Tentang Kredit Mobil Daihatsu

Sebagai salah satu penguasa pasar mobil di Indonesia, pantas jika Daihatsu amat familiar di telinga masyarakat tanah air. Kehebatanya bahkan menempatkanya sebagai perakitan mobil nomor dua terlaris di Indonesia sejak lima tahun terakhir di bawah Toyota. Selain menyediakan berbagai macam produk kendaraan yang memadai dari segi kualitas, Daihatsu juga menawarkan mobil dengan harga yang bervariatif dan menjangkau segala jenis lapisan masyarakat mulai dari masyarakatan menengah sampai dengan masyarakat kelas atas. Dengan segmen harga yang bervariatif ini, tidak heran jika mobil-mobil Daihatsu turut menjadi primadona di kalangan masyarakat yang ingin memiliki mobil terjangkau sampai dengan mobil dengan fitur dan harga yang mahal.

Segmen harga yang bervariatif ini juga menjadi salah satu hasil dari berdirinya pabrik perakitan di Indonesia. pabrik yang berlokasi di Sunter dan Karawang ini mampu menghasilkan kurang lebih 300 ribu unit kendaraan setiap tahun. Tentunya dengan bahan-bahan pembuatan yang berasal dari Indonesia dan luar negeri, pabrik ini mampu memproduksi kendaraan dengan harga yang terjangkau dan dengan harga yang kompetitif untuk masyarakat Indonesia.

Daihatsu tak lain adalah perusahaan tertua di Jepang yang memproduksi mobil. Di mulai pada tahun 1907 oleh Y. Yasanuga dan M. Tsurumi dengan nama Hatsudoki Co., Ltd. Awalnya perusahaan tersebut hanya memproduksi mobil roda tiga dengan kapasitas mesin 500 cc. Meski beroprasi sejak 1907, tetapi mbil buatanya baru mampu di produksi dan dikenalkan pada pasar pada tahun 1930. Tidak ada catatan yang menyebutkan bagaimana bentuk dan nama mobil yang pertama kali di produksi. Baru setelah selang tujuh tahun kemudian, Hatsudoki Co., Ltd berhasil memproduksi mobil pertama mereka yang beroda empat. Kapasitas mobil pertama yang mereka buat masih sangat kecil dan dengan bentuk mesin sederhana.

Baru pada tahun 1951, Daihatsu Motor Co., Ltd berdiri menggantikan nama Hatsudoki Co., Ltd. Di tahun yang sama pula, mereka memproduksi mobil dengan mesin berkapasitas di atas seribu cc, juga mobil diesel, termasuk pula jenis truk. Tahun-tahun berikutnya, perusahaan terus berkembang. Sampai pada akhirnya mereka bekerjasama dengan Toyota.

Tahun 1967, Daihatsu bekerjasama dengan Toyota, tujuanya untuk membuka pangsa pasar mereka di Eropa. Sayangnya kerjasama ini tak dapat berlangsung lama karena Daihatsu mengalami kebangkrutan. Tepatnya pada tahun 1992, Daihatsu menjual lima puluh satu persen saham mereka kepada Toyota Motor Corporation, sehingga menjadikan Daihatsu anak perusaan Toyota hingga hari ini.

Tahun 1973, Daihatsu untuk pertama kalinya masuk ke Indonesia seiring dengan PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) yang mendapat ijin serta mAndat dari pemerintah untuk mengimpor mobil rakitan Daihatsu ke Indonesia. Tetapi baru pada tahun 1976 PT. ADM, resmi ditunjuk oleh Daihatsu Motor Co., Ltd sebagai agen tunggal, importir sekaligus distributor (ATPM) kendaraan Daihatsu di Indonesia.

Mobil pertama yang di impor ke Indonesia adalah Daihatsu Midget atau populer dengan nama bemo sebagai produk Daihatsu pertama hadir ditanah air Indonesia tahun 1965. Baru pada tahun 1971 Daihatsu muncul di Indonesia dengan generasi ketiga mereka, Hijet pick-up. Lalu pada tahun 1976 Daihatsu Cab 550 atau Daihatsu 55 wide di impor juga ke Indonesia. Daihatsu 55 wide inilah yang nantinya lahir sebagai hijet 1000, espass 1600 supervan dan neoZebra.

Sementara untuk jenis jeep Daihatsu hadir pada tahun 1977 sampai tahun 1983 dengan Daihatsu Taft Kebo yang nantinya melahirkan generasi taft GT, Rocky dan Hiline minibus serta pickup tahun 1984. Dan untuk jenis sedan, Daihatsu hadir pada tahun 1980 dengan Daihatsu charade yang kemudian melahirkan sedan hatback Daihatsu winner tahun 1990 dan Daihatsu classy hingga suzuki esteem tahun 1998.

Di tahun 2004, kolaborasinya dengan Toyota melahirkan Xenia Avanza yang kemudian berlanjut dengan Rush Terios dan Agya Ayla. Daihatsu terus berkembang dan membangun dirinya menjadi perusahaan yang memiliki kepercayaan diri dan kebanggaan. Slogan baru mereka "Innovation for Tomorrow" selalu menjadi komitmen dan cara mewujudkan inovasi mereka.

Sebagai mobil dengan brand berkualitas tentu saja Daihatsu memiliki berbagai macam kelebihan yaitu diantaranya:

  • Ketersediaan Sparepart yang mudah di dapat: Sparepart Mobil Daihatsu sangat mudah didapatkan dari mulai di bengkel resmi hingga toko penjualan sparepart biasa. Bahkan untuk mobil-mobil lawas, Daihatsu tetap memproduksi sparepartnya. Dengan berbagai macam kualias barang yang ditawarkan maka semakin mudah untuk di dapatkan. Hal ini memberikan pengguna lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan.
  • Harga Sparepart terjangkau: Selain ketersediaan mudah untuk didapatkan, harga sparepart mobil keluaran Daihatsu sangat ramah dengan kantung jika dibandingkan dengan mobil buatan Jepang lain seperti Mazda dan Nissan, harga sparepart Daihatsu digolongkan lebih murah.
  • Bengkel resmi mudah Ditemui: Hampir di seluruh penjuru wilayah tanah air terdapat bengkel resmi Mobil Daihatsu berbeda dengan perusahaan perakitan mobil yang lain. Dengan ketersediaan bengkel resmi yang tersebar hampir di seluruh penjuru, pemilik Daihatsu tidak akan kesulitan melakukan perawatan dan maintainence untuk Mobil Daihatsu mereka.
  • Setiap Produk Daihatsu memiliki inovasi terdepan: Keunggulan berikutnya ada pada tingkat inovasi. Dengan tenaga kerja handal yang tersebar di seluruh penjuru dunia, membuat Daihatsu menjadi salah satu perusahaan yang sangat kaya dengan inovasi terbaru. Bahkan Daihatsu sering menjadi inovator pertama dalam bidang otomotif yang banyak ditiru oleh otomotif lain.
  • Purna Jual Mobil Buatan Daihatsu Tinggi: Mobil buatan Daihatsu memiliki purna jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan purna jual merk lain. Hal ini karena tingkat kepercayaan konsumen terhadap Daihatsu sangat tinggi dibanding mobil lain.

Harga sebuah kendaraan selalu dibagi menjadi dua, On The Road (OTR) dan Off The Road. Ini istilah yang pasti Anda temui jika membeli kendaraan tak terkecuali Mobil Daihatsu. Harga On The Road (OTR) Mobil Daihatsu berarti harga kendaraan mobil sudah meliputi harga untuk kepengurusan surat-surat kendaraan Mobil Daihatsu tersebut, seperti STNK, PBKB dan juga plat Nomor. Sebaliknya harga Off The Road (OTR), hanyalah untuk kendaraanya saja. Belum termasuk surat-surat Mobil Daihatsu seperti STNK, PBKB dan Plat Nomor. Sehingga jika memilih Off The Road berarti akan di kenai biaya ekstra lagi untuk mengurus surat-surat tersebut. Jadi secara otomatis, harga On The Road (OTR) mobi Daihatsu lebih mahal ketimbang Off The Road Mobil Daihatsu.

Pada umumnya, bagi Anda yang menginginkan membeli Mobil Daihatsu dapat melakukan transaksi jual beli dengan offline (konvensional) atau Online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Jika dibandingan dengan sistem offline, membeli Mobil Daihatsu secara online memliki beberapa kelebihan:

  • Layanan pelanggan lengkap. Salah satu keunggulan membeli Mobil Daihatsu secara online adalah bentuk layananya yang lengkap dan ramah. Juga, Anda dapat melihat spesifikasi mobil secara detail dibanding secara offline.
  • Minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan dan menyita waktu Anda.
  • Jika Anda masih ragu membayar bayar uang secara online, membeli mobil secara online tidaklah demikian. Anda dapat mendatangi dealer untuk melakukan transaksi secara langsung setelah Anda menyukai mobil yang Anda lihat dari online. Jadi walau belinya online, bayarnya bisa offline.
  • Tidak ada tawar-menawar. Membeli mobil secara online biasanya tanpa proses tawar menawar. Anda akan menerima pemberitahuan berupa kisaran harga sehingga dapat terlebih dulu Anda bandingkan dengan yang lain.

Syarat kredit Mobil Daihatsu secara umum sama dengan yang lainya. Berikut beberapa persyaratan yang perlu Anda siapkan kepada leasing, diantaranya:

Jika Anda Perorangan:

  • Foto Copy Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Foto Copy KTP ( Suami dan Istri )
  • Foto Copy PBB atau Akta Jual Beli Rumah
  • Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Keterangan Kerja
  • Foto Copy SIUP & NPWP untuk Wiraswasta atau Selip Gaji

Jika Anda Perusahaan:

  • Foto copy NPWP
  • Foto copy Domisili perusahaan
  • Foto copy Akte Perusahaan
  • Foto copy rekening koran
  • Foto copy KTP direksi
  • Foto copy SIUP & TDP

Jika sudah melengkapi data tersebut, silakan tentukan Total DP serta Jangka waktu angsuran (TENOR) untuk menentukan besar kecilnya cicilan Mobil Daihatsu tiap bulannya. Sudah tentu, makin besar DP makin kecil bayar cicilanya.

Bila Anda ingin menghitung perkiraan harga mobil yang akan Anda beli, Anda bisa melakukan penghitungan dengan kalkulator simulasi kredit mobil agar bisa mendapatkan harga dan jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kemampuan Anda

Cermati.com menyediakan berbagai macam produk mobil Daihatsu terbaru yang dapat Anda ajukan yang tentunya berkualitas dan memiliki berbagai macam fitur dan harga yang terjangkau seperti: