Ide Usaha Rumahan Menguntungkan dan Tips Memulainya

Usaha rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang tidak ingin bekerja kantoran. Meski dalam skala kecil saja, ide usaha rumahan yang tepat tentu akan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Tidak selalu membutuhkan modal yang besar, kamu juga bisa menemukan banyak usaha rumahan modal kecil. Selain mudah untuk dijalankan, usaha rumahan dengan modal kecil seperti ini biasanya simpel dan cukup mudah untuk dijalankan.

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Mudah

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Pilih Usaha Rumahan yang Tepat dan Menguntungkan

loader

Usaha Rumahan

Jika menginginkan sebuah usaha rumahan yang menjanjikan, penting untuk memilih dan merencanakan hal tersebut dengan matang. Saat ini, ada banyak usaha rumahan yang lagi trend dan cukup mudah untuk dijalankan, bahkan oleh pebisnis pemula sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa usaha rumahan menjanjikan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

  1. Penulis Freelance

    Ini menjadi salah satu usaha rumahan yang lagi trend dan layak dijadikan sebagai pilihan, terutama untuk yang memiliki keterampilan menulis dan juga laptop. Ada banyak jenis tulisan yang biasa dipesan, seperti artikel, makalah, jurnal, dan lainnya. Selain melakukan pemasaran jasa ini lewat website atau blog pribadi, tidak ada salahnya untuk mendaftar di portal pencari kerja juga.

    Kisaran modal yang dibutuhkan Rp100.000 (membeli kuota internet). Sedangkan pendapatannya sekitar Rp3-4 juta per bulan.

  2. Jadi Translator

    Jika memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus, ide usaha rumahan yang satu ini akan sangat menjanjikan. Penghasilan translator terbilang besar, apalagi jika bisa menangani proyek besar. Cukup bermodalkan laptop dan kuota internet saja, bisnis ini sudah bisa dimulai dengan mudah secara online.

    Kisaran modal yang dibutuhkan Rp100.000 (untuk membeli kuota internet). Pendapatan yang dihasilkan sekitar Rp2-5 juta per bulan.

  3. Jadi Dropshipper

    Usaha rumahan modal kecil ini juga sangat menjanjikan dan mudah untuk dijalankan. Cukup promosikan produk orang lain dan terima pesanan, maka setiap produk yang terjual akan mendatangkan sejumlah komisi. Selain tidak perlu membuat stok barang, dropshipper juga bisa dijalankan hanya dengan modal internet saja.

    Kisaran modal yang dibutuhkan Rp100.000. Sedangkan penghasilannya sekitar 1-2 juta per bulannya.

  4. Jual Beli Barang Bekas

    Barang bekas sangat banyak diminati saat ini sehingga bisa menjadi usaha rumahan yang menjanjikan. Tidak perlu dipasarkan secara manual, berbagai barang bekas ini bisa dibeli dan dijual secara online. Ada banyak marketplace dan juga media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Meski dalam kondisi bekas, berbagai barang ini bisa saja mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar.

    Kisaran modal yang dibutuhkan Rp500 ribu–Rp1 juta, sedangkan penghasilannya sekitar Rp3 juta per bulannya.

  5. Usaha Rental Motor

    Jika memiliki sepeda motor yang menganggur, tidak ada salahnya untuk menjadikannya usaha rumahan. Jika permintaannya tinggi, rental motor bahkan bisa saja makin besar ke depannya. Namun, jangan khawatir, bisnis ini bisa dikembangkan dengan cara mengajak kerabat atau tetangga bergabung dan menyewakan kendaraan mereka juga nantinya. Cukup dipasarkan secara online, usaha ini akan mudah untuk mendapatkan pelanggan.

    Modal yang dibutuhkan Rp8-10 juta (jika belum memiliki sepeda motor), sedangkan pendapatannya sekitar Rp1,5 – 3 juta per bulan.

  6. Agen Pulsa

    Selain secara manual dengan membuka counter, usaha rumahan yang menjanjikan ini juga bisa dijalankan secara online. Penjualan online ini bahkan lebih praktis dan bisa dijalankan di mana saja melalui smartphone. Agar keuntungan yang didapatkan besar, carilah distributor pulsa yang memberikan harga termurah di pasaran.

    Modal yang dibutuhkan Rp500 ribu–Rp1 juta, dengan pendapatan sekitar Rp3 juta per bulan.

  7. Jualan Camilan

    Usaha rumahan modal kecil yang satu ini hampir tidak ada matinya, sebab sepanjang waktu orang akan senang jajan dan ngemil. Ada banyak camilan kiloan yang bisa dijadikan sebagai pilihan, mulai dari keripik hingga snack kekinian yang banyak disukai. Cari distributor camilan yang lengkap dan menjual produk enak, agar usaha ini mudah mendapatkan pelanggan, baik itu online maupun offline.

    Kisaran modal yang dibutuhkan Rp1–2 juta, sedangkan pendapatannya sekitar Rp2-3 juta per bulan.

  8. Katering Online

    Katering menjadi usaha rumahan yang lagi trend dan cukup banyak diminati. Sajikan berbagai menu kekinian dan lezat sehingga bisnis ini bisa mendapatkan banyak pelanggan. Lakukan pemasaran secara online melalui media sosial, dijamin dalam waktu singkat saja bisnis ini sudah menghasilkan sehingga bisnis ini mendapatkan banyak pelanggan.

    Kisaran modalnya sekitar Rp1-2 jutaan, sedangkan pendapatannya sekitar Rp3 jutaan per bulan.

  9. Bisnis Frozen Food

    Sejak masa pandemi, bisnis yang satu ini sangat menjanjikan. Pilih jenis frozen food yang berkualitas baik dan disukai banyak orang, seperti sosis, rolade, donat, nugget, dan lainnya. Selain menjual langsung, lakukan pemasaran online melalui marketplace dan juga media sosial.

    Kisaran modal yang dibutuhkan sekitar Rp3-5 juta, sedangkan pengdapatan yang bisa dihasilkan sekitar Rp2 jutaan per bulannya.

  10. Membuka Toko Sembako

    Jika rumah berada di lokasi yang strategis, maka ide usaha rumahan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Pangsa pasarnya yang luas merupakan peluang yang bagus, bahkan meski bisnis ini dimulai dalam skala kecil sekalipun. Sediakan berbagai kebutuhan pokok yang banyak dicari, agar bisnis ini bisa langsung mendapatkan pelanggan.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp3-5 jutaan, sedangkan keuntungan yang bisa didapatkan sekitar Rp2 juta per bulan (sekitar 25% dari omset).

  11. Membuat Souvenir Handmade

    Usaha rumahan yang satu ini cocok untuk yang berjiwa kreatif dan senang senang bereksperimen dengan ide-ide luar biasa. Buatlah souvenir unik yang khas, termasuk yang bisa dipesan sesuai permintaan. Pemasaran bisnis ini bisa dilakukan secara online, agar lebih banyak orang yang melihat dan melakukan pemesanan.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp1 jutaan, sedangkan keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ini sekitar Rp2 jutaan per bulan (40% dari nilai omsetnya).

  12. Bisnis Aksesoris Wanita

    Wanita tentu selalu identik dengan aksesoris, itulah mengapa ide usaha yang satu ini sangat menjanjikan. Membuat gelang etnik, kalung batu atau manik tentu bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Bisnis ini akan berkembang dengan pesat, apalagi jika berbagai produk aksesoris ini dibuat dengan desain yang unik dan menarik.

    Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini sekitar Rp500 ribu–1 jutaan, sedangkan keuntungannya bisa saja Rp2 jutaan per bulan (sekitar 30% dari omset yang didapatkan).

  13. Usaha Jahit Pakaian

    Jika memiliki kemampuan yang baik dalam menjahit, usaha rumahan yang menjanjikan ini tentu bisa menjadi pilihan. Bukan hanya menjahit pakaian dari nol saja, tetapi juga bisnis ini bisa dikembangkan menjadi lebih luas, seperti reparasi jeans dan jahit kostum unik atau cosplay. Manfaatkan website pribadi atau media sosial untuk promosi, agar lebih banyak klien yang datang.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp2 jutaan (membeli mesin jahit dan peralatan lainnya), sedangkan keuntungan yang bisa didapatkan sekitar Rp2-3 jutaan per bulannya.

  14. Buka Laundry Kiloan

    Usaha rumahan modal kecil lainnya yang bisa jadi pertimbangan adalah laundry kiloan. Banyak orang membutuhkan layanan ini, apalagi jika dibuka di area perumahan atau sekitar kampus. Gunakan sarana promosi yang tepat dan berikan layanan terbaik, agar usaha ini bisa berkembang dengan pesat.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp5-6 jutaan (membeli mesin cuci dan peralatan lainnya), sedangkan penghasilan yang bisa didapatkan sekitar Rp2-3 jutaan per bulannya.

  15. Laundry Sepatu

    Hampir sama dengan ide usaha di atas, laundry sepatu juga memiliki prospek yang cerah jika dibuka di lokasi yang tepat. Ini termasuk usaha rumahan yang lagi trend dan bisa dilakoni dengan mudah oleh siapa saja. Selain promosi online, bagikan juga selebaran untuk mempromosikan bisnis ini di sekitar lokasi kampus atau sekolah.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp3-4 jutaan (untuk membeli mesin cuci dan peralatan lainnya), sedangkan pendapatan dari bisnis ini sekitar Rp2-3 jutaan per bulannya.

  16. Buka Jasa Penitipan Anak

    Ide usaha rumahan yang satu ini cocok untuk orang yang senang merawat dan bermain dengan anak kecil. Jika hanya dalam skala kecil, usaha ini bisa dibuka di rumah saja. Pelajari cara merawat anak dan menjaga mereka dengan baik sehingga para orangtua anak tersebut memiliki kepercayaan yang tinggi untuk menitipkan anak mereka. Hal ini tentu akan membuat bisnis berjalan dengan lancar.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp1 jutaan (untuk membeli mainan dan peralatan lainnya yang diperlukan), sedangkan pendapatan dari usaha ini sekitar Rp1-2 juta per bulannya.

  17. Membuka Les Online

    Jika memiliki kemampuan akademik yang baik, usaha rumahan ini bisa menjadi pilihan tepat. Les online seperti ini makin populer, terutama setelah masa pandemi. Manfaatkan aplikasi yang tepat untuk bisa mengajar dan berinteraksi secara online dengan para siswa. Jika sudah memiliki laptop atau komputer, bisnis ini tentu hanya membutuhkan kuota internet saja.Modal yang dibutuhkan sekitar Rp100-200 ribuan perbulan (membeli kuota internet), sedangkan penghasilan yang bisa didapatkan sekitar Rp2-3 juta per bulannya.
  18. Merawat dan Menjual Tanaman

    Jika senang bercocok tanam, usaha rumahan yang menjanjikan ini bisa menjadi pertimbangan. Berbagai tanaman hias sangat diminati belakangan ini sehingga prospek usaha ini akan sangat menjanjikan. Bukan hanya dijalankan offline, bisnis ini bahkan bisa dijalankan secara online juga. Promosikan bisnis tanaman ini melalui media sosial dan juga marketplace, sehingga lebih banyak pelanggan yang bisa didapatkan.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp1 jutaan (membeli bibit, media tanam dan peralatan lainnya), pendapatan bisnis ini sekitar Rp2 jutaa per bulannya.

  19. Buka Tempat Penitipan Hewan

    Usaha rumahan modal kecil lainnya yang bisa dijadikan pilihan adalah bisnis penitipan hewan. Ini akan menjadi bisnis yang tepat bagi yang senang dengan hewan peliharaan. Pelajari dengan baik cara merawat hewan, termasuk cara memberi makan dan minumnya juga. Hal ini akan membantu membuat hewan-hewan yang dititipkan tidak rewel, sehingga pelanggan juga senang menitipkan hewan mereka.

    Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp1 jutaan (membeli kandang dan juga peralatan lainnya), sedangkan penghasilan yang bisa didapatkan sekitar Rp1-2 jutaan per bulannya.

  20. Jasa Editing Video

    Jika memiliki kemampuan yang editing yang baik, usaha rumahan yang lagi trend ini akan jadi pilihan tepat. Jasa editing video sangat banyak dibutuhkan, mengingat banyak orang yang menggunakan berbagai media sosial. Lakukan pemasaran bisnis ini secara online dan dapatkan klien yang banyak setiap bulannya melalui media sosial. Meskipun dijalankan secara freelance, bisnis yang satu ini sangat menjanjikan.

    Modal yang dibutuhkan sekitar Rp100-200 ribuan per bulan (membeli kuota internet), sedangkan penghasilan yang bisa didapatkan sekitar Rp4-5 jutaan per bulannya.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Tanpa Dukungan Keluarga

Tips Sukses menjalankan Usaha Rumahan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjalankan usaha rumahan dengan sukses.

  • Pilih ide usaha rumahan yang tepat sejak awal, agar lebih mudah untuk dijalankan ke depannya.
  • Rencanakan dengan matang dan pahami resikonya dengan baik.
  • Siapkan modal dalam jumlah yang tepat sehingga rencana bisnis bisa dijalankan dengan tepat.
  • Lakukan promosi dengan tepat dan jangan lupa manfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis.
  • Berikan layanan terbaik kepada setiap klien.
  • Lakukan pembukuan dengan benar, agar arus kas menjadi transparan dan mudah untuk diawasi.
  • Lakukan evaluasi secara berkala, agar bisnis bisa berjalan dengan lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga: Cara Bikin Usaha Kecil Kamu Naik Kelas

Pilih Usaha Rumahan yang Tepat dan Memiliki Prospek Cerah

Menjalankan usaha rumahan bisa menjadi pilihan tepat, terutama bagi pemula yang memiliki modal terbatas. Selain mudah untuk dijalankan, usaha rumahan seperti ini juga memiliki prospek yang menjanjikan. Pilih usaha yang tepat dan jalankan dengan rencana matang, agar usaha rumahan tersebut bisa mendatangkan banyak keuntungan.