Yakin Mau Ngikutin Tren Terus-Terusan? Baca Ini Terlebih Dahulu!

Teknologi yang semakin maju dan berkembang membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Hanya dengan gadget dan internet, Kamu bisa mendapatkan informasi dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Selain itu, tren belanja online juga menjadi hal yang paling menarik saat ini.

Sadar atau tidak, kemudahan-kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi tersebut membuatmu lebih konsumtif. Jika biasanya Kamu mempertimbangkan pendapatan saat ingin membeli sesuatu, adanya toko online yang mudah diakses mungkin membuatmu mengeluarkan uang tanpa berpikir apakah barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan. 

Namun pernahkan Kamu berpikir uang yang Kamu belanjakan bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna misalnya tempat tinggal atau aset?

Kamu pasti juga ingin memiliki tempat tinggal atau aset pribadi untuk menjamin kehidupan di hari tua. Padahal, nyatanya kenaikan gaji rata-rata sebesar 10% per tahun lebih rendah dibandingkan kenaikan nilai properti sebesar 15% hingga 20% per tahun. 

Kamu yang menabung secara rutin saja belum tentu cukup untuk membeli aset, apalagi jika Kamu menghamburkan uang untuk belanja. Jika memang ingin memenuhi kebutuhan di hari tua, Kamu harus meninggalkan kebiasaan mengikuti tren. Di bawah ini ada beberapa kesalahan umum dalam mengatur uang yang harus Kamu perbaiki dan juga tips agar bisa hidup sejahtera di masa tua.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan dalam Mengatur Keuangan

kesalahan mengatur keuangan

Ketika ingin memperbaiki dan kembali mengatur keuangan, Kamu perlu tahu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam keuanganmu saat ini. Pada umumnya, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam mengatur keuangannya:

1. Menggunakan kartu kredit secara berlebihan

Kartu kredit memang membuat segala urusan transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Jika memiliki kartu kredit, Kamu tidak perlu takut kehabisan uang tunai saat sedang berbelanja. Namun hal tersebut juga berdampak buruk karena membuatmu tidak bisa mengontrol diri saat berbelanja.

Padahal kartu kredit layaknya utang dimana ada bunga besar yang harus Kamu bayar setiap bulannya. Kamu mungkin tidak memikirkan hal tersebut karena yang terpenting adalah memenuhi gaya hidup yang tiada habisnya. Apabila Kamu tidak mulai memperbaikinya maka utang akan semakin menumpuk, dan gaji yang didapat hanya untuk membayar utang tersebut.

2. Menyisakan uang untuk ditabung 

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan adalah menyisakan uang untuk ditabung. Padahal sebenarnya yang harus dilakukan adalah menyisihkan uang untuk ditabung. Jika hanya menyisakan uang untuk ditabung maka tidak ada target tabungan yang bisa ditetapkan. Lantas bagaimana jika tidak ada uang yang tersisa? Apa tidak menabung? Untuk itu sangat penting menyisihkan uang untuk ditabung sebelum menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Boros untuk menyewa tempat tinggal

Untuk Kamu yang masih menyewa tempat tinggal baik itu kontrakan, kost, ataupun apartemen, perhatikan anggaran yang akan dialokasikan. Pasalnya, tidak jarang orang yang ingin hidup nyaman sehingga memilih menyewa apartemen dengan harga selangit. Uang sewa tempat tinggal tidak boleh lebih dari setengah penghasilan agar tidak memberatkan keuanganmu.

4. Menunda pendewasaan diri

Pada usia menjelang dewasa, Kamu harus mulai untuk menyiapkan diri menyambut kedewasaan, misalnya dengan menyiapkan biaya untuk tempat tinggal atau melakukan investasi jangka panjang. Namun tidak sedikit anak muda yang berpikir untuk menikmati apa yang mereka miliki saat ini dengan bebas berbelanja sepuasnya atau berperilaku konsumtif.

Hal tersebut harus segera ditinggalkan karena masa produktif adalah masa yang tepat untuk melakukan investasi ataupun menabung. Meskipun mempersiapkan masa depan, bukan berarti Kamu tidak bisa menikmati hidup sama sekali.

Baca Juga: Punya Gaji 6 Jutaan di Jakarta? Ini Cara Hemat 4 Juta Rupiah Tiap Bulan 

Cara Agar Hidup Sejahtera di Masa Tua

hidup sejahtera di masa tua

Setelah mengetahui kesalahan-kesalahan di atas, maka Kamu harus segera memperbaikinya. Kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana keuanganmu nanti jika kebiasaan-kebiasaan tersebut masih terus dilakukan. Berikut cara yang bisa Kamu lakukan agar hidup sejahtera dan tujuan keuangan di masa depan terwujud:

1. Mencari penghasilan tambahan

Mencari penghasilan tambahan bisa membantumu mempersiapkan keuangan di masa datang. Mungkin Kamu merasa bahwa gaji saat ini memang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari sekaligus menabung untuk membeli aset. Oleh sebab itu, carilah jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan misalnya dengan merintis bisnis sendiri.

2. Biasakan diri menabung 

Menabung merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan keuangan di masa datang. Ketika Kamu membutuhkan dana mendadak dan mendesak maka Kamu tidak perlu berutang karena sudah ada tabungan yang bisa digunakan. 

3. Lakukan investasi

Jika menabung dianggap tidak terlalu menghasilkan, maka Kamu bisa melakukan investasi. Pasalnya, investasi yang baik dan benar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan tabungan. Saat ini sudah banyak instrumen investasi yang bisa dimasuki, mulai dari yang risiko rendah hingga risiko tinggi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Meminjam Uang? Ini Jawabannya!

Hindari Pasak Lebih Tinggi dari Tiang

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengikuti tren yang tiada habisnya bisa membuat keuangan berantakan, apalagi jika pengeluaran lebih tinggi dibandingkan pendapatan. Hal tersebut harus segera diatasi agar kehidupan di masa tua lebih sejahtera dan bahagia. Untuk itu, gunakan uang secara bijak dengan memenuhi kebutuhanmu bukan keinginanmu.

Baca Juga: Pasangan Suka Pinjam Uang? Hati-Hati itu Artinya Kamu Mengalami Toxic Financialship!