7 Wisata Religi Domestik dan Mancanegara yang Worth to Visit

Di antara banyaknya destinasi wisata baik domestik maupun mancanegara, salah satu yang menjadi impian dari banyak orang yakni mengunjungi destinasi wisata religi. Selain untuk tujuan rekreasi, umumnya wisata religi juga dilakukan untuk mendapatkan pengalaman yang dapat membuat manusia bisa merasa lebih dekat dengan Tuhan dengan mensyukuri nikmatnya.

Masing-masing agama tentu memiliki wisata religi yang berbeda, baik yang berada di dalam maupun luar negeri. Nah, jika kamu berencana untuk melakukan wisata religi, berikut adalah sejumlah rekomendasi yang dapat kamu kunjungi!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

1. Aceh: Masjid Baiturrahman

loader
Masjid Baiturrahman via wisato.id

Dikenal sebagai “Serambi Mekkah”, Aceh memiliki destinasi wisata religi ikonik yang terkenal, yaitu Masjid Baiturrahman. Eits, Baiturrahman tidak hanya sekedar masjid, loh. Tempat wisata religi yang satu ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Aceh yang sempat berjaya. 

Hal yang menjadi daya tarik Masjid Baiturrahman yakni bangunannya yang tetap berdiri kokoh walaupun mengalami beberapa kerusakan saat tsunami melanda aceh pada 2004 lalu. Selain untuk beribadah, masjid ini juga dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya berbagai aktivitas keagamaan masyarakat Aceh. 

2. Semarang: Masjid Agung Jawa Tengah

loader
Masjid Agung Jawa Tengah via wikipedia.co.id

Selain Masjid Baiturrahman di Aceh, ada masjid yang menjadi destinasi wisata religi lainnya, yaitu  Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Semarang. Perpaduan antara style arsitektur Islam, Jawa, dan Romawi menjadi daya tarik tersendiri dari masjid ini.

Di samping itu, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki menara Al Husna yang tingginya kurang lebih 99 meter. Tidak hanya itu saja, masjid ini juga mempunyai payung hidrolik seperti yang bisa dijumpai di Masjid Nabawi di Kota Madinah. 

Baca Juga: Siapkan Sebelum Berangkat, Ketahui Apa Itu Dana Liburan, Tujuan Memiliki, Hingga Cara Hitungnya

3. Jombang: Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari Tebuireng

loader
Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari via youtube.com

Jawa timur memiliki wisata religi yang terkenal, yaitu Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari Tebuireng di kota Jombang. Di dalamnya, kamu bisa melihat berbagai gambaran dari perkembangan agama Islam yang ada di wilayah Indonesia. 

Memiliki desain bangunan berbentuk piramida, museum ini juga mempunyai monumen yang disebut “At-Tauhid” dengan hiasan Asmaul Husna. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi dan melihat koleksi-koleksi yang memiliki hubungan dengan peran tokoh Islam. 

4. Lamongan: Indonesian Islamic Art Museum

loader
Indonesian Islamic Art Museum via wikipedia.co.id

Masih di Jawa Timur, rekomendasi wisata religi yang dapat kamu kunjungi yakni Indonesian Islamic Art Museum yang bertempat di Lamongan. Museum ini memuat berbagai peninggalan sejarah dari perkembangan agama Islam dari seluruh dunia. 

Menariknya, museum ini telah dilengkapi dengan basis teknologi modern, yaitu Augmented Reality atau AR yang memiliki konsep penggabungan dunia maya 2 dimensi atau 3 dimensi yang kemudian diproyeksikan ke suatu lingkungan dan juga waktu yang nyata. 

Dengan mendownload aplikasi AR Indonesian Islamic Art Museum dan melakukan scan pada gambar yang berada di museum, kamu bisa mencoba pengalaman AR tersebut. Menarik sekali, bukan?

5. Turki: Hagia Sophia

loader
Hagia Sophia via wikipedia.com

Menjadi tempat yang ikonik di Turki, tepatnya di Istanbul, Hagia Sophia merupakan destinasi wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Selain terkenal akan kemegahannya, Hagia Sophia juga menyimpan berbagai sejarah panjang tentang dua agama yang ada di Turki. Bahkan, di dalamnya juga ada lukisan lafadz Allah SWT dan Muhammad SAW yang bersebelahan dengan lukisan Kristus.

Destinasi wisata religi ini juga terkenal akan desain interiornya yang mewah. Dinding dengan lapisan mosaik serta pilar tinggi berbahan marmer menjadi ciri khas dari kemewahan Bizantium. Ketika mengunjungi Hagia Sophia, sempatkan pula untuk mendatangi Masjid Biru karena masih berada di lokasi yang sama.

6. Maroko: Masjid Koutoubia

loader
Masjid Koutoubia via lonelyplanet.com

Kota Marrakech, Maroko, memiliki destinasi wisata religi ikonik yang amat terkenal yaitu Masjid Koutoubia. Didirikan mulai 1957, masjid ini dibangun dengan ketinggian kurang lebih 77 meter dan akhirnya dijadikan sebagai referensi pembangunan masjid yang ada di Spanyol. 

Hal unik dari masjid ini yaitu bangunannya pernah dibangun ulang dikarenakan arah kiblat yang salah. Nah, apabila kamu berkunjung ke Maroko, selain masjid ini, kamu juga bisa sekaligus mendatangi Istana Bahia, Jalan Soekarno, Kota Chefchaouen, serta Makam Mohamed V yang juga merupakan wisata religi.  

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole

7. Palestina: Masjid Al Aqsa

loader
Masjid Al-Aqsa via aljazeera.com

Siapa yang tak kenal dengan masjid yang amat sangat terkenal ini? Masjid yang ada di Palestina ini merupakan tempat yang sangat penting bagi umat muslim karena menyimpan berbagai makna mendalam perkembangan agama Islam sejak mulanya hingga saat ini. Istimewanya lagi, masjid ini juga menjadi kiblat pertama pemeluk agama Islam untuk melaksanakan sholat. 

Tidak hanya itu saja, setelah meletakkan Masjidil Haram di Mekkah, Allah kemudian meletakkan Masjid Al Aqsa ini di Palestina. Dinding-dinding masjid ini juga semakin menarik karena terdapat kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi’raj. 

Belajar Agama Sambil Wisata, Kenapa Tidak?

Wisata religi merupakan kegiatan yang sangat menarik karena selain belajar agama, kamu juga bisa sekaligus menikmati arsitektur bangunan yang luar biasa. Jadi, selain untuk merasa lebih dekat dan mensyukuri nikmat Tuhan, tujuan rekreasi pun juga bisa didapatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, rencanakan wisata religi!

Baca Juga: Mau Liburan Hemat di Labuan Bajo? Ikuti Tips Berikut Ini!