Tentang Kredit Mobil Suzuki

Menjadi salah satu anggota Big Four bersama dengan Honda, Yamaha, dan Kawasaki di jepang, Suzuki kerap mengalami jumlah penjualan yang fluktuatif di Indonesia. Sejak lima tahun kebelakang, posisinya selalu berputar di posisi tiga hingga turun ke lima. Tetapi secara keseluruhan di Indonesia, Suzuki selalu masuk lima besar mobil yang paling di minati di Indonesia besama dengan Toyota, Daihatsu, Honda, dan Mitsubishi. Setiap tahun, Suzuki mampu menjual rata-rata 150 ribu unit mobil lebih di Indonesia. Tetapi tak banyak yang tahu, bagaimana kesuksesan itu dapat di raih.

Didirikan oleh Michio Suzuki, Suzuki dulunya tak lebih hanyalah sebuah pabrik tenun. Michio Suzuki yang lahir pada 10 Februari 1887 adalah seorang anak dari petani kapas tradisional Jepang yang memiliki keahlian dalam inovasi sejak kecil. Baru menginjak usia 22 tahun saja, Michio Suzuki menciptakan alat tenun kayu dengan sistem operasi dari pedal. Karena mendapat sambutan baik dari konsumen, Michio Suzuki mendirikan pabrik Suzuki Loom Wooks, kemudian pada 15 Maret 1920 membangun lagi Suzuki Loom Manufacturing Company,Inc. Dua tahun kemudian, dua perusahaan itu mendapat penghargaan sebagai perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang.

Pada 1930-an, perekonomian Negeri Matahari Terbit kacau balau yang berimpas pula pada permintaan mesin tenun. Hingga akhirnya Suzuki berhenti berinovasi. Dan memutuskan berkecimpung di dunia otomotif sebab menganggap mesin tenun dan mesin otomotif memiliki kesamaan.

Langkah awal di ambil Suzuki dengan mendatangkan mobil Austin Martin pabrikan Inggris. Dengan mempreteli mobil tersebut mereka membuat duplikat mobil dengan 737cc Austin Martin pabrikan Inggris tersebut. Sayang, produk ini gagal karena banyak di cibir menjiplak mobil Eropa.

Usai mengalami kegagalan di produk otomotif pertamanaya yang memang tidak tepat secara peluncuran, sebab kala itu jepang sedang dalam masa perang. Suzuki banting setir dan memutuskan untuk membangun pabrik yang memproduksi alat perang untuk kebutuhan Jepang. Hingga pada 1939-1940, Suzuki memutuskan untuk membagi modalnya, 15 persen untuk produksi mesin tenun, 10 persen untuk produksi mesin pembuat kain sarung, selebihnya untuk modal pabrik peralatan perang.

Keputusanya pindah memproduksi alat perang, adalah keputusan yang tepat. Suzuki memperoleh keuntungan besar. ternyata mimpi Suzuki untuk membangun pabrik otomotif belum usai. Keuntungan memproduksi alat perang di gunakan Suzuki untuk kembali ke dunia otomotif, tetapi tidak lagi memproduksi mobil biasa, melainkan piston, blok mesin, dan kruk-As, yang bermesin 6 silinder untuk kebutuhan endaraan perang tentara Jepang. Akhirnya pada 1941 Tokyo Automobile Industries Company menunjuk Suzuki sebagai sub-kontraktor untuk memproduksi kendaraan perang sehingga jalannya ke dunia otomotif makin terbuka lebar.

Sayangnya, musibah kembali menimpa Suzuki. Gempa besar mengguncang Jepang termasuk meluluhlantakan pabrik Suzuki yang baru berkembang itu. Hampir seperempat karyawan Suzuki, tewas. Tak hanya sampai di situ, nasib sial kembali menimpa Michio Suzuki saat pesawat Amerika membombardir Hamamatsu termasuk pabrik Suzuki. Maka akhirnya, dengan terpaksa Suzuki dibubarkan oleh tentara jepang beserta seluruh aktivitasnya di daerah tersebut.

Meski demikian, Suzuki tetap tak menyerah, mereka tetap bangkit dengan menyiapkan dua lokasi untuk merelokasi pabrik Suzuki di Aioi Town dan Takatsuka. Sayang, nasib buruk belum juga berhenti. Belum juga pabrik baru itu berkembang tentara sekutu sudah menyikat habis dua pabrik tersebut.

Michio Suzuki dan segenap staff tak pernah menyerah, sebagaimana identik semangatnya orang jepang. Usai jepang kalah dari perang, mereka kembali berusaha dengan menjual apa saja yang bisa dijual untuk memproduksi apa saja yang bisa diproduksi. Hingga akhirnya, mereka beralih memproduksi sabit, cangkul, dan drum tangki.

Dengan di ijinkanya mereka memproduksi kembali mesin tenun oleh sekutu, maka Suzuki kembali beralih memproduksi mesin tenun kembali setelah hasil produksi sabit, cangkul, dan drum tangki bisa digunakan sebagai modal. Hingga pada akhirnya pada tahun 1951, Suzuki resmi kembali berkecimpung di dunia otomotif, meski masih pada kendaraan roda dua atas ide anak dari Michio Suzuki, yaitu Shunzo Suzuki.

Suzuki telah beredar di Indonesia sejak tahun 1968 dengan mobil pertamanya bernama Suzuki Fronte. Mobil yang mengusung mesin berkekuatan 2 tak ini masuk melalui jalur di Surabaya. Sebelum akhirnya pada tahun 1977, Suzuki mengeluarkan mobil berbentuk Pick up pertamanya di Indonesia dengan nama Suzuki Truntung.

Mobil ini tak terlalu mendapat respon positif dari masyarakat, hingga pada 1985 Suzuki kembali mengeluarkan mobil hatchback pertama di Indonesia dengan nama Suzuki Forsa. Barulah pada tahun 1991, mobil sedan pertama Suzuki berhasil dikeluarkan di Indonesia dengan nama Suzuki Esteem.

Tahun-tahun berikutnya, Suzuki berhasil mengeluarkan beberapa produk mobil. Tahun 1992 mengeluarkan mobil Suzuki Vitara, kemudian Suzuki Escudo 2 tahun setelahnya. Lalu tahun 1996 mengeluarkan Suzuki Baleno, yang merupakan produk cukup laris keluaran pabrik Suzuki di Indonesia.

Tahun 1999 Suzuki mengeluarkan Suzuki Karimun, tahun 2000 mengeluarkan Suzuki Vitara, tahun 2004 mengeluarkan produk APV yakni Suzuki APV, Tahun 2006 menghadirkan 3 varian mobil baru yakni Grand Vitara JLX, SuzukiSwift GT dan Carry 1.5 lalu pada tahun 2010, Suzuki mengumumkan Mobil hatchback jenis Suzuki Splash pertama kali dipasaran. Tahun 2011, Suzuki mengeluarkan Mega Carry Pick up dan tahun 2013 Suzuki mengelarkan Suzuki Ertiga untuk pesaing Avanza dan Xenia yang terlebih dahulu muncul di pasaran. Kemudian pada tiga tahun kebelakang, yakni Tahun 2014, Suzuki mengeluarkan Suzuki Wagon R. Tahun 2015, Suzuki Celerio dan Tahun 2016 berhasil meluncurkan Ertiga Dreza di pasaran.

Meski beredar mitos di masyarakat bahwa Suzuki kurang mumpuni, tetapi sebenarnya tidak ada fakta yang membuktikan demikian. Malahan Suzuki memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan sebelum membeli mobil, beberapa diantaranya:

  • Irit bahan bakar. Mobil keluaran Suzuki memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibanding dengan mobil merk lainnya yang sekelas. Hal ini dibuktikan dengan kendaraan angkutan kota serta angkutan pedesaan yang sejauh ini di dominasi mobil keluaran Suzuki.
  • Banyak Pilihan. Pilihan jenis mobil keluaran Suzuki memang banyak, sehingga memudahkan memilih mobil sesuai kebutuhan. Seperti layaknya pabrikan lain, produsen Suzuki bagaimana pun juga memberi varian yang lebih banyak, untuk memberi keleluasaan kepada calon konsumen dalam memilih.
  • Mudah mendapatkan onderdil. Dengan adanya sistem rakitan di dalam negeri memungkinkan konsumen untuk mendapatkan suku cadang asli. Kemudahan mencari suku cadang ini ada pula pada mobil Suzuki. Berbeda dengan mobil keluaran amerika dan eropa yang sangat sulit mencari suku cadang apalagi yang orsinil.
  • Harga mobil Suzuki lebih murah. Jika dibanding dengan mobil merk lainnya dengan kualitas seimbang, dari sisi harga, Suzuki tidak semahal mobil keluaran merek lain seperti Toyota. Tentu ini bukan berarti kualitasnya melainkan karena masalah pencitraan semata yang menganggap produsen Toyota lebih canggih dibanding Suzuki. Sehingga para penjual Toyota mematok harga lebih mahal.
  • Interior mobil Suzuki didesain mewah. Untuk kelas yang sama, kemewahan interior mobil keluaran Suzuki lebih unggul.

Harga sebuah kendaraan selalu dibagi menjadi dua, On The Road (OTR) dan Off The Road. Ini istilah yang pasti Anda temui jika membeli kendaraan tak terkecuali Mobil Suzuki. Harga On The Road (OTR) Mobil Suzuki berarti harga kendaraan mobil sudah meliputi harga untuk kepengurusan surat-surat kendaraan Mobil Suzuki tersebut, seperti STNK, PBKB dan juga plat Nomor. Sebaliknya harga Off The Road (OTR), hanyalah untuk kendaraanya saja. Belum termasuk surat-surat Mobil Suzuki seperti STNK, PBKB dan Plat Nomor. Sehingga jika memilih Off The Road berarti akan di kenai biaya ekstra lagi untuk mengurus surat-surat tersebut. Jadi secara otomatis, harga On The Road (OTR) mobi Suzuki lebih mahal ketimbang Off The Road Mobil Suzuki.

Pada umumnya, bagi Anda yang menginginkan membeli Mobil Suzuki dapat melakukan transaksi jual beli dengan offline (konvensional) atau Online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Jika dibandingan dengan sistem offline, membeli Mobil Suzuki secara online memliki beberapa kelebihan:

  • Layanan pelanggan lengkap. Salah satu keunggulan membeli Mobil Suzuki secara online adalah bentuk layananya yang lengkap dan ramah. Juga, Anda dapat melihat spesifikasi mobil secara detail dibanding secara offline.
  • Minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan dan menyita waktu Anda.
  • Jika Anda masih ragu membayar bayar uang secara online, membeli mobil secara online tidaklah demikian. Anda dapat mendatangi dealer untuk melakukan transaksi secara langsung setelah Anda menyukai mobil yang Anda lihat dari online. Jadi walau belinya online, bayarnya bisa offline.
  • Tidak ada tawar-menawar. Membeli mobil secara online biasanya tanpa proses tawar menawar. Anda akan menerima pemberitahuan berupa kisaran harga sehingga dapat terlebih dulu Anda bandingkan dengan yang lain.

Syarat kredit Mobil Suzuki secara umum sama dengan yang lainya. Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan kepada leasing, diantaranya:

Jika Anda Perorangan:

  • Foto Copy Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Foto Copy KTP ( Suami dan Istri )
  • Foto Copy PBB atau Akta Jual Beli Rumah
  • Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Keterangan Kerja
  • Foto Copy SIUP & NPWP untuk Wiraswasta atau Selip Gaji

Jika Anda Perusahaan:

  • Foto copy NPWP
  • Foto copy Domisili perusahaan
  • Foto copy Akte Perusahaan
  • Foto copy rekening koran
  • Foto copy KTP direksi
  • Foto copy SIUP & TDP

Jika sudah melengkapi data tersebut, silakan tentukan Total DP serta Jangka waktu angsuran (TENOR) untuk menentukan besar kecilnya cicilan Mobil Suzuki tiap bulannya. Sudah tentu, makin besar DP makin kecil bayar cicilanya.

Bila Anda ingin menghitung perkiraan harga mobil yang akan Anda beli, Anda bisa melakukan penghitungan dengan kalkulator simulasi kredit mobil agar bisa mendapatkan harga dan jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan Anda

Cermati.com menyediakan berbagai macam produk mobil Suzuki terbaru yang dapat Anda ajukan yang tentunya berkualitas dan memiliki berbagai macam fitur dan harga yang terjangkau seperti: