Yuk Cari Tahu Apa Itu Remote Working dan Jenis-Jenis Profesinya

Seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan kemudahan aksesnya bagi masyarakat secara umum, kini para karyawan atau pekerja tak selalu harus datang dan bekerja di kantor. Asal memiliki koneksi internet dan perangkat yang diperlukan, tak sedikit pemberi kerja yang membolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau tempat manapun.

Bahkan, mengutip dari situs Business 2 Community, dalam jangka waktu 5 tahun terakhir, jumlah pelamar yang mencari pekerjaan dengan sistem remote mengalami peningkatan mencapai 44 persen. Hal ini membuktikan bahwa tren dari remote working ini kian meningkat dan pasti akan terus mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. 

Di Indonesia sendiri, praktik kerja remote sudah cukup banyak dilakukan oleh sejumlah perusahaan dan dicari masyarakat. Di sisi lain, meskipun bisa digarap dimanapun, gaji dari seorang remote worker pun tak jarang yang setara dengan pekerja pada umumnya, malah bisa lebih tinggi.

Mengetahui hal tersebut, istilah kerja remote atau remote working ini tentu mampu menarik perhatian banyak orang dan mungkin kamu adalah salah satunya. Nah, sebelum mencoba untuk beranjak lebih dalam pada jenis profesi tersebut, alangkah baiknya jika kamu memahami dulu apa itu remote working dan sederet pekerjaan yang umumnya dapat dikerjakan dengan menggunakan metode tersebut berikut ini. 

Baca Juga: Pentingnya Kesetaraan di Dunia Kerja Beserta Manfaatnya

Konsep Remote Working

loader

Konsep Remote Working

Secara umum, remote working adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan atau diselesaikan tanpa harus pergi ke tempat kerja atau kantor. Artinya, orang yang menjalani kerja remote dapat bebas memilih tempat kerjanya sendiri. Entah itu di rumah, coworking space, kafe, dan maupun tempat lainnya. Karena itu, metode kerja ini dinilai mampu memberikan kenyamanan tersendiri bagi karyawan maupun pemberi kerja. 

Bahkan, sebuah survei menguakkan fakta bahwa seorang yang lebih memilih untuk bekerja secara remote atau memiliki fleksibilitas terhadap lokasi kerjanya sendiri memiliki kondisi mental yang lebih terjaga. Melalui cara tersebut, 48 persen responden mampu mendapatkan keseimbangan antara urusan kehidupan dan pekerjaan terjaga dengan sangat baik. 

Hal ini juga membeberkan fakta lain bahwa tingkat produktivitas seseorang yang bekerja secara remote lebih tinggi sehingga mampu menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan dengan lebih maksimal. Pada praktiknya, kerja remote dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi internet agar para karyawan mampu berkomunikasi satu sama lain dan berdiskusi terkait pekerjaan. 

Tak dapat dimungkiri jika kerja remote diinginkan oleh banyak orang karena fleksibilitasnya yang tinggi. Jadi, tak banyak waktu terbuang untuk transportasi dari rumah ke tempat kerja maupun sebaliknya. 

Jenis Pekerjaan yang Dapat Dilakukan secara Remote

Secara singkat, remote working adalah bidang pekerjaan yang mampu diselesaikan tanpa harus pergi ke kantor atau tempat kerja. Lalu, jenis pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan dengan metode ini?

  • Content Writer

    Bagi kamu yang merasa memiliki kemampuan atau hobi menulis konten, menjadi seorang content writer mungkin bisa menjadi opsi untuk dipilih agar bisa kerja dari rumah. Profesi ini sudah lama dianggap bisa dikerjakan dengan metode remote working. Alasannya karena job desc seorang penulis konten adalah menulis, mengedit, lalu mengirimkan dokumen.

    Jika ada masukan atau revisi, semuanya dapat disampaikan melalui telepon ataupun pesan singkat saja. Dalam kata lain, kebutuhan tatap muka hampir tidak ada sama sekali saat menjadi content writer. Selain itu, kamu bisa memilih sendiri mau menjadi penulis konten yang terpaku pada satu perusahaan saja, atau menjadi freelancer dan mampu menerima pekerjaan dari beberapa perusahaan sekaligus. 

  • Sales

    Sales juga menjadi salah satu profesi yang umumnya tak harus pergi ke tempat kerja. Kebanyakan sales menjalani pekerjaannya secara fleksibel, seperti menawarkan produk atau jasa di tempat publik sesuai arahan yang diberikan. Dalam catatan, sales tersebut harus mampu meraih target yang diberikan dan melakukan laporan terhadap perusahaannya secara rutin. 

  • Programmer

    Bidang teknologi informasi atau IT memang identik sebagai profesi dengan metode kerja remote. Selayaknya content writer, programmer biasanya juga bebas memilih tempat kerjanya sendiri dan menggunakan perangkatnya sendiri. Dengan tugas menguji program menggunakan aplikasi bahasa pemrograman, tak mengherankan jika remote working biasa dilakukan oleh programmer. 

  • Data Entry

    Gemar berkutat dan mengolah data? Posisi data entry tampaknya cocok buat kamu jadikan sebagai opsi profesi yang memiliki sistem kerja remote. Bertugas menginput atau memasukkan data dari sejumlah sumber menuju sistem komputer perusahaan, seorang data entry tak harus selalu berada di kantor untuk menjalani pekerjaannya. 

  • Graphic Designer

    Kerja remote juga bisa kamu dapatkan saat memutuskan untuk menjadi seorang graphic designer. Seperti content writer, profesi ini juga bisa dilakukan secara freelance atau full time dengan menjalin kontrak dengan sebuah perusahaan. Asal memiliki portofolio bagus dan meyakinkan, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk bisa mendapatkan client sebagai graphic designer dan menuntaskan proyek tersebut dari rumah atau tempat manapun yang kamu mau.

  • Customer Service

    Berkat kemajuan teknologi, kini profesi customer service atau pelayanan pelanggan tak mengharuskan karyawannya untuk datang ke kantor alias bekerja secara remote. Bertanggung jawab untuk berhubungan langsung dengan pelanggan atau konsumen melalui telepon dan internet, tak sedikit perusahaan yang membolehkan customer service untuk bekerja dari rumah. Yang terpenting, jika ingin menekuni jalan karier ini, pastikan untuk mengasah kemampuan komunikasi dan pemasaran terlebih dahulu.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Kerja Sama dengan Teman Kerja Sekantor

Kelebihan Remote Working

Seperti yang sempat dibahas sedikit sebelumnya, manfaat yang seringkali dirasakan oleh orang yang bekerja secara remote adalah keseimbangan yang terjaga antara urusan pekerjaan dan hidup atau work-life balance. Beberapa aktivitas sehari-hari yang tak dapat ditinggalkan, seperti mengurus anak, tanggung jawab di rumah, hingga menjalani hobi, tetap bisa dijalani dengan tanpa hambatan. 

Di sisi lain, berdasarkan penjelasan dari Remote Year, karyawan yang bekerja secara remote memiliki kecenderungan untuk meningkatkan produktivitas pekerjaannya. Selain itu, pengeluaran untuk kebutuhan transportasi, makan siang, dan semacamnya juga tak akan ditemui oleh para pekerja remote. Jadi, pengeluaran pun bisa ditekan dan dialihkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting.

Tips Mencari Lowongan Remote Working

Setelah memahami pengertian remote working, kamu mungkin merasa tertarik untuk mencari lowongan pekerjaan dengan sistem kerja tersebut. Pada dasarnya, dewasa ini, lowongan pekerjaan dengan ketentuan kerja remote tak terlalu sulit untuk dicari. Meski begitu, agar proses pencariannya bisa lebih mudah dan maksimal, simak beberapa tips mencari lowongan remote working berikut ini. 

  • Pahami Bidang Karier yang Bisa Dikerjakan secara Remote

    Hal penting yang perlu kamu sadari saat mencari pekerjaan secara remote adalah memahami jenis keterampilan atau jabatan yang memenuhi kualifikasi jenis pekerjaan tersebut. Untuk saat ini, mungkin kamu bisa menjadikan contoh pekerjaan di atas sebagai referensinya. Namun, bukan tak mungkin ada beragam jenis pekerjaan lain sesuai dengan keahlianmu yang ternyata bisa dilakukan secara mobile, fleksibel, dan jarak jauh. 

  • Bangun Portofolio Semenarik Mungkin

    Kendala utama yang seringkali dirasakan oleh seseorang yang baru pertama kali mencari lowongan remote working adalah tak memiliki portofolio pekerjaan untuk menarik hati pemberi kerja. Kerja remote yang dibatasi oleh waktu dan jarak seringkali menghambat calon karyawan dengan pewawancara kerja bertemu. Oleh karena itu, karena tak bisa optimal menggali kualitas calon karyawannya, salah satu aspek mendasar yang pasti dilihat oleh pihak pemberi kerja adalah portofolio kerjanya.

  • Ketahui Perusahaan yang Membuka Lowongan Kerja Remote

    Kerja remote bisa kamu jalani dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja tetap di sebuah perusahaan. Saat menjadi freelancer, kamu bisa mengunjungi berbagai situs yang menjadi platform bertemunya pemberi kerja dengan pencari kerja. Selain itu, perluas relasi dan hubungan agar bisa mendapatkan informasi terkait perusahaan atau klien yang bersedia memberikan kesempatan kerja secara remote. 

  • Gabung Komunitas tentang Pekerjaan Maupun Lowongan Kerja

    Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan kesempatan dengan bergabung di sejumlah komunitas yang membahas tentang pekerjaan atau lowongan kerja. Tak hanya bisa mendapatkan tawaran kerja remote, kamu juga dapat saling berbagi keluh kesah pekerjaan maupun pengalaman dan diskusi tentang dunia kerja. 

Siapa Bilang Bekerja Selalu Harus ke Luar Rumah?

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu remote working, contoh pekerjaan, manfaat, dan tips mendapatkan pekerjaan dengan metode tersebut. Kerja remote ini umumnya dicari oleh para ibu rumah tangga, orang dengan kesibukan lain yang tak dapat ditinggalkan, atau sekadar menginginkan fleksibilitas pada pekerjaannya. Nah, jika kamu adalah salah satunya, profesi dengan sistem ini tentu layak untuk dijadikan pilihan.

Baca Juga: Tips Agar Kerja Anda Menjadi Produktif