Tentang Kredit Mobil Toyota

Menguasai pasar mobil Indonesia sejak tahun 2012 hingga kini, Toyota merupakan mobil yang paling banyak mendapat kepercayaan pemakai mobil di tanah air. Rata-rata penjualan setiap tahun mencapai di atas 400 ribu unit.

Jumlah ini di atas Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi. Salah satu faktor keberhasilan mengapa selama lima tahun terakhir Toyota selalu peringkat pertama soal penjualan di banding merek-merek bear lainya, tentu karena Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil yang telah lama memproduksi serta memasarkan produk-produk mobil di tanah air.

Maka kepercayaan masyarakat pun telah terbangun dengan pabrik asal Jepang ini. Apalagi Toyota juga memberikan pelayanan sangat memuaskan kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik. Lalu bagaimana perjalanan pabrikan asal Jepang ini berkembang di tanah air?

Didirikan sejak September 1933, Toyota merupakan divisi mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Kemudian dipisahkan pada 27 Agustus 1937 dengan mengambil nama Toyota Motor Corporation hingga saat ini.

Meski awalnya hanyalah industri tekstil, perusahaan ini mampu menghasilkan 1 mobil dalam waktu 50 menit lebih memilih menggunakan nama Toyota dibanding Toyoda yang merupakan nama keluarga pendiri hanya karena lebih enak disebut. Berbeda dengan industri otomotif lain yang memakai nama pendirinya sebagai merek dagang seperti Soichiro Honda untuk merek Honda, Gottlieb Daimler dan Karl Benz untuk Daimler-Benz, Henry Ford untuk Ford. Penyebutan Toyoda tidak akrab ditelinga dan kurang enak didengar maka diubah menjadi Toyota.

Pabrikan terbesar asal Jepang ini menghasilkan 8 hingga 8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya berasal dari laki-laki yang lahir bulan Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Sejak berusia belasan tahun, Pria ini dikenal sebagai penemu. Di usia 30 tahun Toyoda mampu menyelesaikan mesin tenun yang menjadi cikal bakal perakitan Toyoda Automatic Loom Works, Ltd.

Hasil penjualan paten mesin tenun, dijadikan modal pengembangan divisi otomotif. Pada 1934, Mesin Tipe A berhasil dirampungkan yang kemudian dicangkokkan prototipe pertama mobil penumpang mereka, A1. Pada 1936 Toyota pertama kali meluncurkan mobil penumpang, Toyoda AA. Model ini merupakan prototipe model A1 (mobil rakyat).

Empat tahun berjalan, tepatnya 1937 mereka meresmikan divisi otomotif dan memakai nama Toyota. Toyota dalam bahasa Jepang mewakili 8 karakter, angka delapan, juga angka keberuntungan bagi masyarakat Jepang. Terlebih juga Toyota lebih mencerminkan gaya hidup di banding Toyoda yang kaku.

Setelah era Perang Dunia II berakhir, pada 1950-an Toyota menghasilkan kendaraan serba guna tangguh prototipe Land Cruiser. Pada tahun itu pula Toyota mendirikan Toyota Motor Sales co., Ltd, menangani penjualan, pemasaran dan distribusi Toyota. Setahun kemudian Land Cruiser model BJ secara resmi diluncurkan.

Tak butuh waktu lama, Toyota Land Cruiser mampu menandingi dominasi Jeep Willys. Toyota Land Cruiser bahkan bisa diterima pasar Amerika Utara yang kala itu sulit ditembus. Lewat model ini pula, Toyota masuk ke pasar berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia dengan nama Toyota Hardtop Land Cruiser FJ40/45. Bahkan di Afrika, Toyota Land Cruiser ini digunakan sebagai Technica alias jip bersenjata yang dibekali senapan mesin ringan dan berat hingga senjata berat dan diterjunkan sepanjang konflik bersenjata dengan kinerja sangat tangguh.

Pada 1961, Toyota mengeluarkan model Publica dan selang lima tahun kemudian meluncurkan model Corolla. Dua kendaraan yang memiliki pangsa pasar tersendiri. Tetapi pada waktu itu Toyota belum memiliki logo, baru pada 1989 logo Toyota keluar. Dan pada 1990-an, Toyota semakin membuktikan dapat bersaing dengan mobil Eropa dan Amerika, dengan dua bukti sekaligus. Toyota Celica menjadi juara rally dunia, dan Toyota Camry menjadi mobil paling laris di Amerika. Hingga pada akhirnya 1999 Toyota mengakuisisi 51,19% saham Daihatsu dan membeli 50,11% saham Hino pada 2001.

Sebagai mobil paling laris di Indonesia, sudah tentu Toyota memiliki segudang kelebihan jika di bandingkan dengan merek dagang lainya antara lain:

  • Ketersediaan Sparepart yang mudah di dapat: Sparepart Mobil Toyota sangat mudah didapatkan dari mulai di bengkel resmi hingga toko penjualan sparepart biasa. Bahkan untuk mobil-mobil lawas, Toyota tetap memproduksi sparepartnya. Mulai dari sparepart original sampai yang bermacam-macam kualitasnya mudah didapat di mana saja. Hal ini memberikan pengguna lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.
  • Harga Sparepart terjangkau: Selain ketersediaan dan mudah untuk didapatkan, harga sparepart mobil keluaran Toyota sangat ramah dengan kantung jika dibandingkan dengan mobil buatan Jepang lain seperti Mazda dan Nissan yang tergolong lebih mahal.
  • Bengkel resmi mudah Ditemui: Hampir di seluruh penjuru wilayah tanah air terdapat bengkel resmi Mobil Toyota berbeda dengan perusahaan perakitan mobil yang lain. Dengan ketersediaan bengkel resmi yang tersebar hampir di seluruh penjuru, pemilik Toyota tidak akan kesulitan melakukan perawatan dan perbaikan untuk Mobil Toyota mereka.
  • Setiap Produk Toyota memiliki inovasi terdepan: Keunggulan berikutnya ada pada tingkat inovasi. Dengan tenaga kerja handal yang tersebar di seluruh penjuru dunia, membuat Toyota menjadi salah satu perusahaan yang sangat kaya dengan inovasi terbaru. Bahkan Toyota sering menjadi inovator pertama dalam bidang otomotif yang banyak ditiru oleh otomotif lain.
  • Purna Jual Mobil Buatan Toyota Tinggi: Mobil buatan Toyota memiliki purna jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan purna jual merk lain. Hal ini karena tingkat kepercayaan konsumen terhadap Toyota sangat tinggi dibanding mobil lain.

Harga sebuah kendaraan selalu dibagi menjadi dua, On The Road (OTR) dan Off The Road. Ini istilah yang pasti Anda temui jika membeli kendaraan tak terkecuali Mobil Toyota. Harga On The Road (OTR) Mobil Toyota berarti harga kendaraan mobil sudah meliputi harga untuk kepengurusan surat-surat kendaraan Mobil Toyota tersebut, seperti STNK, PBKB dan juga plat Nomor. Sebaliknya harga Off The Road (OTR), hanyalah untuk kendaraanya saja. Belum termasuk surat-surat Mobil Toyota seperti STNK, PBKB dan Plat Nomor. Sehingga jika memilih Off The Road berarti akan di kenai biaya ekstra lagi untuk mengurus surat-surat tersebut. Jadi secara otomatis, harga On The Road (OTR) mobi Toyota lebih mahal ketimbang Off The Road Mobil Toyota.

Pada umumnya, bagi Anda yang menginginkan membeli Mobil Toyota dapat melakukan transaksi jual beli dengan offline (konvensional) atau Online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Jika dibandingan dengan sistem offline, membeli Mobil Toyota secara online memliki beberapa kelebihan:

  • Layanan pelanggan lengkap. Salah satu keunggulan membeli Mobil Toyota secara online adalah bentuk layananya yang lengkap dan ramah. Juga, Anda dapat melihat spesifikasi mobil secara detail dibanding secara offline.
  • Minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan dan menyita waktu Anda.
  • Jika Anda masih ragu membayar bayar uang secara online, membeli mobil secara online tidaklah demikian. Anda dapat mendatangi dealer untuk melakukan transaksi secara langsung setelah Anda menyukai mobil yang Anda lihat dari online. Jadi walau belinya online, bayarnya bisa offline.
  • Tidak ada tawar-menawar. Membeli mobil secara online biasanya tanpa proses tawar menawar. Anda akan menerima pemberitahuan berupa kisaran harga sehingga dapat terlebih dulu Anda bandingkan dengan yang lain.

Syarat kredit Mobil Toyota secara umum sama dengan yang lainya. Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan kepada leasing, diantaranya:

Jika Anda Perorangan:

  • Foto Copy Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Foto Copy KTP ( Suami dan Istri )
  • Foto Copy PBB atau Akta Jual Beli Rumah
  • Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Keterangan Kerja
  • Foto Copy SIUP & NPWP untuk Wiraswasta atau Selip Gaji

Jika Anda Perusahaan:

  • Foto copy NPWP
  • Foto copy Domisili perusahaan
  • Foto copy Akte Perusahaan
  • Foto copy rekening koran
  • Foto copy KTP direksi
  • Foto copy SIUP & TDP

Jika sudah melengkapi data tersebut, silakan tentukan Total DP serta Jangka waktu angsuran (TENOR) untuk menentukan besar kecilnya cicilan Mobil Toyota tiap bulannya. Sudah tentu, makin besar DP makin kecil bayar cicilanya.

Bila Anda ingin menghitung perkiraan harga mobil yang akan Anda beli, Anda bisa melakukan penghitungan dengan kalkulator simulasi kredit mobil agar bisa mendapatkan harga dan jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan Anda