Unik dan Menguntungkan, 4 Produk Investasi Ini Bisa Jadi Kado Valentine yang Spesial

Hari valentine atau hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari ini sangat erat kaitannya dengan berkumpul bersama atau dinner dengan orang-orang tercinta, mulai dari keluarga, suami/istri hingga kekasih. Selain itu, dalam perayaan valentine tak lengkap rasanya jika tidak memberikan hadiah atau kado untuk orang terkasih.

Kebanyakan orang pada umumnya yang merayakan hari valentine akan menyiapkan kado yang bagus dan penuh makna. Biasanya isi kado tersebut, mulai dari boneka, baju, jam tangan, rangkaian bunga, coklat, kue atau barang-barang lainnya.

Namun, kado berupa barang atau makanan tersebut sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah. Agar hari valentine menjadi momen spesial bersama orang tersayang, menyiapkan kado berupa produk-produk investasi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Selain unik dan kekinian, produk investasi sebagai kado valentine memberikan banyak manfaat bagi penerimanya, mulai dari keuntungan hingga membuat kondisi finansial orang terkasih menjadi lebih aman. Dijamin momen valentine akan menjadi lebih spesial.

Lantas produk investasi apa saja yang bisa dijadikan kado valentine yang spesial untuk diberikan kepada orang terkasih?

Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Logam Mulia

lm
Logam Mulia

Logam mulia (LM) menjadi produk investasi pertama yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai kado valentine. Logam mulia ini dibentuk secara alami dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi di setiap waktu. Artinya, harga logam mulia ini terus mengalami kenaikan.

Jika hari ini Anda membeli 1 gram logam mulia dengan harga Rp945 ribu (10 Februari 2021, logammulia.com), kemungkinan besar beberapa bulan kemudian, harga per gram logam mulia bisa naik menjadi Rp 1 juta lebih.

Logam mulia ini memiliki variasi berat, mulai 0,25 gram, 0,5 gram, 1 gram, 5 gram dan sebagainya. Selain itu, logam mulia juga tampil dengan berbagai series, termasuk series valentine atau ‘with love’.

Bagi yang tertarik logam mulia, Anda bisa membelinya dengan mudah. Beli LM secara offline dengan mengunjungi langsung butik emas LM terdekat atau toko emas terpercaya. Sementara beli LM online, langsung saja kunjungi situs LM (https://www.logammulia.com/) atau juga bisa melalui e-commerce di toko-toko terpercaya.

Baca Juga: Mau Investasi Logam Mulia? Ini Dia Jenis-Jenis Pajak Emas yang Harus Diketahui

2. Reksadana

Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksa dana memiliki empat jenis produk, yaitu:

  • Reksa dana Saham
  • Reksa dana Pendapatan Tetap
  • Reksa dana Campuran
  • Reksa dana Pasar Uang

Beli reksadana ini bisa melalui bank-bank yang Anda gunakan, seperti BCA, Mandiri, BRI dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membeli reksadana di platform terpercaya dan berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Bareksa, Invisee, tanamduit, xdana dan sebagainya.

Baca Juga: Jenis Reksa Dana dengan Tingkat Risiko Rendah ini Cocok untuk Investasi di Tengah Pandemi

3. ORI019

Obligasi Negara Ritel atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI) adalah Obligasi Negara yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui Agen Penjual dengan volume minimum yang telah ditentukan.

Saat ini, pemerintah meluncurkan ORI seri 019 dengan masa penawaran 25 Januari – 18 Februari 2021. Dengan minimum pemesanan Rp1 juta, tingkat kupon atau keuntungan yang akan Anda dapat dari ORI019 ini sebesar 5,57% per tahun.

Mumpung masih dalam masa penawaran, segera beli ORI019 ini di agen penjual yang telah bekerja sama dengan pemerintah, berikut daftarnya:

  • Bank DBS Indonesia
  • Bank BTN
  • Bank CIMB Niaga
  • Bank BNI
  • Bank UOB Indonesia
  • Maybank Indonesia
  • Bank HSBC Indonesia
  • Bank OCBC NISP
  • Bank Danamon
  • Bank Mandiri
  • PermataBank
  • Bank BRI
  • Bank Panin
  • Bank BCA
  • Bank Commonwealth Indonesia
  • Bank Victoria
  • Trimegah Sekuritas
  • BRI Danareksa Sekuritas
  • Mandiri Sekuritas
  • Bahana Sekuritas

Cara belinya mudah dilakukan, Anda hanya tinggal registrasi di agen penjual ORI019 yang dipilih melalui situsnya, lakukan pemesanan sesuai modal investasi yang telah disiapkan, lakukan pembayaran, kemudian Anda akan mendapatkan NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI019 pada tanggal setelmen/penerbitan.

4. Saham

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli saham berarti Anda memiliki hak kepemilikan atas perusahaan tersebut. Maka dari itu, Anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, pada akhir tahun periode pembukuan perusahaan.

Sekarang ini, sudah banyak anak muda yang melek finansial dengan investasi di saham. Namun, Anda perlu melakukan berbagai strategi dan pelajari ilmu saham agar investasi saham bisa memberikan keuntungan terus menerus meski di tengan pandemi seperti sekarang ini.

Pilihlah saham yang memiliki fundamental kuat atau saham-saham perusahaan yang termasuk dalam daftar LQ45, misalnya Bank Central Asia Tbk., Aneka Tambang Tbk. [S], Indofood Sukses Makmur Tbk. [S] dan masih banyak lainnya. Anda bisa cek deretan saham ternama di Bursa Efek Indonesia (BEI) https://www.idx.co.id/.

Pilih Produk dan Strategi Investasi yang Tepat

Semua produk investasi ini memang bisa menjadi kado yang spesial di hari valentine. Namun, pilihlah produk investasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan orang terkasih. Selain itu, jangan lupa untuk terus menggali ilmu investasi agar Anda dan orang terkasih bisa menyusun strategi investasi yang tepat. Dengan begitu, produk-produk investasi bisa memberikan keuntungan bagi finansial.

Baca Juga: Jangan Takut Investasi Kala Virus Corona Merebak, Ini Tipsnya