10 Ide Aktivitas Setelah Waktu Sahur, Bikin Kamu Tetap Produktif Saat Berpuasa

Saat Ramadan, umat muslim biasanya akan bangun dini hari untuk melakukan sahur. Aktivitas sarapan lebih awal ini sebenarnya tidak wajib, namun jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Selain itu, dengan melakukan sahur sebelum berpuasa juga memiliki dampak baik bagi kesehatan.

Tetapi karena harus bangun saat pagi buta, sahur menjadi aktivitas yang butuh niat dan tekad kuat. Rasa kantuk sering kali menjadi hambatan terbesar bagi orang untuk bangun sahur. Karena itu, seringkali orang memilih untuk kembali tidur usai santap sahur dan shalat Subuh.

Padahal nih, tidur setelah sahur memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Sebab, makanan yang baru saja masuk ke tubuh masih belum selesai dicerna tubuh. Hal ini bisa berakibat pada naiknya asam lambung hingga terjadi gangguan pencernaan.

Secara agama pun, tidur setelah Subuh sangat tidak disarankan. Sebab, setelah subuh hingga matahari terbit merupakan waktu terbaik untuk memulai berbagai aktivitas dan menjadi awal turunnya berkah.

Bayar Zakat Fitrah dengan mudah hanya di Cermati!

Bayar Zakat Fitrah Sekarang!  

10 Aktivitas yang Bisa Dilakukan setelah Waktu Sahur agar Bulan Ramadan Menjadi Lebih Berkah

loader

Mengingat saat ini merupakan bulan Ramadan di mana setiap kebaikan pahalanya akan dilipatgandakan. Akan sangat rugi jika waktu yang hanya singkat ini hanya kamu manfaatkan untuk tidur.

Daripada kembali tidur, sebenarnya ada banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan setelah waktu sahur. Nah jika kamu bingung harus melakukan apa, berikut 10 ide aktivitas yang bisa kamu lakukan.

1. Mengaji

Daripada tidur, kamu bisa menggunakan waktu setelah sahur untuk mengaji. Kamu bisa membaca Al-Quran tepat setelah waktu sahur dan kembali melanjutkannya sesudah salat Subuh.

Selain untuk mengisi waktu, membaca ayat suci Al-Quran juga akan membuatmu mendapatkan pahala yang berlimpah di bulan Ramadan. Cobalah untuk membaca satu juz setelah waktu sahur. Dengan begitu, saat Ramadan usai kamu juga sudah khatam Al-Quran.

2. Mengasah Bakat

Dibanding tidur, setelah waktu sahur bisa kamu manfaatkan untuk mengasah bakat yang kamu miliki. Misalnya jika kamu suka menggambar, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menuangkan imajinasi yang ada dalam pikiran.

Sementara jika kamu suka menulis puisi atau cerpen, setelah waktu sahur merupakan momen yang pas untuk mengeluarkan ide-ide kreatif. Tuliskan ide apa saja yang muncul dalam benakmu. Siapa tahu ide tersebut bisa kamu kembangkan jadi tulisan menarik dan bisa dijadikan uang.

3. Journaling

Jika bingung mau melakukan apa setelah waktu sahur, cobalah untuk journaling. Aktivitas ini mungkin terlihat sederhana, tetapi sebenarnya memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Terutama jika kamu melakukannya di pagi hari.

Pasalnya, di jam-jam tersebut pikiran seringkali penuh dengan refleksi kejadian di hari sebelumnya. Jika di hari kemarin ada peristiwa yang kurang mengenakkan, rasa khawatir, cemas, takut, bercampur menjadi satu.

Lewat proses journaling, kamu bisa menuangkan semua emosi negatif melalui tulisan. Tuliskan hal apa saja yang membuatmu merasa tidak nyaman atau menimbulkan rasa khawatir dan cemas. Dengan begitu maka beban pikiranmu bisa sedikit berkurang, stres pun tidak lagi menumpuk.

Tidak hanya hal-hal buruk, kamu juga bisa menuliskan hal-hal baik yang sudah terjadi di waktu kemarin. Hal ini akan membuatmu merasa lebih bersyukur dan siap menjalani hari yang lebih baik.

4. Olahraga Ringan

Tidak ada alasan untuk malas-malasan saat bulan Ramadan. Bahkan selama berpuasa pun, kamu masih bisa melakukan olahraga. Tetapi tentu saja intensitasnya tidak bisa sebesar hari-hari biasa.

Jam olahraga masing-masing orang saat berpuasa sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh. Tetapi aktivitas ini juga cocok dilakukan sesudah waktu sahur, saat tubuh masih memiliki banyak energi usai mendapatkan asupan makanan.

Namun kamu perlu memperhatikan jarak antara sahur dengan waktu olahraga. Pastikan beri jarak cukup dari kamu makan sahur. Kamu bisa mulai melakukan olahraga setelah melaksanakan salat Subuh.

Jenis olahraganya tidak perlu yang memiliki intensitas tinggi. Kamu bisa bersepeda, jalan kaki, peregangan, atau bahkan melakukan yoga. Kegiatan ini selain membuatmu lebih bugar, juga membantu mengatasi rasa kantuk sesudah sahur.

Baca Juga: 7 Cara Mudah untuk Menikmati Sahur Sehat selama Berpuasa

5. Ngobrol Bersama Keluarga

Jarang punya waktu untuk bisa berbicara atau bercengkrama dengan keluarga? Jika demikian, setelah waktu sahur bisa menjadi momen yang pas untuk memperoleh quality time bersama keluarga.

Tidak perlu membicarakan masalah yang serius. Sekadar bercerita kegiatan hari kemarin atau rencana hari ini bisa menjadi obrolan yang menarik. Bercengkerama dengan orang terkasih di pagi hari dapat menjadi cara yang baik untuk mengawali hari.

6. Refleksi Kekurangan di Bulan Ramadan Lalu

Bulan Ramadan yang penuh berkah menjadi waktu yang tepat bagi  umat Islam untuk melakukan refleksi diri. Momen Ramadan sering diibaratkan sebagai sekolah yang mendidik sehingga saat tiba Idul Fitri, orang bisa menjadi sosok muslim yang lebih baik.

Karena itu, dibanding tidur, kamu bisa memanfaatkan waktu setelah sahur untuk melakukan refleksi terhadap Ramadan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa menilai hal-hal baik apa yang perlu ditingkatkan dan hal kurang baik apa yang perlu ditinggalkan.

Kamu dapat menggunakan cara manual dengan buku catatan dan pulpen atau menggunakan cara modern dengan memanfaatkan gawai. Tuliskan berbagai hal yang pernah dilalui selama Ramadan tahun lalu.

Catat juga aktivitas ibadah seperti apa yang ingin dilakukan di bulan Ramadan kali ini. Misalnya saja lebih rajin shalat 5 waktu di Masjid, tidak pernah absen shalat Tarawih, lebih banyak membaca Al-Quran, dan lain sebagainya.

7. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Aktivitas berikutnya yang bisa kamu lakukan usai waktu sahur adalah adalah mengerjakan pekerjaan rumah. Daripada tidur, kamu bisa mencuci piring bekas sahur, menyapu halaman maupun dalam rumah, mencuci baju, atau pekerjaan rumah lainnya.

Selain membuatmu terjaga setelah waktu sahur, aktivitas ini juga akan menjadikan rumahmu jadi lebih bersih sebelum ditinggal pergi kerja. Jadi saat kamu lelah bekerja dan pulang ke rumah, tidak ada lagi pekerjaan rumah yang menunggu.

Baca Juga: Tips Mudah saat Sahur dan Berbuka Agar Tubuh Tetap Fit Selama Berpuasa

8. Mendengarkan Lagu atau Podcast

Mendengarkan lagu atau podcast juga bisa menjadi ide kegiatan setelah sahur yang bisa kamu lakukan. Pilihlah lagu-lagu favoritmu atau podcast menarik untuk membantumu meningkatkan mood di pagi hari.

Selain mendengarkan lagu favorit, kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu religi atau podcast yang membahas soal ilmu agama agar keimananmu semakin meningkat selama Ramadan. Apalagi, saat ini banyak sekali podcast dari tokoh agama yang memberikan penjelasan dengan gaya yang menarik.

9. Buat Jadwal dalam Satu Hari

Masih bingung mau melakukan apa setelah waktu sahur? Cobalah untuk membuat jadwal aktivitas dalam satu hari. Tuliskan aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan selama sehari penuh agar tidak ada hal penting yang terlewat.

Misalkan pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore kamu harus bekerja. Kemudian pulang kerja pergi berbelanja lalu menyiapkan menu untuk berbuka puasa. Kamu juga bisa menuliskan menu yang akan dimasak untuk berbuka supaya lebih mudah saat berbelanja.

Jika perlu, tuliskan target pencapaian pekerjaan untuk satu hari. Misalnya masih ada pekerjaan hari kemarin yang belum selesai, targetkan untuk bisa rampung hari ini juga. Cara tersebut akan membuatmu menjalani hari dengan lebih teratur dan efisien.

10. Membaca Buku

Buku adalah jendela dunia, dan membaca buku ketika pagi bisa membantumu untuk lebih fokus, serta meningkatkan memori dan kecerdasan. Sebab setelah waktu sahur suasananya sepi dan tenang sehingga kamu dapat lebih berkonsentrasi

Bacalah buku apa saja yang kamu sukai, entah itu novel, buku spiritual, atau buku-buku yang bisa membuat kemampuanmu bertambah. Jadi bukan hanya untuk mengisi waktu luang, aktivitas ini juga bisa memperluas wawasanmu.

Sementara bagi yang masih berstatus pelajar, kamu bisa membaca berbagai buku pelajaran yang menurutmu paling sulit. Ketika membaca buku pelajaran di pagi hari, biasanya kamu akan lebih mudah untuk memahami.

Pilih Aktivitas yang Paling Membuatmu Nyaman

Tidur setelah waktu sahur sering menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang di bulan Ramadan. Padahal dari segi kesehatan, tidur setelah sahur ini memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Kebiasaan tidur setelah sahur bisa menyebabkan terjadinya kenaikan asam lambung hingga gangguan pencernaan lainnya.

Daripada sekadar tidur, ada banyak aktivitas yang sebenarnya bisa dilakukan setelah waktu sahur. Kamu bisa membaca buku, mengaji, journaling, berolahraga, hingga melakukan berbagai aktivitas lain yang bermanfaat. Selain bisa mengisi waktu kosong, beragam kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dirimu.

Baca Juga:  Makanan Khas Korea yang Mudah di Masak untuk Sahur dan Berbuka Puasa