Wujudkan Impian Miliki HP Baru, Begini Cara Nabung Dananya Pakai Reksa Dana

Saat ini, hampir semua orang tidak terpisahkan dengan yang namanya smartphone alias ponsel pintar. Banyak kegiatan sehari-hari yang membutuhkan gawai multifungsi berukuran kecil tersebut. Mulai dari berbelanja online, bayar tagihan listrik dan telepon, berkomunikasi, bekerja, hingga hiburan seperti menonton film atau bermain game bisa dilakukan melalui gadget praktis tersebut. 

Alhasil, tidak mengherankan jika pengguna smartphone seiring bertambahnya waktu terus meningkat, bahkan menjangkau kalangan dari segala usia. Hanya saja, harga smartphone keluaran terbaru yang terus melambung tinggi membuat tidak sedikit orang kewalahan untuk bisa membelinya. Jika tidak diupayakan untuk menabung terlebih dulu, sulit rasanya mewujudkan impian memiliki HP baru idaman.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Cara Menabung dengan Reksadana untuk Beli HP Baru

Lantas, bagaimana cara menabung untuk beli HP baru yang ideal dan optimal agar target keuangan tersebut lekas tercapai? Tidak perlu risau, ada beragam tips yang bisa kamu ikuti. Untuk lebih jelasnya, simak cara menabung untuk beli HP baru secara hemat dan cermat berikut ini. 

1. Ketahui Apakah Beli HP Baru Merupakan Kebutuhan atau Keinginan

loader

Walaupun secara umum merupakan kebutuhan, namun tak jarang seseorang membeli HP baru hanya karena keinginan atau sifat impulsif belaka. Karenanya, sebelum memutuskannya, ketahui dulu apakah membeli HP baru saat ini merupakan kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. 

Hal ini penting untuk dipahami agar kamu bisa mengalokasikan keuangan dengan bijak sesuai dengan skala prioritasnya. Jika memang HP yang sekarang masih bisa digunakan dan tidak ada tuntutan untuk upgrade dari sisi pekerjaan atau produktivitas, artinya membeli yang baru masih belum berupa kebutuhan.

Sebaliknya, jika gawai yang sekarang sudah mulai lambat dan sering bermasalah hingga mengganggu penggunaannya, maka pembelian HP bisa dibilang telah menjadi kebutuhan. 

2. Pahami Fitur dan Fasilitas Apa yang Dibutuhkan

Tips lainnya, pahami fitur dan fasilitas seperti apa yang dibutuhkan dari smartphone baru yang akan dibeli nanti. Sebagai contoh, jika sekadar menggunakan gawai tersebut untuk berkomunikasi, baik melalui pesan singkat atau telepon, maka smartphone dengan harga yang terjangkau tanpa spesifikasi tinggi sudah ideal untuk dipilih.

Sementara jika penggunaannya mampu menunjang pekerjaan, seperti perlu kamera resolusi tinggi, chipset kencang, atau layar yang besar, kamu bisa membeli smartphone dengan spesifikasi yang dibutuhkan tersebut, asal terjangkau budget. Dengan begitu, pembeliannya tak akan menjadi penyesalan karena fitur dan fasilitas yang diberikannya gagal memenuhi segala kebutuhan dan keinginan.

3. Cek Kondisi Keuangan dan Sesuaikan dengan Budget

Saat ingin mencapai target keuangan, termasuk menabung untuk beli HP baru, pastikan kamu telah mengecek kondisi keuangan terlebih dulu. Dengan begitu, budget yang mungkin dikumpulkan untuk mencapai tujuan finansial tersebut dapat diketahui dengan lebih akurat. Tentunya, jangan sampai membeli gawai dengan harga melampaui budget agar tak berisiko mengacaukan keuangan. 

Dengan persaingan di industri smartphone yang begitu ketat dan pesat, tidak sulit sebenarnya untuk bisa mendapatkan pilihan smartphone dengan harga terjangkau tapi tetap sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, pada brand tertentu, smartphone dengan harga 2 sampai 3 jutaan sudah disematkan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Jadi, asal jeli dalam memilih, mendapatkan HP idaman tak harus merogoh kocek begitu dalam.  

Baca Juga:  Daftar Reksadana Paling Cuan Tahun Ini, Mau Beli yang Mana?

4. Riset Dulu Kelebihan dan Kekurangan Smartphone yang Ingin Dibeli

Setelah mendapatkan pilihan smartphone yang ingin dibeli, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meriset dulu kelebihan serta kekurangannya. Dalam range harga tertentu, pasti ada banyak sekali variasi smartphone dari berbagai merek dan brand. Tugasmu adalah mencari tahu spesifikasi dari masing-masing smartphone tersebut, membandingkan harga dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan.

Misalnya, bagi kamu yang ingin mendapatkan smartphone dengan kualitas kamera tinggi dan tidak terlalu memperdulikan besarnya RAM, maka pilih produk yang menawarkan kelebihan tersebut. Dengan mencermati hal ini, kamu lebih berpotensi mendapatkan smartphone dengan harga lebih terjangkau, tapi kualitas dan kelebihannya masih mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan. 

5. Cari Tahu Adanya Layanan Garansi Serta Purna Jualnya

loader

Indonesia termasuk sebagai salah satu pasar potensial dalam industri smartphone dan membuatnya dibanjiri oleh produk HP dari berbagai brand ternama dunia. Agar tak mengalami masalah saat smartphone mengalami gangguan atau kerusakan, ada baiknya untuk mengecek layanan garansi serta purna jual sebelum membelinya. 

Garansi umumnya diberikan pihak toko, distributor, maupun agen resmi. Dengan banyaknya perwakilan agen resmi dari sebuah brand HP, artinya semakin baik peluang purna jual dan berpengaruh pada harga smartphone nantinya. Nah, hal ini perlu diperhatikan agar kamu bisa meminimalkan risiko kerugian dari pembelian produk HP tersebut.

6. Menabung di Instrumen Investasi yang Tepat

Seperti yang kita tahu, smartphone memiliki harga yang terbilang tinggi dan baru bisa dibeli ketika sudah menabung selama beberapa waktu bagi sebagian orang. Agar lebih ideal dalam mengumpulkan dana untuk membelinya, jangan ragu menabung untuk beli HP melalui instrumen investasi yang tepat, salah satu contohnya adalah reksa dana.

Pada reksa dana, aktivitas investasi bisa dimulai dengan modal terjangkau, bahkan dari 10 ribuan saja. Di samping itu, pengelolaan portofolio juga berada di tangan manajer investasi sehingga ideal dipilih investor pemula. 

Reksa dana pun memiliki  beragam produk yang tersedia untuk dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan serta profil risiko. Tentunya, tergantung dari jangka waktunya pula, kamu mungkin perlu memilih jenis reksa dana yang memiliki tingkat risiko rendah untuk aktivitas menabung ini, seperti, reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Mampu memberi peluang imbal hasil menjanjikan, menabung dana beli HP pada instrumen ini tentu merupakan pilihan yang bijak ketimbang sekadar menyimpannya di tabungan atau rekening biasa.  

Baca Juga: Pilihan Reksadana yang Bagus untuk Pemula beserta Tips Memulainya

7. Prioritaskan Dulu Kebutuhan Mendesak dan Penting

Tidak kalah pentingnya, sebelum memutuskan untuk menabung dan membeli HP, ada baiknya cek dulu bagaimana kondisi keuangan saat ini. Perhatikan apakah pemasukan tiap bulan mampu memenuhi segala kebutuhan yang lebih penting atau tidak. Sebagai contoh, periksa apakah ada cicilan atau beban utang lain yang perlu dilunasi terlebih dulu. 

Selain itu, pastikan dana darurat telah tersedia sesuai nominal yang ideal sebelum beranjak menyiapkan tabungan untuk membeli HP. Jika kebutuhan yang mendesak dan perlu diprioritaskan ini telah terpenuhi, artinya kondisi keuanganmu telah stabil dan boleh mengalokasikan sebagian penghasilan untuk membeli HP baru.

Sebaliknya, jika pos keuangan dan beban tanggungan tersebut masih menumpuk, usahakan untuk tidak dulu menabung maupun membeli HP. Pasalnya, hal tersebut terlalu berisiko memberi beban terlalu berat bagi finansial dan dapat menjadi masalah keuangan serius di masa mendatang. 

Jika memang terdesak untuk membeli HP baru tapi beban keuangan masih terlalu berat, alternatif yang bisa dipilih adalah mencari penghasilan tambahan. Dengan begitu, finansialmu akan lebih mampu untuk menanggung segala pengeluaran tersebut dan tak sampai kewalahan hingga harus mengajukan utang. 

8. Hindari Kredit dan Usahakan Beli Tunai

Tips terakhir agar bisa menabung untuk beli HP adalah menghindari yang namanya mengajukan kredit. Walaupun ada layanan pinjaman untuk membeli HP saat ini sudah sangat banyak dan mudah diakses, namun jika memungkinkan tetap usahakan untuk mencukupinya dengan beli tunai saja. 

Alasannya sederhana, beli HP dengan sistem kredit kerap membuat total biaya yang harus ditanggung jauh melambung ketimbang harga aslinya. Meski lebih enteng dijangkau keuangan karena pembayarannya dilakukan secara mencicil, namun beban bunga membuat biayanya lebih tinggi.

Oleh sebab itu, akan lebih bijak jika kamu mampu menyisihkan uang dan menabung terlebih dulu sebelum akhirnya membeli smartphone baru. Yang terpenting, sesuaikan budget untuk kebutuhan ini dengan kondisi keuangan dan kemampuan bayar agar tak berisiko berbuntut masalah nantinya. 

Semangat Menabung dan Berinvestasi agar Impian Memiliki HP Baru Lekas Terwujud 

Setelah memahami tips dan cara menabung untuk beli HP di atas, kamu tentu tidak buta arah dan semakin semangat untuk mengaplikasikannya. Khususnya jika memanfaatkan layanan investasi seperti reksa dana, modal tabungan yang tersimpan didalamnya berpotensi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, impian memiliki smartphone idaman akan menjadi lebih lekas dan mudah terwujud.

Baca Juga:  Trik Investasi Reksa Dana yang Untungnya Besar