan tambahan. Pasalnya, kamu bakal memiliki dana lebih yang bisa dialokasikan pada jenis tabungan ini. 

    Contohnya, tawarkan keahlian yang kamu miliki melalui peluang kerja freelance, seperti menulis kreatif, desain, foto, dan marketing. Selain itu, kamu juga bisa mulai merintis bisnis untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Walaupun mungkin akan terasa sulit di awal, tapi cara ini bisa membantumu mendapatkan pemasukan tambahan agar kondisi keuangan menjadi lebih baik. 

  6. Kurangi Pengeluaran Tak Penting

    Terakhir, agar memiliki dana yang bisa disisihkan sebagai uang dingin, kurangi pengeluaran tak penting dan kebiasaan konsumtif seperti impulsive buying. Biasakan diri untuk membedakan antara kebutuhan dengan keinginan agar pengeluaran bisa lebih ditekan. Bila perlu, rutin lakukan evaluasi keuangan agar mengetahui detail pengeluaran dan kebutuhan apa saja yang bisa dikurangi atau dihilangkan.

Baca Juga: Uang Fiat: Sejarah, Fungsi, hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Memanfaatkan Uang Dingin dengan Bijak

loader

Tips Memanfaatkan Uang Dingin

Walaupun tidak memiliki tujuan yang spesifik untuk digunakan dalam waktu dekat, kamu tetap harus mengetahui bagaimana tips tepat memanfaatkan uang dingin. Jika tidak, dana simpanan ini akan rentan digunakan untuk hal-hal yang percuma dan tak bermanfaat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika memiliki uang dingin.

  1. Susun Rencana Keuangan

    Ketika memiliki uang dingin, usahakan untuk tetap menjaga kondisi finansial dengan menyusun rencana keuangan. Pertimbangkan tentang tujuan keuangan jangka panjang serta hal yang harus diprioritaskan. Pastinya, hanya alokasikan uang dingin ini dengan benar agar mampu membantumu meraih tujuan keuangan yang telah ditetapkan. 

  2. Alokasikan Investasi dengan Cerdas

    Daripada dibiarkan mengendap di rekening tabungan biasa, ada baiknya untuk mengalokasikan jenis dana ini pada investasi. Dengan begitu, nilainya berpotensi terus bertambah seiring waktu dan tak tergerus inflasi. Tentunya, pilih instrumen investasi dengan cerdas agar mampu mengoptimalkan potensi keuntungan dan meminimalkan risikonya.

    Beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih antara lain, logam mulia, reksa dana, surat berharga (obligasi, sukuk), saham, serta tanah dan properti yang memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan dalam jangka panjang, terlebih jika lokasinya strategis dan berkembang.

    Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

    Mulai Berinvestasi Sekarang!  

  3. Simpan di Produk Keuangan yang Tepat

    Selain investasi, kamu juga bisa menyimpan uang dingin di produk keuangan yang tepat. Contohnya adalah deposito yang mampu memberikan imbal hasil stabil seiring waktu atau asuransi jiwa yang dapat digunakan sebagai bentuk perlindungan bagi diri sendiri maupun keluarga.

  4. Memulai Bisnis

    Jika memang tertarik untuk memulai bisnis, tak ada salahnya untuk menjadikan uang dingin sebagai modalnya. Membangun bisnis sendiri terbilang sebagai cara untuk meningkatkan aset pribadi dan meningkatkan kondisi keuangan. Walaupun begitu, pahami akan risiko kegagalan saat memulai bisnis dan antisipasi risiko tersebut semaksimal mungkin agar tak berakhir merugi. 

  5. Menjadi Tambahan Tabungan dan Dana Darurat

    Tips yang terakhir, jadikan uang dingin sebagai tambahan tabungan atau dana darurat untuk memperkuat fondasi keuangan. Jadi, ketika pengeluaran mendesak muncul, kamu tak kebingungan mengantisipasinya karena telah terlindungi dana darurat dari uang dingin ini. 

    Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

    Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Lebih Bijak Kelola Keuangan dengan Tepat Mengumpulkan dan Memanfaatkan Uang Dingin

Itulah penjelasan tentang uang dingin, cara mengumpulkan, dan tips memanfaatkannya. Intinya, uang dingin adalah dana yang menganggur dan tak ada rencana untuk menggunakannya dalam waktu dekat. Karenanya, pengumpulan dan pemanfaatan dana tersebut harus bisa dengan bijak dilakukan agar pengelolaan keuangan juga menjadi lebih mudah dan optimal.

Baca Juga: Antisipasi Risiko Kerugian Uang di Tempat Penyimpanan dengan Asuransi Uang, Ini Pengertian dan Manfaatnya