Yesaya Suraya, Lakon Dibalik Kesuksesan Tahu Kriuk Yes Beromzet Ratusan Juta Per Bulan

Bisnis di bidang kuliner memang masih cukup banyak digandrungi oleh para pebisnis. Baik yang masih pemula maupun berpengalaman, tak sedikit pebisnis yang menganggap bahwa industri kuliner dapat menjadi sumber cuan yang menggiurkan. 

Selain itu, jumlah konsumen di bisnis kuliner juga bisa tidak akan pernah surut dan dapat bertahan dengan jangka waktu yang panjang. Hal ini membuat bisnis kuliner terlihat menarik di mata para pebisnis hingga sekarang. Mengetahui fakta tersebut, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba terjun ke industri kuliner dan menekuninya. 

Sebelum memutuskan untuk berbisnis makanan atau minuman, perlu diketahui bahwa industri kuliner susah-susah gampang untuk dijalani. Pasalnya, selain persaingannya yang tergolong ketat, bisnis kuliner membutuhkan kreativitas dan kerja keras dari para pelakunya. 

Hal ini pulalah yang dilakukan oleh Yesaya Suraya dalam mengembangkan brand Tahu Kriuk Yes miliknya yang kini telah beroperasi hingga ratusan gerai di wilayah Ibu Kota. Lalu, apa sih rahasia Yesaya dalam menyukseskan bisnis kuliner tahu kriuknya tersebut hingga tetap eksis sampai saat ini? Nah, jawabannya sudah terangkum di pembahasan berikut ini. 

Perjalanan Yesaya dalam Menyukseskan Brand Tahu Kriuk Yes

Yesaya Suraya

Sumber: money.kompas.com

Siapa yang sangka bahwa bisnis kuliner bisa meraih kesuksesan besar hingga memiliki 150 gerobak untuk berjualan hanya dalam waktu kurang dari dua tahun. Ya, kesuksesan yang terlihat mustahil tersebut ternyata berhasil dilakukan oleh pemilik dari brand bisnis waralaba kuliner Tahu Kriuk Yes, Yesaya Suraya. 

Pria dengan panggilan akrab, Surya ini mengaku bahwa alasannya membuka bisnis tahu kriuk adalah jajanan tersebut memiliki peluang bisnis yang cukup tinggi. Selain itu, ia juga berpendapat bahwa jajanan tahu kriuk masih bisa untuk dikembangkan lebih luas lagi dan menggaet lebih banyak pelanggan setia. Karena alasan itulah Surya kemudian merasa mantap untuk mengembangkan bisnis tahu kriuk dan diberi nama Tahu Kriuk Yes.

Yang unik dari tahu kriuk milik Surya adalah bagian luar tahu yang terasa renyah, namun masih bertekstur lembut khas tahu di dalamnya. Keunikan inilah yang membuat banyak calon pembeli penasaran.

Menurut Surya, kebanyakan pembeli memamerkan suara kriuk ketika menggigit jajanan tahu tersebut di instastorynya. Bunyi ‘kres’ yang terdengar tersebut membuat tahu kriuk ini berbeda dengan jajanan tahu kriuk lainnya dan menjadi nilai tambah tersendiri. 

Surya mengatakan bahwa gerai Tahu Kriuk Yes pertama kali dibuka di Jakarta Pusat tepatnya berada di area Pasar Baru. Surya berani untuk membuka toko pertamanya tersebut setelah berulang kali melakukan eksperimen dan mencoba resep tahu kriuk. 

Baca Juga: Psikologi Warna: Cara Tepat untuk Mengetahui Jati Diri Suatu Bisnis

Kesuksesan yang Membutuhkan Proses

Mulai dari mencari jenis tahu apa yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan dasar olahan dan bumbu yang sesuai dengan keinginan dilakukan oleh Surya. Setelah melalui banyak trial and error di masa eksperimen dan inovasi tersebut, akhirnya Surya menemukan kombinasi dari tahu dan juga bumbu yang tepat. Resep itulah yang hingga kini menjadi rahasia di balik kelezatan dan kriuknya jajanan tahu buatannya. 

Sebelum sukses dengan bisnis kuliner tahu kriuknya, Surya sudah lebih dulu memiliki beberapa warung makan dan restoran. Namun, Surya mengungkapkan bahwa keuntungan dari brand tahu kriuknya adalah yang paling besar jika dibandingkan dengan bisnis kulinernya yang lain. 

Hingga saat ini, Surya sudah mengembangkan bisnis tahu kriuknya tersebut menjadi model franchise atau waralaba. Hak jual dari franchise Tahu Kriuk Yes dibanderol dengan harga 15 juta, yang sudah mencakup gerobak, tahu, dan juga beragam perlengkapan jualan lainnya. 

Terhitung pada akhir tahun 2019 lalu, terdapat setidaknya 150 gerobak jualan Tahu Kriuk Yes yang tersebar di wilayah Jabodetabek. Surya menuturkan bahwa ia berencana untuk terus melakukan ekspansi ke wilayah lain dan juga kota lainnya. 

Perihal omzet, Surya masih merahasiakannya dan enggan untuk menyebutkan jumlahnya secara terperinci. Yang pasti, omzet yang didapatkannya dari brand bisnis tersebut cukup untuk mengembangkan bisnis dan melakukan ekspansi. 

Jumlah Gerai Tahu Kriuk Yes dan Perkiraan Omzetnya

Tahu Kriuk Yes

Sumber: pergikuliner.com

Baru beroperasi sejak dua tahun lalu, kesuksesan Tahu Kriuk Yes memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, dalam kurun waktu yang terbilang singkat, brand tersebut diperkirakan sudah memiliki 150 gerobak di wilayah Jabodetabek saja.

Selain itu, dengan harga waralaba 15 juta Rupiah, pemilik satu outlet Tahu Kriuk Yes bisa meraup omzet belasan juta atau bahkan ratusan juta per bulannya. Dalam kata lain, bukan tidak mungkin modal franchise Tahu Kriuk Yes senilai 15 juta Rupiah bisa langsung balik dalam waktu beberapa bulan saja. 

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu Manajemen Risiko Serta Kegunaannya untuk Perusahaan

Tips Berbisnis Ala Yesaya Suraya

Melihat cerita Surya dalam mengembangkan bisnis tahu kriuk miliknya tentu menyimpan banyak sekali pelajaran dan juga tips dalam menekuni bisnis kuliner. Bahkan, beberapa hal yang dilakukan oleh Surya tersebut merupakan rahasia yang membuat bisnis Tahu Kriuk Yes berhasil mendapatkan kesuksesan besar hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun. 

Lalu, apa saja sih tips berbisnis yang bisa didapatkan dari cerita Yesaya Suraya tersebut? Berikut tipsnya. 

  1. Teliti dalam Melihat Peluang Usaha

    Dalam membangun bisnis tahu kriuk, Surya memutuskannya bukan tanpa analisa dan pertimbangan. Tahu kriuk sebenarnya merupakan jajanan yang sudah ada sejak lama sebelum brand ini berdiri. Namun, Surya menganggap bahwa tahu kriuk masih memiliki peluang keuntungan yang cukup tinggi dan bisa dikembangkan lebih luas lagi. 

    Karena alasan itulah mengapa bisnis tahu kriuk miliknya dapat berkembang dengan lebih pesat, walaupun jumlah pesaingnya cukup banyak dan lebih berpengalaman. Jadi, jika ingin berbisnis kuliner, tidak ada salahnya untuk meniru ide bisnis yang sudah ada asal mampu melihat peluang keuntungannya dan terus berinovasi.

  2. Trial and Error hingga Mendapatkan Produk yang Sempurna

    Sebelum membuka gerai pertamanya, Surya telah lebih dulu untuk melakukan eksperimen hingga akhirnya mampu memiliki resep tahu kriuk yang sesuai dengan keinginannya. Mulai dari memilih produk dasar tahu yang tepat, hingga mencari bumbu yang cocok dengan produk tahunya.

    Namun, usaha keras yang dilakukannya sukses membuahkan hasil. Terbukti para pelanggan selalu puas dengan produk yang dijajakan oleh Surya dan juga mampu membuat orang lain ingin merasakan tahu kriuk buatannya tersebut. Jadi, jangan menyerah melakukan trial dan error hingga mendapatkan produk yang sempurna atau sesuai dengan keinginan. 

  3. Mengikuti Perkembangan Zaman dan Berbisnis secara Digital

    Tips selanjutnya dalam berbisnis kuliner adalah memanfaatkan segala fasilitas yang ada pada era digital ini. Sejak pertama kali buka, Surya mengakui bahwa gerai tahu kriuk miliknya bergabung dengan layanan pesan antar makanan yang dilakukan oleh ojek online. Selain itu, ia juga melakukan kegiatan marketing melalui sosial media seperti Instagram agar menarik lebih banyak lagi pelanggan.

    Menurutnya, membagikan foto gerai sedang ramai atau antri merupakan cara ampuh untuk membuat calon pelanggan berdatangan. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan secara gratis dengan dampak positif yang besar. Jadi, berbisnis kuliner harus mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di era digital ini.  

  4. Jangan Puas Hanya dengan Satu Kesuksesan

    Bisnis Tahu Kriuk Yes ini ternyata bukanlah usaha kuliner pertama yang dijalankan oleh Surya. Sebelumnya, Surya telah lebih dulu memiliki beberapa restoran dan warung makan yang masih beroperasi. Namun, karena hasrat bisnis masih dimilikinya, Surya berusaha untuk membangun bisnis lagi yang lebih menguntungkan. 

    Terbukti dengan membangun bisnis baru ini, ia bisa mendapatkan keuntungan dan omzet yang jauh melebihi usaha kulinernya yang lebih dulu berjalan. Intinya, jangan pernah puas dengan sebuah kesuksesan jika memang bisa mengembangkan atau membuat kesuksesan yang baru. 

Sebaik-baiknya Bisnis Adalah Bisnis yang Direalisasikan

Semua bisnis yang berhasil meraih kesuksesan adalah bisnis yang dimulai dari titik terkecilnya. Banyak orang yang merasa ragu untuk memulai bisnis karena ketakutan akan mendapatkan kegagalan atau hasil yang di luar harapan.

Namun, kembali lagi dengan kisah Yesaya Suraya tersebut, sebuah bisnis tidak akan pernah sukses jika tidak pernah diwujudkan dan diperjuangkan dengan sekuat tenaga. Oleh karena itu, jika ingin memiliki sebuah bisnis yang memberikan untung berlimpah, coba realisasikan bisnis tersebut terlebih dahulu dan berusaha untuk meningkatkan kualitas produk serta pelayannya secara maksimal.

Baca Juga: Bersantai sambil Belajar Keuangan, Yuk Tonton 5 Rekomendasi Serial Netflix Ini