Ubah Skill Kantoran Untuk Buka Bisnis Mandiri

Bagi sebagian besar karyawan, merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan di kantor bukan lagi hal baru. Tidak sedikit pula yang berkeinginan untuk memulai bisnisnya sendiri. Akan tetapi, kebanyakan belum berani untuk mengambil keputusan memulai bisnisnya sendiri.

Alasanya beraneka ragam, salah satunya tidak punya skill untuk memulai bisnis. Selama ini, karyawan kantor hanya mengembangkan skill pegawai kantoran bukan sebagai pebisnis. Apakah ini juga menjadi salah satu alasan masih ragu untuk memulai bisnis sendiri?

Memulai bisnis mandiri tidak hanya membutuhkan skill tapi juga niat dan kemauan yang kuat. Bahkan, skill kantoran yang dikuasai juga bisa mendukung bisnis mandiri. Skill apa saja yang bisa disulap untuk mendukung bisnis mandiri? Simak beberapa hal berikut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Marketing / Pemasaran

  marketing

Anda yang selama ini bekerja pada bagian marketing, tentunya sudah terlatih untuk memulai percakapan dan punya kemampuan promosi yang baik. Patinya Anda tidak akan kesulitan ketika menawarkan produk pada calon konsumen maupun investor.

Bisnis tidak pernah lepas dari interaksi jual-menjual. Wirausahawan harus punya skill berjualan yang baik. 

Dengan menguasai marketing skill, tentu lebih mudah ketika merumuskan strategi penjualan dan mengidentifikasi konsumen. Anda juga bisa membangun saluran-saluran untuk memudahkan konsumen mengakses produk Anda.

Baca Juga:  5 Tips Meningkatkan Penjualan Di Musim Liburan bagi Pelaku Bisnis Online 

2. Kemampuan Menyunting

  editor

Editor apakah bisa memulai bisnis secara mandiri? Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah, bisa. 

Bagi yang pernah atau sedang bekerja dalam dunia literasi dan suka dengan tulis menulis tidak perlu berkecil hati. 

Pekerjaan yang menyangkut karya tulis seperti editor, copywriter dan content writer, tentu tidak jauh dari mengedit tulisan. Keahlian untuk memeriksa kesalahan tulisan ini bisa Anda gunakan untuk membuka jasa editing secara mandiri. 

Kemampuan menulis konten yang menarik dan komunikatif juga sangat menguntungkan. Anda bisa memperkenalkan bisnis dengan tulisan kreatif dan unik yang mudah dipahami oleh calon konsumen.

3. Kemampuan Navigasi yang Mumpuni

  supir

Bagi yang bekerja dengan tuntutan harus berkunjung ke berbagai tempat, pasti akan membuat Anda mudah menghafal jalanan dan berbagai lokasi. Dari sini kenapa tidak memulai bisnis mandiri dari kemampuan tersebut?

Bisnis sederhana bisa dimulai dari area tempat tinggal. Jika Anda mempunyai kemampuan memasak, bisa memulai usaha layanan food delivery. 

Mulai dengan menawarkan usaha pada teman-teman di kota Anda, kemudian bisa memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan sosial media semisal instagram atau facebook. 

4. Anda Seorang Konsultan? Mulailah Usaha yang sesuai dengan Keahlian 

  konsultan

Ada beberapa rintangan yang akan dihadapi jika saat bekerja menjadi konsultan misalnya  atasan yang terlalu banyak tuntutan atau client dengan banyak kemauan. Kemampuan yang Anda miliki sebagai konsultan sudah pasti Anda adalah orang yang solutif.

Terbiasa membantu atasan Anda menyelesaikan masalah dan memenuhi keinginan client.  Mulailah usaha yang sesuai dengan keahlian seperti make up artist, fahion stylist maupun pekerjaan lain sesuai minat. Jika menggeluti bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian, Anda akan merasa senang puas karena bisa menolong orang lain yang membutuhkan. 

5. Komunikasi

  komunikasi

Salah satu kunci ketika memulai usaha adalah komunikasi. Jika bekerja dalam bidang public relation dari sebuah perusahaan, Anda pasti punya skill komunikasi yang mumpuni dan terbiasa berinteraksi dengan orang lain yang masih baru. 

Skil ini bisa dimanfaatkan untuk membentuk tim pada usaha rintisan Anda. Jika Anda memimpin suatu bisnis, tidak hanya berkomunikasi dengan calon konsumen atau investor tapi juga karyawan Anda. 

Kesuksesan bisnis tentu juga didukung oleh orang-orang yang kompeten di belakangnya. Cobalah memimpin bisnis Anda dari karir dan pengalaman yang diperoleh dari perusahaan.

Baca Juga: 8 Langkah Cerdas untuk Memulai Bisnis Mebel

6. Mengatur Keuangan

  mengatur keuangan

Poin ini tidak kalah penting ketika memulai bisnis. Ingat, agar usaha terus tumbuh dan dapat berjalan, Anda juga harus mementingkan laba. 

Menggerakan bisnis mandiri pasti membutuhkan uang tunai. Kemampuan untuk mengatur arus keuangan diperlukan agar uang dialokasikan secara tepat, efektif dan menghindari pemborosan.

7. Skill Manajerial

manajerial

Jika pernah berperan sebagai team leader dan terbiasa mengkoordinasikan orang-orang di sekeliling Anda, sudah pasti Anda mempunyai kemampuan manajerial yang bagus. 

Selain berkoordinasi dengan orang-orang sekitar, Anda juga bisa memahami dan memaksimalkan potensi dari mereka yang bekerja bersama Anda. 

Ketika berkoordinasi, Anda akan menerapkan sistem. Sistem inilah yang akan memudahkan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Kemampuan manajerial juga membantu mengambil keputusan yang tepat pada saat yang tepat tanpa merugikan pihak lain.

Siapkan Dirimu Mengubah Skill Untuk Bisnis Mandiri yang Sukses

Nah, sekarang Anda sudah tahu skill kantoran yang bisa disulap untuk mendorong bisnis mandiri. Jadi, sudah siap untuk memulai bisnis mandiri Anda? Pastikan memiliki segala hal untuk bisnis mandiri yang sukses!

Baca Juga:  Langkah-Langkah Memasarkan Produk dengan Teknik Marketing Soft Selling