15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya

Ingin liburan ke Jawa Timur? Kota Malang patut dipertimbangkan karena banyak tempat wisata Malang yang bisa dikunjungi. Dijamin bakal buat liburanmu semakin berkesan, deh!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

15 Tempat Wisata Hits di Malang

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata Malang berikut dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Dari sekian banyak tempat wisata, mana yang kira-kira worth visiting? Ada dalam 15 daftar berikut ini.

loader

1. Gunung Bromo

Wisata di Malang tak lengkap rasanya kalau tak berkunjung ke Gunung Bromo. Gunung ini berhasil menarik perhatian karena pemandangan alam yang disuguhkan dari puncak gunung. Ditambah lagi dengan pemandangan sunrise yang bikin jatuh hati.

Akses ke Gunung Bromo bisa dengan kendaraan roda dua maupun empat. Agar lebih berkesan, kamu bisa sewa Jeep bersama teman-temanmu atau wisatawan lain yang ingin naik ke kaki gunung. Patungan biar lebih murah, ya!

Harga tiket: 

  • Rp29.000 – Rp34.000 untuk wisatawan lokal
  • Rp220.000 – Rp320.000 untuk wisatawam mancanegara

2. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular menjadi tempat wisata di Batu Malang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Selain karena vibes wisata malam harinya yang memukau, tempat ini pun menyediakan berbagai wahana yang cukup menghibur. Ada wahana dancing fountain, go kart, drop n twist yang wajib dicoba. 

Salah satu spot yang tak boleh dilewatkan di sini adalah Taman Lampion. Kamu akan menemukan banyak lampion yang membuat suasana malam semakin romantis. Di pintu keluarnya, kamu bisa menemukan oleh-oleh khas batu untuk dibawa kepada orang tercinta.

Harga tiket: Rp35.000 per orang (weekday), Rp40.000 per orang (weekend)

3. Museum Angkut

Masih di wisata batu Malang dan sekitarnya, kamu bisa berkunjung ke Museum Angkut. Tempat wisata ini menyediakan berbagai kendaraan klasik hingga modern. Kendaraan yang mungkin hanya pernah kamu lihat di film mungkin bisa dilihat di sini.

Berlama-lama di sini tak akan membuatmu bosan. Sebab, tempat ini menyuguhkan beberapa atraksi yang seru juga. Ditambah lagi dengan arsitektur menyerupai negara-negara di Eropa, membuatmu semakin betah ada di sini.

Harga tiket: Rp110.000 per orang

4. Jatim Park

Tempat wisata malang batu yang cukup populer di kalangan wisatawan. Tidak hanya satu tempat, Jatim Park terbagi atas tiga tempat yang bisa dikunjungi secara sekaligus saat kamu ke Malang. Konsep dan tema yang disuguhkan di tempat ini berbeda-beda, jadi tak akan membuatmu bosan.

Terdapat berbagai wahana yang bisa ditemukan di sini. Ada volcano coaster, flying fox, flying tornado, dan banyak lagi. Tiket Jatim Park 1, 2, dan 3 dijual terpisah, jadi pastikan kamu sudah tentukan tempat mana yang menjadi prioritas dalam kunjunganmu.

Harga tiket:

  • Jatim Park 1: Rp60.000 – Rp140.000 per orang
  • Jatim Park 2: Rp140.000 – Rp160.000 per orang
  • Jatim Park 3: Rp30.000 – Rp140.000 per orang

5. Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Jodipan bisa menjadi destinasi wisata di Malang. Kampung ini memiliki keunikan tersendiri karena bangunannya dibuat berwarna-warni. Tidak hanya rumah saja, jalanan dan pernak-pernik di kampung ini dicat warna-warni.

Perpaduan warna yang beragam akan membuat hasil fotomu menjadi unik, lho! Perlu diketahui bahwa kampung ini tutup jam 6 sore. Pastikan kamu datang lebih awal agar bisa puas berkeliling sambil berfoto.

Harga tiket: Rp3.000 per orang

Baca Juga:  Rekomendasi 9 Lokasi Foto Prewedding Paling Bagus di Yogyakarta

6. Kebun Teh Wonosari

Jalan-jalan di sore hari dengan pemandangan kebuh teh menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kamu bisa merasakan sensasi liburan ini di Kebun Teh Wonosari yang terletak di Malang Utara. Dari atas ketinggian 1.250 mdpl, kamu akan melihat kebun teh yang terbentang luas di atas lahan 1.144 hektar.

Kebun Teh Wonosari merupakan tempat wisata di Malang yang bisa dikunjungi bersama teman, keluarga, maupun pacar. Disarankan membawa kamera untuk mengabadikan momen berkesan. Terdapat banyak spot instagramable di sini.

Harga tiket:

  • Rp8.000 per orang (weekday)
  • Rp12.000 per orang (weekend)

7. Taman Labirin Coban Rondo

Tempat wisata Malang selanjutnya adalah Taman Labirin Coban Rondo yang terletak di Kecamatan Batu. Seperti namanya, taman ini dibuat bersekat-sekat layaknya sebuah labirin. Berkunjung ke sini akan membuatmu merasa seperti ada di film Alice The Wonderland, lho!

Labirin dibuat berwarna hijau dengan tinggi 2 meter. Selain bermain di labirin, terdapat aktivitas seru lainnya yang bisa dicoba di sini. Kamu bisa berkemah, outbound, dan menikmati air terjun.

Harga tiket: Rp10.000 per orang

8. Lumbung Stroberi Batu

Menjadi salah satu tempat wisata batu malang favorit keluarga. Kamu dan keluarga akan dibawa mengelilingi kebun stroberi, diberikan edukasi tentang stroberi, dan mendapat pengalaman memetik stroberi langsung dari kebunnya. Sangat menarik, kan?

Suasana sejuk di sekitar kebun stroberi membuatmu betah. Stroberi di sini juga dijual kepada pengunjung, jadi kamu bisa beli untuk bekal perjalanan selanjutnya di Malang. Disarankan untuk datang di pagi hari saat cuaca belum terlalu terik, ya!

Harga tiket: Rp20.000 – Rp25.000 per orang

9. Omah Kayu

 Omah Kayu mengusung konsep tree house, jadi rumah-rumahnya terbuat dari kayu asli. Tak perlu khawatir bila ingin menginap, karena kayu yang digunakan merupakan kayu berkualitas, jadi tidak mudah ambruk. Keamanan juga terjamin karena setiap rumah pohon tertutup rapat bila ingin ditinggali. 

Pemandangan alam dari Omah Kayu akan terlihat jelas. Selain itu, kamu pun bisa menikmati aktivitas bahkan bermain paralayang di sini. Yakin mau melewatkan tempat ini?

Harga tiket:

  • Rp10.000 per orang (weekday)
  • Rp15.000 per orang (weekend)

10. Taman Selecta

Tertarik mengunjungi tempat dengan konsep bunga? Bisa datang ke Taman Selecta yang menyuguhkan pemandangan bunga nan indah. Tempat ini akan menyegarkan mata, ditambah lagi suhu udara segar yang otomatis menyejukkan hati.

Selain pemandangan bunga, ada beberapa wahana yang bisa dicoba di Taman Selecta. Sebut saja perahu ayun, flying fox, sky bike, sepeda angin, dan naik kuda. Tempat ini dibuka hingga pukul 5 sore setiap harinya.

Harga tiket: Rp40.000 per orang

Baca Juga:  10 Kota Tua di Tanah Air yang Cocok jadi Destinasi Liburan Berikutnya

11. Candi Badut

Tempat wisata bersejarah selalu menarik di mata wisatawan. Selain untuk dinikmati keindahannya, juga dapat menambah ilmu pengetahuan. Adalah Candi Badut sebagai tempat wisata di Malang yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Candi Badut merupakan candi Hindu tertua di Jawa Timur dan sampai sekarang masih digunakan sebagai tempat upacara Agama Hindu. Candi terletak di Jalan Candi 5D, Doro, Karangwidoro, Jawa Timur. Ajak keluarga dan teman agar sesi petualangan di candi tidak membosankan.

Harga tiket: Rp10.000 per orang

12. Pantai Balekambang

Menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena memiliki keunikan tersendiri. Konon pantai ini disebut sebagai duplikasi Tanah Lot di Bali karena bentuknya hampir mirip. Di tengahnya terdapat pura dan jembatan panjang.

Ombak pantai yang kencang, pasir pantai, dan airnya yang jernih akan membuatmu betah. Lokasinya berada di Kabupaten Malang, tepatnya di daerah Bantur. Akses ke pantai tidaklah sulit, jadi wajar bila pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Harga tiket: Rp20.500 per orang (termasuk asuransi)

13. San Terra de Lafonte

Salah satu tempat wisata Malang yang masih baru, yaitu San Terra de Lafonte. Tempat ini mengusung konsep taman bunga yang ditanam  dalam pot maupun di gantung. Sementara bentuk bangunannya dirancang mirip seperti bangunan di beberapa negara di dunia.

Malang rasa luar negeri, begitulah kira-kira. Kamu bisa mengelilingi tempat ini dengan berjalan kaki untuk menikmati pemandangan yang disuguhkan. Bangunan di tempat ini cocok dijadikan background foto yang bisa kamu unggah di sosial media. 

Harga tiket: 

  • Rp25.000 per orang (weekday)
  • Rp30.000 per orang (weekend)

14. Desa Wisata Pujon Kidul

Salah satu desa yang ciamik, yaitu Desa Pujon Kidul. Pemandangan di sekitarnya akan mengobati rasa rindumu akan alam. Ada juga wahana bermain yang dapat dinikmati secara gratis dengan cara menukarkan tiket masuk.

Tidak berhenti sampai disitu saja karena kamu wajib mengunjungi restoran yang ada di sekitar. Makanan yang disajikan enak, jadi jangan lupa dicicipi setelah kamu selesai menikmati isi dari tempat ini. Harganya terjangkau, dijamin tak bikin kantong bolong.

Harga tiket: Rp8.000 per orang

15. Alun-alun Kota Batu

Liburan ke Malang tak lengkap rasanya bila tidak menginjakkan kaki di Alun-alun Kota Batu. Kamu dapat melipir ke sini di sore hari setelah berkeliling tempat wisata di Malang. Sembari santai, sembari menikmati matahari terbenam untuk menyempurnakan harimu.

Jika cukup beruntung, kamu bisa naik bianglala yang ada di alun-alun. Harga tiketnya cukup terjangkau, lho! Dari bianglala, kamu bisa menikmati keindahan Kota Malang secara menyeluruh. 

Harga tiket: gratis

Perkiraan Biaya dan Tips Wisata di Malang

Berencana liburan ke Malang dalam waktu dekat? Well, berikut estimasi biaya yang mungkin akan kamu keluarkan untuk liburan selama 4 hari 3 malam. Jadi, kamu bisa siapkan budget dari sekarang.

  • Tiket pesawat PP Jakarta-Malang: Rp2.700.000
  • Tiket wisata: Rp300.000
  • Transportasi di Malang: Rp200.000
  • Penginapan: Rp900.000
  • Makan dan minum: Rp700.000

Budget yang diperlukan sekitar Rp4.800.000. Bisa lebih murah kalau kamu pergi ramai-ramai dan menggunakan kereta api. Jika tetap ingin pergi naik pesawat, sebaiknya sering pantau harga tiket untuk mendapatkan deal terbaik.

Agar liburan di Malang aman, sebaiknya terapkan protokol kesehatan. Jaga barang bawaan sebaik mungkin, terutama di tempat ramai. Namanya tempat wisata, pasti ada satu atau dua copet.

Ajukan Cuti dan Segera Liburan ke Malang

Mengingat Malang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia, penting untuk memperhatikan tanggal keberangkatan. Hindari musim libur anak sekolah atau hari raya agar kamu bisa menikmati tempat wisata dengan tenang. So, sudah siap untuk pergi liburan?

Baca Juga: Liburan di Palembang? Kunjungi 7 Destinasi Menarik Ini