Produk Reksa Dana Bahana TCW Investment Management

Produk Reksa Dana Bahana TCW Investment ManagementJenis Reksa Dana

Bahana Likuid Syariah Kelas G

Pasar Uang

Bahana Dana Likuid

Pasar Uang

Bahana Mes Syariah Fund Kelas G

Pendapatan Tetap

Bahana Primavera Plus

Saham

Bahana Primavera 99 Kelas G

Saham

Tentang Bahana TCW Investment Management

Pada dasarnya, Bahana TCW Investment Management adalah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen investasi dan didirikan di tahun 1973, tepatnya tanggal 17 April. Sejatinya, Bahana TCW Investment Management merupakan anak perusahaan dari Indonesia Financial Group atau IFG dan tergolong sebagai perusahaan perseroan Badan Usaha Milik Negara alias BUMN.

Dalam kata lain, 100 persen kepemilikan saham dari perusahaan ini berada di tangan Pemerintah Indonesia. Meski begitu, perusahaan ini juga dibentuk melalui kerja sama dengan Perusahaan Manajer Investasi Global asal Amerika Serikat, yaitu Trust Company of the West atau TCW.

Dengan rekam jejak pengalaman yang panjang, Bahana TCW Investment Management terbukti telah berhasil melewati berbagai krisis ekonomi, entah itu dalam skala global ataupun domestik. Hal tersebut tentu bisa menjadi bukti kepiawaian perusahaan manajemen investasi ini dalam menyediakan layanan yang profesional dan kokoh berdiri sampai saat ini.

Tidak hanya mengelola aset investasi individu, perusahaan ini juga mengelola aset dari sejumlah institusi terkemuka. Layanan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga didistribusikan via 15 perbankan distributor serta 17 agen penjual non perbankan, misalnya sekuritas, supermarket reksa dana, e-commerce, dan lain sebagainya.

Di samping itu, Bahana TCW Investment Management juga termasuk sebagai salah satu dari 2 Manajer Investasi paling besar yang ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui jumlah dana kelolaan dari perusahaan ini yang mencapai nominal 48,5 triliun rupiah per Desember 2022.

Terkait produk investasi yang disediakan oleh Bahana TCW Investment Management mencakup reksa dana, reksa dana syariah, dan endowment fund atau dana abadi. Masing-masing kategori instrumen investasi tersebut pun memiliki ragam produk yang berbeda dengan karakteristik serta keunggulan tersendiri.

Struktur manajemen dari Bahana TCW Investment Management diisi oleh jajaran komisaris dan dewan direksi dari individu yang memiliki segudang pengalaman serta kompetensi. Berikut adalah struktur manajemen Bahana TCW Investment Management dan profil dari setiap individu yang mengisi jajarannya.

Nama

Jabatan

Profil Singkat

Pantro Pander Silitonga

Komisaris Utama

Posisi Komisaris Utama dari Bahana TCW Investment Management dipegang oleh Pantro Pander Silitonga sejak April 2021. Profil dari Pantro sendiri adalah seorang individu lulusan University of Chicago, Booth School of Business. 

Dengan pengalaman karier profesional dan keahlian teknikal dalam aspek finansial di Amerika, Timur Tengah, dan juga Asia Tenggara, Pantro memiliki perspektif yang luas untuk mengatasi berbagai masalah yang kompleks, seperti restrukturisasi perusahaan jasa keuangan, menciptakan pengaruh bisnis dari munculnya teknologi baru, dan mengembangkan bisnis kartu kredit dengan sistem syariah bebas riba. 

Marc I. Stern

Komisaris

Seorang pengacara asal Amerika Serikat yang juga berstatus sebagai dermawan dan eksekutif bisnis. Beliau telah mengisi posisi sebagai Komisaris dari Bahana TCW Investment Management sejak tahun 2013 dengan bekal pengalaman karier panjang di berbagai posisi penting dari TCW Group dari tahun 1990. 

Rukmi Proborini

Direktur Utama

Sebelum menduduki posisinya tersebut, Rukmi telah menjabat sebagai Direktur Marketing & Product Development di Bahana TCW Investment Management. Selain itu, beliau juga mempunyai pengalaman selama 9 tahun pada dunia perbankan internasional, dan 6 tahun pada Bahana Sekuritas dengan tugas mengawasi transaksi pasar modal, misalnya saham serta obligasi.

Budi Hikma

Kepala Ekonom

Posisi Kepala Ekonom Bahana TCW Investment Management berada di tangan Budi Hikmat dengan tanggung jawab lain sebagai Kepala Hubungan Investor. Beliau pernah dianugerahkan penghargaan sebagai Indonesia Best Domestic Macroeconomist oleh Asiamoney di tahun 2003. Budi Hikmat juga menjadi dosen serta peneliti senior Lembaga Penelitian Ekonomi & Sosial Universitas Indonesia.

Danica Adhitama

Direktur

Danica bertanggung jawab untuk memimpin divisi Marketing & Product Development dengan bekal pengalaman di sektor pasar modal dari tahun 2008. 

Melalui pengalaman selama lebih dari 13 tahun, beliau dipercaya untuk menangani bidang pengembangan bisnis & mitra distribusi. Sebelum mendapatkan jabatannya saat ini, Danica sudah memiliki sederet jenjang karier penting lain, seperti kepala divisi product development & services dan memiliki gelar Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia, serta izin sebagai Wakil Manajer Investasi dari OJK sejak tahun 2010 dan perpanjangan izin di tahun 2019.

Doni Firdaus

Direktur

Selain Danica, posisi Direktur juga diisi oleh Doni Firdaus. Tanggung jawab yang diemban oleh Doni adalah divisi Investment & Research dan kepercayaan tersebut diberikan berkat pengalaman beliau selama 17 tahun lebih pada industri pasar modal. Doni sendiri juga memiliki pengalaman pada divisi treasury, dan mempunyai gelar MBA IPMI Jakarta serta izin menjadi Wakil Manajer Investasi di tahun 2005.

Sebagai bukti keberhasilannya dalam menjalani bisnis manajemen investasi, Bahana TCW Investment Management telah mendapatkan sejumlah penghargaan dan pencapaian bergengsi, antara lain:

  • Mutual Fund Best Performance Award 2023 dari CNBC Indonesia.
  • Best Overall Asset & Fund Manager 2022.
  • Best Fund Manager for Pension Mandates & Private Retirement Schemes 2022.
  • Best Asset Manager (Money Market Funds) 2022.
  • Best Performing Asset Management in Global Fund 2021.

Selain itu, tentu masih ada banyak penghargaan dan pencapaian yang berhasil didapatkan oleh perusahaan ini berkat dari kepiawaiannya menjalankan bisnis di bidang aset manajemen.

Berikut adalah layanan customer service Bahana TCW Investment Management:

Telepon: (021) 2505585

Email: support.bahanatcw@bahana.co.id

Cermati.com berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pribadi Anda. Seluruh data atau informasi yang Anda masukkan selama proses pengajuan dilindungi menggunakan teknologi enkripsi dan keamanan termutakhir sehingga terlindungi dengan baik.

Agar keamanan data pribadi Anda tetap selalu terjaga, berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi
    Jangan pernah sembarangan memberikan informasi pribadi kepada siapapun di luar situs Cermati. Data pribadi yang dimaksud antara lain adalah informasi pribadi, sandi (password), KTP, Foto Selfie, NPWP, dll.
  • Jaga Kerahasiaan Kode OTP
    Jangan memberikan kode OTP yang masuk melalui SMS / e-mail kepada siapapun termasuk pihak-pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati.
  • Jangan Berkomentar Sembarangan
    Jangan pernah mempublikasikan data pribadi Anda di kolom komentar media sosial manapun agar tetap aman.
  • Waspada Terhadap Akun Media Sosial Palsu
    Hati-hati terhadap segala informasi yang diberikan oleh akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati. Berikut akun media sosial cermati yang terverifikasi:
  • Gunakan Aplikasi Resmi Cermati di Play Store
    Unduh aplikasi resmi Cermati melalui Play Store. Hindari mengunduh aplikasi Cermati dari website atau link lain selain dari Google Play Store.
  • Waspada Terhadap Link Mencurigakan
    Website resmi Cermati hanya bisa diakses pada domain https://www.cermati.com/. Mohon hati-hati apabila Anda menerima pesan atau informasi dari seseorang untuk mengakses/mengklik link tertentu di luar website atau akun media sosial resmi Cermati.
  • Perhatikan Alamat E-mail Resmi Cermati
    Penyampaian informasi promo, pengajuan, dan informasi lainnya via e-mail hanya dilakukan lewat alamat e-mail resmi Cermati berikut ini:
    • @cermati.com
    • @newsletter.cermati.com
    • @info.cermati.com
    Abaikan apabila menerima e-mail lain dengan alamat berbeda yang mengatasnamakan diri sebagai pihak Cermati.
  • Selalu Perbarui Sandi Akun Cermati Anda
    Supaya akun tetap aman, perbarui sandi akun Cermati Anda setiap 3 bulan sekali. Pembaruan sandi bisa dilakukan melalui menu akun saya dan pilih ganti kata sandi. Apabila lalai atau merasa akun Anda tidak aman, segera lakukan pergantian sandi akun Cermati Anda supaya akun tetap aman.