Waspadai 10 Penyakit Serius yang Mudah Menyerang Pegawai Kantoran

Pegawai kantoran tak akan pernah lepas dari sibuknya rutinitas setiap hari. Tugas, pekerjaan, deadline adalah makanan sehari – hari mereka. Terkadang berbagai tugas yang dikerjakan harus dibawa pulang agar cepat selesai dan bisa mencapai target yang diinginkan. Meski tujuannya baik, hal ini tentu mengandung konsekuensi yang cukup besar.

Namun jika Anda terus dipaksa untuk bekerja tanpa kenal lelah, bukan hanya berdampak pada emosional saja, tapi tubuh akan terserang berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga berat atau serius.

Agar lebih paham mengenai penyakit apa saja yang dapat menyerang pegawai kantoran, simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber media kesehatan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Susah Tidur atau Insomnia

insom
insomnia

Meski sering disepelekan, penyakit susah tidur atau insomnia merupakan yang paling umum dan sering menimpa pegawai kantor. Pekerjaan yang harus terselesaikan, membuat para pegawai harus tetap melek hingga larut malam dan mengabaikan waktu tidur yang seharusnya dibutuhkan. Penyakit ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena akan merusak jam istirahat dan mengganggu kinerja anggota tubuh tertentu.

2. Diare & Maag

Selain gangguan tidur, kegiatan kerja di kantor kadang membuat jam makan menjadi berantakan atau bahkan hingga lupa makan. Hal ini jelas akan membuat Anda mengalami masalah pencernaan serius mulai dari diare hingga maag menyerang. Hal ini jangan dianggap sepele, karena diare dan maag akut bisa berdampak kondisi pencernaan menjadi lebih buruk.

3. Obesitas

Saking sibuknya bekerja, selain ada yang sampai lupa makan, ada pula yang membuat pola makan pekerja tidak terkendali alias ingin makan terus menerus. Apabila jarang beraktivitas fisik, maka bisa memicu seseorang jadi obesitas. Selain membuat aktivitas menjadi menurun, obesitas juga membuat kondisi organ tubuh menjadi lemah karena tertimbun dengan banyaknya lemak. 

Baca Juga: Macam-macam Jenis Diet, Kamu Pilih Mana?

4. Tifus

sakit
Tifus

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi ini memang menyerang pencernaan karena berbagai sebab salah satunya kebersihan makanan yang kurang diperhatikan. Jika ini ditambah dengan lelah dan daya tubuh menurun, maka risiko terkena tifus semakin besar dan kemungkinan besar Anda harus masuk ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

5. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya yang bisa terjadi karena keturunan atau pola makan yang tidak sehat. Bila Anda jarang beraktivitas fisik, kurang tidur, dan sering makan makanan yang terlalu banyak mengandung gula, risiko terkena diabetes akan semakin besar. Diabetes terjadi karena tubuh tidak mampu memproses gula dalam tubuh.

Baca Juga: Gejala Diabetes, Ciri-Ciri Diabetes, Penyebab Diabetes, Serta Penanganan Penyakit Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

6. Jantung

Bila seorang pegawai terlalu memforsir tenaganya untuk terus bekerja sampai melebihi batas, penyakit jantung juga bisa saja mengintai. Beberapa jenis gangguan jantung hingga serangan jantung dapat terjadi secara tiba – tiba yang tentu memiliki risiko sangat fatal yaitu terjadi kematian.

7. Batu Ginjal

batu ginja;
Batu ginjal

Kebiasaan di kantor yang terpaku pada pekerjaan membuat tubuh jarang bergerak dan terkadang saking fokusnya bekerja sampai lupa minum. Selain itu, pekerjaan yang menumpuk juga membuat sebagian besar pegawai suka menahan buang air kecil. Padahal bila ini terlalu sering dilakukan bisa membuat seorang pegawai terkena penyakit batu ginjal

Bukan hanya itu saja, batu ginjal juga bisa terjadi karena seseorang mengonsumsi makanan yang kadar kalsium, protein hewani, dan asam oksalat yang sangat tinggi. Jika batu ginjal sudah menyerang, maka Anda harus mendapatkan penanganan serius, yaitu dilakukan operasi untuk mengangkat atau menghancurkan batu ginjal yang bersarang dalam tubuh bagian pinggang.

8. Spondilitis / Radang Tulang Belakang

Meski penyakit ini terdengar asing bagi sebagian besar orang, namun penyakit ini cukup serius dari sakit punggung biasa dan perlu penanganan khusus dari dokter. Spondilitis termasuk sulit disembuhkan karena mempengaruhi tulang belakang secara langsung dan membuat penderitanya tidak mampu bergerak.

Penyebab spondilitis memang beragam, namun bagi pegawai kantor hal ini bisa terjadi karena mereka selalu terpaku di depan komputer tanpa aktivitas fisik dan istirahat yang cukup. Akibat hal tersebut, tulang belakang bisa rusak karena tekanan dan radang berlebihan.

9. Ambeien / Wasir

Kebiasaan terlalu banyak duduk, kurang minum, serta mengangkat beban terlalu berat bisa membuat penyakit wasir. Wasir terjadi pada anus di mana terdapat benjolan sehingga sakit saat duduk dan jika lebih parah membuat penderita sakit saat buang air besar dan mengeluarkan darah. Maka dari itu biasakan hidup sehat di kantor dengan banyak aktivitas fisik serta minum air putih.

10. Ganggan Reproduksi

pasangan
Gangguan reproduksi

Karena terlalu banyak bekerja setiap hari, gangguan reproduksi seperti kesuburan menurun juga bisa terjadi baik pria dan wanita. Hal ini bisa terjadi karena faktor kurangnya istirahat sehingga terjadi gangguan organ reproduksi. Hal ini tentu akan berpengaruh bagi Anda yang ingin memiliki keturunan. Beberapa jenis gangguan reproduksi mulai dari sering tidak subur,  gangguan ereksi, menurunnya gairah seksual hingga kemandulan bisa terjadi.

Kesehatan Tetap Nomor Satu

Memang pekerjaan kantor itu berat dan harus diselesaikan, namun bukan berarti Anda melupakan kesehatan. Sebanyak apapun pekerjaan kantor, tetaplah kesehatan jiwa dan raga menjadi nomor satu yang harus diperhatikan. Sebab, jika sudah terserang penyakit, maka banyak kerugian yang harus dialami. Selain membuat pekerjaan menjadi menumpuk, Anda juga akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Untuk itu, hindari berbagai macam penyakit dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Jangan lupa juga jaga pola makan, olahraga dan istirahat dengan teratur. Mengganti camilan yang tidak sehat dengan banyak makan buah menjadi solusi yang sangat tepat.

Baca Juga: 45 Cara Hidup Sehat