Modal Terjangkau dan Bisa Jangka Panjang, Begini Cara Cerdas Mulai Usaha Toko Plastik

Jika ingin membuka sebuah bisnis, kamu perlu memikirkan 3 faktor sebelum memulainya, yaitu besaran modal yang dibutuhkan, potensi keuntungan, dan prospeknya dalam jangka panjang. Jika ketiga faktor tersebut mampu dipenuhi dan sesuai dengan keinginan, maka sebuah bisnis bisa dikatakan menjanjikan untuk dijalani. 

Sebenarnya, ada banyak ide bisnis yang mampu memenuhi ketiga karakteristik tersebut, tapi masih jarang dilirik oleh pebisnis. Salah satunya adalah usaha toko plastik. Meski tak sepopuler bisnis kuliner atau produk fashion, tapi prospek bisnis toko plastik bisa dibilang menjanjikan karena termasuk sebagai produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. 

Yang penting, kamu perlu mencari tahu dulu bagaimana cara cerdas memulai usaha toko plastik, termasuk kelebihan dan perhitungan modalnya dengan menyimak penjelasan berikut ini. 

Kelebihan Usaha Toko Plastik

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, toko plastik bisa menjadi usaha atau bisnis yang menjanjikan. Secara umum, usaha toko plastik memiliki 4 kelebihan utama yang membuatnya menarik untuk dijalani, antara lain:

1. Minim Risiko Rusak dan Tak Kedaluwarsa

Di hampir segala jenis bisnis, risiko kerugian karena kerusakan barang nyaris tidak bisa dihilangkan. Tapi, usaha toko plastik bisa dibilang tak memiliki risiko ini. Sebab, plastik adalah produk yang awet serta tahan lama, sehingga risiko kerugian dari menjalankan bisnis ini bisa dibilang sangat minim dan membuatnya menarik untuk digeluti. 

2. Pasti Dibutuhkan oleh Kalangan Masyarakat Luas

Keunggulan usaha toko plastik lainnya adalah produknya pasti dibutuhkan oleh mayoritas kalangan masyarakat. Mulai dari keresek, sterofoam, plastik sampah, sampai wadah plastik yang menjadi produk dagangan toko plastik setiap harinya dibutuhkan oleh konsumen rumah tangga hingga UMKM dengan target pasar yang begitu luas tersebut, potensi mendulang cuan dari bisnis tentu tak boleh dipandang sebelah mata, bukan?

3. Modalnya Bisa Disesuaikan Budget

Apabila ingin menjalani bisnis toko plastik, kamu tak perlu khawatir berlebihan dengan jumlah modal yang tersedia. Menyesuaikan ukuran toko dan banyaknya produk yang dijajakan, memulai bisnis toko plastik bisa dilakukan dengan modal yang fleksibel. Meski dimulai dengan modal kecil, bisnis ini tentu bisa terus dikembangkan dan seiring waktu mampu meningkatkan potensi keuntungannya. 

4. Pengelolaan Mudah dan Tak Butuh Strategi Khusus

Kelebihan lain, merintis bisnis toko plastik bisa dibilang relatif lebih simpel dan mudah daripada bisnis populer lain seperti kuliner dan fashion. Pemilik toko plastik umumnya hanya perlu menyetok dagangan dan menunggu konsumen membelinya. Asal rajin memantau stok dan memastikan produk jualan lengkap, usaha toko plastik dijamin bisa berjalan dengan lancar dan minim kendala. 

Di samping itu, karena minat terhadap bisnis ini masih belum ramai, persaingan usaha toko plastik tergolong tak terlalu kompetitif. Jadi, peluang meraih cuan dari bisnis ini bisa dimaksimalkan tanpa perlu melakukan iklan atau pengeluaran marketing lain.  

Kisaran Modal untuk Mulai Usaha Toko Plastik

Sebenarnya, jika ingin menjalankan usaha toko plastik, tak ada acuan pasti terkait berapa besar modal yang dibutuhkan. Semuanya bergantung dari kebutuhan dan seberapa besar bisnis ini ingin kamu mulai. Meski begitu, jika ingin mengetahui perkiraannya, berikut adalah kisaran modal untuk merintis bisnis toko plastik. 

  • Sewa toko: 15 juta per tahun
  • Etalase kaca: 2,5 juta 
  • Rak kayu: 3 juta
  • Gaji karyawan: 2 juta per tahun 
  • Tagihan air dan listrik: 500 ribu per bulan
  • Biaya transportasi: 500 ribu
  • Modal produk plastik: 25 juta
  • Alat tulis: 100 ribu

Mengacu dari perkiraan di atas, modal bisnis toko plastik adalah sekitar 48 juta atau jika dibulatkan menjadi 50 juta. Besaran modal tersebut tentu bisa dikurangi tergantung banyaknya belanja stok produk plastik untuk dijual kembali. Selain itu, kebutuhan modal juga bisa dipangkas jika kamu membuka bisnis ini di rumah. 

Pun kalau memiliki modal lebih, kamu bisa menambah pasokan produk plastik yang dijual dan variasinya. Dengan begitu, daya tarik konsumen terhadap bisnismu bisa menjadi lebih tinggi dan meningkatkan penjualan. 

Cara Cerdas Memulai Usaha Toko Plastik

loader

Dengan mengetahui besaran modal yang dibutuhkan, kamu tentu perlu tahu tentang bagaimana cara cerdas memulai usaha toko plastik ini. Tidak rumit, kamu bisa mengikuti 5 langkah ini untuk merintis bisnis toko plastik.

1. Riset Dulu Area Sekitar

Walaupun tergolong mudah, toko plastik tetap menjadi jenis bisnis yang harus dipersiapkan dengan matang sebelum dimulai. Riset dan cermati bagaimana kondisi di sekitar tempat yang rencananya akan dijadikan toko plastik, apakah banyak prospek pembeli atau tidak.

Biasanya, prospek pembeli plastik ini berasal dari pemilik bisnis UMKM yang menjajakan kuliner ataupun pasar yang membutuhkan bungkus plastik. Selain itu, pastikan pula belum ada pengusaha lain yang telah lebih dulu membuka toko plastik di sekitar tempatmu karena bisa menurunkan potensi penjualan.  

2. Siapkan Modal

Setelah itu, kamu bisa mulai mengumpulkan modal dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika telah memiliki tempat sendiri, maka kebutuhan akan modal ini bisa lebih ringan. Ingat, bisnis toko plastik ini pada dasarnya membutuhkan modal yang fleksibel dan tak harus besar di awal karena bisa terus dikembangkan seiring waktu. 

3. Tentukan Lokasi yang Strategis

Tak kalah pentingnya, usahakan untuk memilih lokasi yang strategis ketika hendak membuka bisnis toko plastik ini. Maksudnya, pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh para pelaku pasar atau konsumen yang umumnya membutuhkan plastik. Dengan begitu, penjualan bisa laris manis dan meningkatkan potensi kesuksesan bisnis ini. 

4. Pilih Supplier Terpercaya

Di samping hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya, supplier pada bisnis toko plastik bisa dibilang memiliki peran yang sangat penting. Usahakan untuk memilih supplier yang terpercaya, memiliki variasi produk yang beragam, dan tidak ribet ketika diminta untuk mengirim barang. Jika memungkinkan, pilih supplier dengan tawaran harga yang murah tapi tetap berkualitas dan bisa memastikan stok produknya agar mampu meningkatkan potensi keuntungan. 

5. Lakukan Promo saat Awal Buka

Karena masih awal buka, ada kalanya kamu perlu melakukan promo terkait usaha toko plastikmu. Tak harus mahal, promo bisa kamu lakukan dengan menawarkan produk secara langsung ke toko atau konsumen dengan harga khusus. Selain itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan platform digital dan media sosial agar bisa memperluas target pasar hingga berjualan secara online.  

Tips Menjalankan Usaha Toko Plastik

Pada dasarnya, tips menjalankan usaha toko plastik tidak jauh berbeda dengan bisnis lainnya. Agar penjualan meningkat, ada beberapa tips usaha toko plastik yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Memasang harga yang kompetitif tapi tetap menguntungkan
  • Memastikan kelengkapan produk
  • Memberikan pelayanan yang ramah
  • Jangan sampai mengalami kekosongan produk

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Tak Perlu Pusing Kumpulkan Modal Usaha Toko Plastik dengan Investasi Reksa Dana

Meski tak membutuhkan modal besar, tapi ada baiknya kamu menyiapkan dulu budget dengan nominal tertentu sebelum membuka usaha toko plastik. Salah satu caranya dengan investasi di instrumen reksa dana dengan menyesuaikan jangka waktu, profil risiko, dan disiplin menanam modal serta melakukan evaluasi. Dengan modal yang cukup, usaha toko plastik bisa dimulai dengan lebih optimal dan menghasilkan keuntungan maksimal.