Antisipasi Risiko Kerugian Uang di Tempat Penyimpanan dengan Asuransi Uang, Ini Pengertian dan Manfaatnya

Semua orang pasti memahami jika uang merupakan aset likuid yang penting untuk dimiliki guna memenuhi suatu kebutuhan tertentu. Alhasil, tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menyimpan uang dalam jumlah tertentu untuk mengantisipasi pengeluaran yang bisa saja muncul sewaktu-waktu. 

Akan tetapi, ketika menyimpan uang di rumah dengan nominal yang bisa dibilang cukup besar, risiko mengalami kerugian karena uang rusak, hilang, atau dicuri tentu tak bisa dihindari. Untuk menyiasatinya, biasanya mereka dianjurkan untuk menyiapkan yang namanya asuransi uang serta harta benda. Hal serupa juga perlu dilakukan untuk menjaga uang pada kasir atau toko.

Secara umum, yang dimaksud dengan asuransi uang ini adalah produk asuransi dengan manfaat memberi proteksi terhadap risiko kerugian uang yang tersimpan di brankas ataupun sedang dalam proses pengiriman. Tentunya, ada banyak manfaat dan kegunaan penting dari asuransi uang ini yang perlu diketahui.

Untuk itu, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu asuransi uang, jenis, manfaat, dan penjelasan tentang asuransi harta benda, simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut. 

Pengertian Asuransi Uang

loader

Yang dimaksud dengan asuransi uang adalah produk asuransi dengan manfaat perlindungan berupa pertanggungan terhadap risiko kerugian uang yang tersimpan pada tempat penyimpanan maupun yang tengah dalam proses pengiriman. Risiko kerugian tersebut bisa terjadi karena berbagai macam masalah yang tercantum pada polis, seperti, pencurian, kehilangan, perampokan, pembongkaran, hingga kerusakan ketika pada proses pengiriman atau penyimpanan pada lemari besi maupun cashier box. 

Pengertian lainnya dari asuransi uang adalah produk asuransi yang memberi kompensasi ataupun ganti rugi pada pihak tertanggung terkait hal pencurian uang, baik di tempat usaha maupun rumahnya sendiri. Pemberian kompensasi tersebut dilakukan kepada pihak tertanggung maupun pihak lain yang ditunjuk oleh pihak tertanggung.  

Baca Juga: Lindungi Diri dari Risiko Tergugat dengan Asuransi Profesi Dokter, Ini Pengertian dan Manfaat Proteksinya

Jenis Asuransi Uang

Tergantung dari manfaat proteksi yang diberikannya, ada beragam jenis asuransi uang yang penting untuk dipahami, antara lain: 

Jenis Asuransi Uang Pengertian
Cash in Save

Jenis asuransi uang yang pertama ini memberi manfaat jaminan uang, maupun harta benda lainnya yang oleh ketentuan pada polis disetarakan dengan uang. Contohnya adalah uang kontan, cek, wesel, maupun meterai yang tersimpan pada strong room atau safe room. Manfaat asuransi uang jenis ini adalah ganti rugi kehilangan karena risiko pencurian ataupun perampokan, termasuk upaya tindakan pencurian tersebut berupa perampok memasuki ruangan secara paksa dan menggunakan kekerasan. 

Proteksi yang diberi oleh jenis asuransi uang ini juga berupa jaminan terhadap kerusakan atau kerugian pada safe room maupun strong room yang dimiliki oleh pihak tertanggung. Kerugian tersebut tentu akan diganti rugi sebagai dampak dari aksi perampokan atau pencurian.
Cash in Transit

Jenis lainnya dari asuransi uang adalah cash in transit, di mana ada jaminan uang maupun harta benda lainnya yang setara uang ketika aset tersebut sedang dalam proses transit atau perjalanan oleh pihak tertanggung sendiri maupun pihak lain yang ditugaskan untuk membawanya. Dengan proteksi asuransi uang jenis ini, aset yang sedang dalam proses transit dijamin sampai ke tempat tujuan dan akan diberi kompensasi ketika terjadi aksi perampokan atau pencurian. 

Cash in Cashiers Box

Sesuai namanya, jenis asuransi uang ini menjamin uang maupun harta benda yang setara uang dari risiko perampokan, pencurian, maupun upaya tindakan kriminal tersebut di jam kerja. 

Hole in One

Dengan asuransi ini, pihak tertanggung bisa mendapatkan kompensasi maupun ganti rugi senilai hadiah yang dijanjikan pada pemain golf yang diberikan ketika melakukan hole in one di sebuah pertandingan gol. 

Glass Insurance

Pada jenis asuransi ini, pihak tertanggung bisa mendapatkan manfaat kompensasi maupun ganti rugi terhadap risiko yang dijamin pada polis atas penyebab kaca gedung yang pecah sesuai ketentuan. 

Billboard Insurance

Terakhir, pada asuransi jenis ini, perusahaan asuransi akan memberi kompensasi atau ganti rugi terhadap risiko yang dijamin pada polis yang diakibatkan oleh billboard yang rusak dan telah diasuransikan. 

Baca Juga: Manfaatnya Dibutuhkan Pengusaha, Ini Manfaat Asuransi Bisnis dan Beragam Jenisnya

Kewajiban Nasabah Asuransi Uang

Ketika memutuskan untuk mengajukan asuransi uang, ada beberapa hal yang menjadi kewajiban pihak nasabah agar mampu mendapatkan manfaat produk keuangan ini secara maksimal. Berikut diantaranya:

  • Mempelajari dengan cermat dan teliti isi proposal penawaran asuransi yang diberikan oleh broker atau agen asuransi, khususnya mengenai jaminan risiko yang dilindungi, syarat pengajuan klaim, cara melunasi premi, hingga kewajiban pihak tertanggung saat terjadi kerusakan atau kerugian. 
  • Menjamin kondisi finansial perusahaan asuransi sehat dan kondusif agar terhindar dari risiko gagal bayar pengajuan klaim yang dilakukan nasabah.
  • Memastikan kartu keagenan guna mengecek legalitas dan kredibilitas produk asuransi yang ditawarkannya. 
  • Mengisi formulir asuransi dengan data diri yang lengkap dan aktual oleh pihak calon nasabah sendiri
  • Membantu pihak surveyor perusahaan asuransi yang ditunjuk melakukan survei pada objek asuransi ketika melakukan pengajuan asuransi. 

Tips Mengajukan Asuransi Uang

Agar mampu mendapatkan manfaat asuransi uang yang terbaik dan optimal, ada beberapa tips yang perlu dipahami sebelum mengajukannya, antara lain:

  • Pastikan kredibilitas dari pihak yang menawarkan produk asuransi uang. Jika ditawarkan oleh agen asuransi, cek sertifikat profesinya. Sementara jika melalui pihak broker, cek legalitas dan kredibilitasnya, termasuk jika mengajukan langsung ke perusahaan asuransi. 
  • Selain itu, cek pula surat penawaran asuransi dari perusahaan yang bersangkutan
  • Minta SPPA atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi dan pastikan jika seluruh data maupun informasi yang dimasukkan pada SPPA sudah sesuai dengan yang sebenarnya
  • Mencermati polis atau kontrak asuransi dengan seksama. Jangan ragu untuk bertanya dan mengkonfirmasi maksud dari poin yang dibahas di polis asuransi jika tak memahaminya dengan pasti.
  • Minta perubahan atau endorsement apabila terjadi kesalahan data pada polis yang ditunjukkan dan pastikan jika kesalahan tersebut sudah dibetulkan. 

Ketika sudah mengajukan dan menjadi nasabah asuransi uang, setiap pihak yang tercakup di dalamnya yaitu pihak penanggung atau perusahaan asuransi dengan pihak tertanggung wajib patuh terhadap segala aturan dan ketentuan polis asuransi. Jika terjadi perselisihan atau masalah terkait kewajiban dan hak antara kedua belah pihak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Meminta klarifikasi dari pihak perusahaan asuransi, entah melalui agen atau ke perusahaan asuransi langsung guna memproses perdamaian atau kesepakatan terkait perselisihan tersebut.
  • Membuat pengaduan pada Badan Mediasi Asuransi Indonesia terkait masalah nilai klaim sampai 750 juta rupiah
  • Apabila masih tak menemukan penyelesaian sengketa, proses lanjutan yang bisa dilakukan adalah arbitrase maupun penyelesaian sengketa via pengadilan.

Tentang Asuransi Harta Benda

loader

Tak kalah pentingnya dengan asuransi uang, asuransi harta benda juga menjadi produk keuangan yang perlu diajukan untuk melindungi aset atau kekayaan. Dengan mengajukan asuransi ini, kamu bisa mendapat jaminan ganti rugi atas kerusakan maupun kerugian terhadap harta benda karena bencana alam, kebakaran, kerusuhan, maupun masalah lain yang telah tercantum pada polis. Jenis asuransi ini juga bisa disebut sebagai asuransi properti dan penting untuk diajukan sesuai kebutuhan. 

Jenis Asuransi Harta Benda

Selayaknya asuransi uang, asuransi harta benda juga memiliki beragam jenis dengan manfaat proteksi berbeda. Berikut adalah 3 jenis asuransi harta benda yang biasa ditawarkan perusahaan asuransi.

1. Asuransi Kebakaran

Jaminan proteksi yang diberikan oleh asuransi kebakaran adalah kerusakan atau kerugian terhadap harta benda karena kebakaran, termasuk yang diakibatkan oleh ledakan, petir, asap, ataupun kejatuhan pesawat.

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

2. Asuransi Property All Risk

Dengan asuransi ini, nasabah bisa mendapat jaminan proteksi atas kerusakan atau kerugian terhadap harta benda akibat hal tak terduga, mendadak, dan tak disengaja sesuai ketentuan polis. 

3. Asuransi Gempa Bumi

Asuransi ini memberi ganti rugi atas kerusakan properti karena gempa bumi, termasuk karena gunung meletus, dan bisa menyebabkan ledakan atau kebakaran sebagai imbas dari bencana tersebut.  

Lindungi Harta Benda dan Kekayaan dengan Asuransi Uang

Selayaknya asuransi lain pada umumnya, kamu juga perlu memastikan jika produk asuransi uang yang dipilih terbaik dan menyesuaikan manfaat proteksinya dengan kebutuhan. Intinya, asuransi ini berguna untuk mengantisipasi risiko kerugian terhadap uang dan harta benda terhadap masalah yang mungkin terjadi kedepannya. Oleh karena itu, pastikan untuk melindungi kekayaan dan aset pentingmu dengan menyiapkan asuransi uang dan asuransi harta benda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Asuransi E-Commerce, Layanan yang Bantu Pemberdayaan Platform E-Commerce dari Cermati Protect