Siapkan Budgeting Khusus, Bagaimana Sih Tips Tepat Atur Modal Fans K-Pop?

Dengan banyaknya tanggungan dan beban pikiran yang terjadi dalam hidup, setiap orang pasti memiliki hobi yang kerap dilakukannya sebagai cara untuk refreshing. Salah satu contoh hobi yang populer dimiliki oleh banyak orang saat ini adalah menjadi penggemar musik asal Korea Selatan alias K-Pop. 

Karena memiliki suguhan musik dan visual yang mampu memanjakan para penggemarnya, tidak sedikit orang yang memilih hobi di dunia K-Pop rela merogoh kocek cukup dalam untuk mengoleksi photocard dari para idol K-Pop, termasuk membeli album dan juga beragam jenis merchandise lainnya. Hanya saja, karena kerap dikalahkan dengan sikap impulsif, tidak sedikit para K-Popers yang berakhir boncos akibat pengeluaran untuk hobinya tersebut sulit dibendung. 

Untuk menyiasatinya, kamu tentu perlu menentukan budgeting khusus dan membatasi modal fans K-Pop. Lantas, apa saja sih pengeluaran yang sering kali dilakukan oleh para penggemar K-Pop ini? Nah, jika kamu ingin  tahu jawabannya, termasuk alasan, modal fans K-Pop, dan tips aman membeli album K-Pop original dari idola, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Alasan K-Popers Hobi Beli Merchandise Idola

loader

Industri K-Pop atau Korean Pop dan industri musiknya tidak dapat dipungkiri memang tengah booming. Bukan hanya di Indonesia, tapi K-Pop juga banyak digandrungi oleh masyarakat dari banyak belahan bumi lainnya, khususnya kalangan kawula muda. 

Perkembangan dunia K-Pop tersebut kemudian menjadi cikal bakal munculnya hobi baru di antara para penggemarnya dengan membeli beragam jenis merchandise dari pada idolanya. Beberapa contohnya adalah album, photocard atau foto bias, hingga tiket konser dan segala perlengkapannya. Walaupun dari segi harga terbilang cukup mahal, tapi hal tersebut tak menjadi penghalang bagi para K-Popers ini untuk tetap membeli merchandise dari idolanya. 

Tentunya, hal tersebut didasari oleh sejumlah alasan tertentu. Salah satunya adalah membeli dan mengoleksi merchandise idola bisa menjadi bentuk apresiasi. Selain itu, hal ini juga bisa memberi rasa kebahagiaan tersendiri bagi para penggemar sehingga membuatnya tak ragu membeli merchandise K-Pop saat ada uang.

Alasan lainnya adalah keunikan yang terdapat pada merchandise dan beragam jenis yang bisa dipilih oleh penggemarnya. Tak hanya album, tidak jarang artis K-Pop juga meluncurkan photocard, poster, sampai beragam barang dengan keunikan yang mampu menarik minat para penggemar untuk memilikinya. 

Selayaknya hobi lainnya, membeli merchandise K-Pop juga bisa menjadi sarana untuk mengurangi rasa stres sekaligus memberi kesenangan bagi para penggemarnya. Walaupun kadang kala juga bisa memicu sikap impulsif, bahkan adiktif, tapi mengoleksi merchandise ini mampu menjadi sumber kebahagiaan dan penurun stres bagi penikmatnya. Sehingga, tak ayal jika modal fans K-Pop bisa sangat besar untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Baca Juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Berapa Modal Fans K-Pop Penuhi Hobinya?

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis merchandise yang biasa dibeli oleh para penggemar K-Pop, mulai dari album, photocard, hingga poster. Tentunya, jika membeli barang original, biaya atau modal fans K-Pop bisa sangat besar. Pasalnya, harga dari setiap merchandise resmi idol Korea Selatan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Misalnya saja, untuk membeli photocard, modal fans K-Pop yang harus dikeluarkan mulai dari 50 ribu sampai jutaan rupiah. Kisaran harga tersebut bergantung dari kelangkaan dan kualitas dari photocard yang dibeli. Selain itu, agar kondisi photocard tetap terjaga, mereka juga perlu mempunyai binder dengan lembaran plastik untuk menyimpannya dengan aman. 

Sementara untuk album K-Pop, harganya juga bisa dibilang cukup deras menguras kantong. Untuk membeli sebuah album musik idola K-Pop, kamu perlu merogoh kocek mulai dari 200 ribu sampai 750 ribu. Jika tertarik untuk membeli mini album, harganya umumnya berkisar 300 ribuan. 

Lalu, untuk jenis merchandise lain yang dibeli di momen khusus, seperti DVD, pakaian, lightstick saat konser, hingga tiket konsernya sendiri juga biayanya tidak boleh dianggap remeh. Untuk DVD, harganya berkisar 600 ribu, atau bahkan lebih mahal yang umumnya sudah termasuk paket album dan repackage

Terakhir, untuk kebutuhan konser seperti tiket dan lightstick, modal fans K-Pop yang harus disiapkan cenderung lebih beragam. Tergantung dari jenis tiket konser yang dipilih, harganya bisa berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Mengetahui hal tersebut, menjadi fans K-Pop mungkin termasuk sebagai hobi yang mahal karena banyaknya merchandise yang menarik untuk dimiliki. Karenanya, pengelolaan keuangan untuk kebutuhan tersebut harus dilakukan dengan seoptimal mungkin agar kondisinya tetap aman. 

Baca Juga: Cara Mudah Hitung Budget untuk Hobi yang Ideal dan Tips Menyusun Rencana Finansialnya

Tips Koleksi Album K-Pop agar Keuangan Aman

loader

Ada banyak alasan mengapa tidak sedikit fans K-Pop yang rela membeli beragam jenis merchandise dari idolanya. Salah satunya adalah album K-Pop yang asli, resmi, dan orisinal yang dibeli sebagai bentuk apresiasi dan juga dukungan terhadap karya milik musisi idola. 

Bagi yang sudah sering membeli album K-Pop resmi, kamu tentu sudah tahu bagaimana cara aman melakukannya. Tapi, bagi yang masih awam atau baru pertama kali ingin melakukannya, tidak sedikit dari kamu mungkin bingung bagaimana langkah dan cara aman membelinya. Nah, agar tetap aman, berikut 4 tips aman mengoleksi dan membeli album K-Pop. 

1. Ketahui Waktu Pre-Order

Tak bisa dipungkiri jika harga album K-Pop memang cukup mahal dengan nominal mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Karenanya, jika ingin lebih merasa untung, ketahui kapan jadwal pre-order album terbaru dari idolamu dimulai. 

Melakukan pre-order album K-Pop bisa sangat menguntungkan karena terdapat keuntungan yang ditawarkan pihak agensi artis idola. Misalnya, pembelian pre-order mencakup pula photocard limited edition, random photocard, sampai poster ataupun greeting card. Sehingga, kamu tidak hanya mendapatkan album dari idol, tapi juga sederet bonus menarik yang bisa menambah koleksi ataupun untuk dijual kembali.  

2. Cek Jenis Album yang Ingin Dibeli

Menjadi hal yang umum diketahui para K-Popers jika idola biasanya mengeluarkan beberapa versi album dengan keunggulannya tersendiri. Situasi tersebut kerap memunculkan banyak pertimbangan ketika ingin membeli album yang diinginkan. Untuk itu, pastikan mengecek jenis album yang tersedia dan hanya beli versi album yang benar-benar menarik perhatian. 

Pertimbangan ini juga penting untuk dilakukan saat memiliki budget yang terbatas. Tentunya, pilih versi atau jenis album yang paling disukai, entah karena segi desain, konsep foto, maupun bonus yang diberikan. Yang terpenting, jangan sampai pembelian jenis album tersebut melebihi anggaran yang dimiliki agar kondisi keuangan tetap aman. 

3. Titip Pembelian dari Teman di Korea Selatan

Tips lainnya, jika memiliki relasi atau teman yang tinggal di Korea Selatan, kamu meminta bantuannya untuk titip membeli album langsung dari sana. Sehingga, kamu bisa mendapatkan produk original dari official store di sana secara langsung. 

Selain itu, karena biasanya tak perlu memberi ongkos jastip atau layanan serupa, langkah ini tentu bisa menghemat pengeluaran untuk memenuhi hobi tersebut. Yang terpenting, lunasi pembayarannya secara penuh secepat mungkin agar tak terlalu merepotkan orang yang dimintai bantuan tersebut. 

4. Tetap Pikirkan dan Sesuaikan Budget

Menjadi langkah yang sangat penting untuk diperhatikan, pastikan selalu menyesuaikan pengeluaran pembelian merchandise K-Pop ini dengan budget yang tersedia. Akan terasa percuma jika kamu melakukan beragam cara untuk menghemat biaya membeli merchandise tersebut tapi nominalnya masih melebihi budget. 

Sebab, hal tersebut akan tetap membuat beban keuangan menjadi lebih berat dan berisiko memunculkan utang ataupun pengeluaran konsumtif. Jika terus dibiarkan, hal tersebut dapat membuat kondisi keuangan berantakan, hingga memunculkan utang yang sifatnya konsumtif dan tak penting. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap memikirkan anggaran ketika membeli album atau merchandise K-Pop dan sesuaikan dengan budget yang tersedia. 

Jadi Sumber Kebahagiaan Banyak Orang, Sesuaikan Modal Fans K-Pop dengan Keuangan

Banyak orang yang memiliki hobi dan menggandrungi dunia K-Pop memang tidak pelit untuk membeli beragam jenis merchandisenya, termasuk album dan photocard. Meski begitu, karena harganya yang bisa dibilang tidak murah dan banyaknya jenis produk yang bisa dipilih, modal fans K-Pop bisa cukup deras menguras keuangannya. Karenanya, meski mampu menjadi sumber kebahagiaannya, tetap sesuaikan pengeluaran tersebut dengan budget agar kondisi keuangan terjaga. 

Baca Juga: Begini Tips Mendukung dan Atur Budget untuk Anak yang Doyan Game