Virus Corona Menyerang KorSel, Sederet Idol Kpop Ini Batal Konser di Indonesia

Penyebaran virus korea kini semakin meluas di Korea Selatan. Update terkini per 24 Februari 2020, dilansir dari akun instagram resmi kedutaan besar Republik Indonesia di Seoul yaitu @kbri_seoul, pemerintah Korea Selatan telah resmi menaikan status level kewaspadaan menjadi red alert terkait kasus COVID-19 atau virus corona di Korea Selatan.

Status red alert sendiri adalah status yang menjadi pedoman pemerintah dalam menangani sebuah krisis. Penanganan darurat untuk menghadapi krisis ini diikuti dengan meliburkan sekolah, kantor, dan Polisi berwenang melakukan pembubaran untuk kegiatan perkumpulan di tempat umum.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indonesian Embassy in Seoul (@kbri_seoul) pada

Korban terjangkit hingga korban meninggal di Korea Selatan akibat virus corona meningkat secara signifikan. Dilansir dari detik.com (data per tanggal 24 Februari 2020) jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Korea Selatan mencapai 763 orang, 7 orang diantaranya sudah dinyatakan meninggal. Saat ini daerah-daerah yang sudah dikonfirmasi terjangkit coronavirus adalah Seoul, Cheongdo dan Daegu.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Virus Corona jadi Alasan Utama Batalnya Konser Kpop

Berbahaya hingga mematikan itulah efek dari virus corona yang kian memakan korban. Penyebaran sangat cepat di Korea Selatan. Hal ini jelas membuat sederet idol Kpop ini terancam harus membatalkan berbagai jadwal konser domestik dan internasional di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Siapa saja artis dan idol kpop yang terancam batal tampil di Indonesia:

1. Tur Asia Tenggara, AKMU (Akdong Musician)

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh YG Entertainment Official (@yg_ent_official) pada

Duo yang digawangi oleh kaka Lee Chan-hyuk dan adik Lee Su-hyun ini harus menanggalkan rencana konsert tur Asia Tenggara mereka sementara atau tidak sama sekali. Walaupun belum tau kapan tanggal tepatnya konser tur tersebut diselenggarakan di Indonesia, tapi sudah dipastikan Akmu akan dilarang untuk melanjutkan berbagai jenis jadwal internasional untuk saat ini.

Dengan meningkatnya kasus terjangkit virus corona di Korea Selatan pihak YG Entertainment yaitu perusahaan yang menaungi Akmu, demi melindungi keselamatan Artis dan Staffnya, mengatakan seluruh jadwal konser baik di Korea Selatan dan negara lain yang yang sudah dikonfirmasi akan ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

2. NCT/WayV Lucas Fanmeeting

Dikabarkan akan diselenggarakan pada 18 Februari 2020, fanmeeting yang sudah ditunggu-tunggu ini akhirya harus di tunda sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Pihak Neo Coffe (penyelenggara acara) dan SM Entertainment (agensi yang menaungi Lucas) mengatakan kasus virus corona menjadi alasan utama gagalnya acara fanmeeting tersebut.

Demi melindungi artis dan staff, fanmeeting NCT/WayV Lucas harus ditunda untuk sementara sampai waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Sudah Berbayar, Kini Kena Cukai. Harga Kantong Plastik Naik Jadi Rp 500 per Lembar

3. The Dream Show in Jakarta, NCT Dream

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh NCT DREAM OFFICIAL (@nct_dream) pada

Pada 1 Maret 2020, SM Entertainment akan menyelenggarakan konser tur perdana NCT Dream Indonesia di Istora Senayan. Tapi sebelumnya pihak SM Entertainment telah membatalkan konser The Dream Show, NCT Dream di Singapura akibat virus corona.

Mengingat peningkatan kasus terjangkit virus corona yang semakin menjadi-jadi di Korea Selatan sendiri, konser yang sudah dinanti-nanti NCTZen Indonesia ini pun tidak menutup kemungkinan akan terancam di batalkan atau ditunda.

4. Fanmeeting Ex Wanna One, Park Ji hoon

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh 박지훈 Park Jihoon (@0529.jihoon.ig) pada

Fanmeeting yang harusnya diselenggarakan 15 Februari 2020 ini akhirnya harus ditunda sampai waktu yang ditentukan karena kasus virus corona. Pihak Maroo Entertainment yang menaungi penyanyi tampan Park Ji hoon ini mengabarkan secara resmi atas kabar buruk ini kepada seluruh fans Park Jihoon yang diberbagai negara yang sudah dikonfirmasi termasuk Indonesia atau penundaan hingga pembatalan penyelenggaraan fan meeting ini.

5. 2020 VLIVE INDONESIA V HEARTBEAT, Sunmi

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SUNMI (@miyayeah) pada

Pihak VLIVE juga harus melakukan penundaan festival musik idol kpop yang seharusnya di adakan pada 15 Februari 2020 sampai waktu yang ditentukan. Solois cantik Sunmi merupakan salah satu line-up yang dikabarkan juga menjadi salah satu performer di konser musik kpop ini.

Penundaan ini diakibatkan karena penyebaran wabah virus corona yang telah menyebar di banyak negara. Demi melindungi keselamatan Artis, Staff dan penggemar pihak VLIVE pun harus melakukan tindakan penundaan ini.

Baca Juga: Isi RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, Pekerja Untung atau Rugi?

6. 2020 VLIVE INDONESIA V HEARTBEAT, Golden Child

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Golden Child Official (@official_gncd11) pada

Sama seperti Sunmi, Golden Child juga merupakan salah satu line-up performer yang akan mengisi konser musk 2020 VLIVE INDONESIA V HEARTBEAT pada 15 Februari 2020. Kabar penundaan konser 2020 VLIVE INDONESIA V HEARTBEAT yang tadinya berlokasi di Basketball Hall, Gelora Bung Karno, Jakarta ini pun sudah diumumkan di website resmi  VLIVE  sejak 7 Februari 2020. Penundaan akan dilakukan sampai waktu yang ditentukan.

Kpopers Jangan Sedih, Masih Ada Harapan

Walaupun saat ini virus corona tengah jadi sorotan dan masalah utama saat ini di Korea Selatan dan menjadi penyebab banyaknya event kpop terancam batal. Namun, ternyata ada juga group idol kpop lainnya yang masih merasa aman-aman saja dan tetap menyelenggarakan konser di Indonesia. Seperti G-Idle untuk I-Land World Tour pada 11 Juli 2020 nanti di Jakarta dan Stray Kidz Distric 9: Unlock World Tour pada 8 Agustus 2020 di Jakarta.

Sementara itu, beberapa deretan acara yang terancam batal diatas masih memberikan informasi penundaan konser dan pihak penyelenggara belum memastikan 100% konser benar-benar dibatalkan.

Khusus buat kalian yang sudah menabung untuk nonton konser idol kpop kesayangan, stay positif ya! Rajin cek update informasi terkait konser Idol Kpop kalian, pastikan uang tiket yang sudah terlanjur dibeli apakah bisa refund atau seperti apa aturannya. Sebaiknya, kita semua berdoa semoga virus corona ini bisa diatasi dengan baik dan tidak semakin menelan banyak korban.

Baca Juga: Tiket Kereta Lebaran 2020 Dibuka, Pantengin Jadwalnya Biar Bisa Mudik