Produk Reksa Dana Principal Asset Management

Tentang Principal Asset Management

Principal Asset Management, atau bisa juga disebut sebagai Principal Indonesia, adalah sebuah perusahaan yang terbentuk akibat patungan antara Group Principal Financial dengan CIMB Group Holdings Berhad. Principal Financial Group sendiri merupakan anggota FORTUNE 500 serta dikenal sebagai layanan finansial global dan telah terdaftar pada Nasdaq.

Sementara itu, untuk CIMB Group Holdings merupakan salah satu perusahaan perbankan dunia yang telah banyak dikenal, khususnya di wilayah Asia Tenggara. Sebelum dikenal dengan nama Principal Indonesia, perusahaan ini memiliki nama CIMB-Principal Asset Management.

Sejarah berdirinya perusahaan ini diawali dengan proses akuisisi dari Niaga Asset Management di tanggal 12 Desember tahun 2007 oleh Principal Asset Management. Kala itu, Principal Asset Management memiliki kantor pusat yang berada di Malaysia serta sudah mempunyai berbagai rekam jejak layanan di sejumlah negara, seperti, Singapura, Thailand, dan Indonesia.

Perusahaan tersebut melayani hingga lebih dari 25 ribu investor dari seluruh Indonesia. Dana kelolaan dari perusahaan ini pun terbilang sangat masif, yakni sebesar 4.096 triliun pada 30 Desember tahun 2022 lalu.

Principal Indonesia menawarkan beragam solusi yang mampu membantu masyarakat serta perusahaan untuk membangun, memajukan, dan melindungi kesejahteraan kondisi finansialnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara pengelolaan dana milik investor secara tepat sasaran dan dilakukan berdasarkan keahlian yang dimiliki perusahaan ini dalam mengelola asetnya.

Melalui ide yang inovatif serta solusi nyata, Principal Asset Management berusaha untuk membantu semua investor yang menjadi kliennya agar mampu memperoleh pertumbuhan dan kemajuan terkait hal pemenuhan kebutuhan finansialnya pada waktu mendatang. Dalam menjalankan tugas dan layanannya, Principal Indonesia telah mendapatkan izin usaha yang diberikan oleh Otoritas Pasar Modal untuk menjadi Manajer Investasi sesuai Surat Keputusan atau SK Ketua BAPEPAM No. KEP-05/PM/MI/1997 per tanggal 7 Mei 1997.

Struktur manajemen dari Principal Asset Management diisi oleh jajaran direksi serta senior manajemen dengan pengalaman dan kredensial yang tak perlu diragukan lagi. Setiap jajaran manajemen dari perusahaan ini mempunyai komitmen penuh agar terlibat aktif pada kegiatan masyarakat, dan menjunjung integritas serta etika dalam meraih misi untuk membantu individu atau bisnis dalam mencapai keamanan dan juga keberhasilan finansial.

Berikut adalah jajaran struktur manajemen dari Principal Indonesia.

Nama

Jabatan

Profil Singkat

Thomas Cheong

Presiden Komisaris

Jabatan Presiden Komisaris di Principal Asset Management telah diberikan pada Thomas sejak bulan Januari 2020. Beliau memiliki tanggung jawab untuk memimpin perkembangan produk tabungan berjangka panjang, pensiun ritel, serta bisnis aset manajemen. Selain itu, Thomas juga memiliki segudang pengalaman dalam hal bisnis asuransi, dana pensiun, dan manajemen aset di sejumlah perusahaan ternama dunia.

Nazly Parlindungan Siregar

Komisaris Independen

Sebagai Komisaris Independen, Nazly bergabung dengan Principal Asset Management sejak Juli 2020. Jabatan tersebut dipercayakan pada Nazly berkat pengalaman manajerial yang dimilikinya selama 20 tahun lebih di sejumlah perusahaan multinasional.

Naresh Krishnan

Presiden Direktur

Di tahun 2023, Naresh Krishnan dipercayakan menjadi Presiden Direktur. Pernah menjabat sebagai senior eksekutif di Manulife, Sunlife, dan AIA, Naresh pun sudah memiliki lisensi Wakil Manajer Investasi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Anna

Direktur

Anna bergabung dengan Principal Asset Management per November 2020 pada posisi COO atau Chief Operation Officer, lalu menjadi Direktur di bulan Januari 2021. Jabatan tersebut dimilikinya berkat pengalaman selama 20 tahun lebih pada industri jasa finansial. Beliau juga memiliki pengalaman di sejumlah perusahaan asuransi ternama dengan jabatan yang tinggi.

Kemal Fajri Mohsin

Direktur

Kemal merupakan Direktur di perusahaan ini sejak Oktober 2022 dan mempunyai pengalaman selama 17 tahun lebih pada bidang jasa keuangan, khususnya industri manajemen investasi dan perbankan. Beliau juga pernah menduduki sejumlah jabatan penting pada perusahaan lain di sektor keuangan dan perbankan.

Sebagai salah satu perusahaan investasi reksa dana ternama di Indonesia, Principal Asset Management pernah dianugerahi segudang penghargaan bergengsi, antara lain:

  • "Best Mutual Funds Awards 2021 for Principal Strategic IDR Fixed Income Fund" oleh Majalah Investor & Infovesta.
  • "Silver Award, Medium Money Market for Principal Cash Fund" oleh Bareksa di tahun 2021.
  • "3G Best Social Impact Awards 2020 for Principal Philanthropy Social Impact Bond Fund" oleh Cambridge IFA.
  • "Score A-/Stable Credit Rating" oleh Pemeringkat Efek Indonesia atau PEFINDO.
  • "Top 5 Bloomberg Awards for Islamic Equity Funds" oleh APRDI-Bloomberg Indonesia Fund Awards.
  • Telepon: (021) 50889988
  • Email: customerservices@principal.com
  • Alamat: Revenue Tower, District 8, Lantai 5, Jl. Jend. Sudirman No. 52-53, Jakarta, 12190

Cermati.com berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data pribadi Anda. Seluruh data atau informasi yang Anda masukkan selama proses pengajuan dilindungi menggunakan teknologi enkripsi dan keamanan termutakhir sehingga terlindungi dengan baik.

Agar keamanan data pribadi Anda tetap selalu terjaga, berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan:

  • Jangan Sembarangan Memberikan Informasi Pribadi
    Jangan pernah sembarangan memberikan informasi pribadi kepada siapapun di luar situs Cermati. Data pribadi yang dimaksud antara lain adalah informasi pribadi, sandi (password), KTP, Foto Selfie, NPWP, dll.
  • Jaga Kerahasiaan Kode OTP
    Jangan memberikan kode OTP yang masuk melalui SMS / e-mail kepada siapapun termasuk pihak-pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati.
  • Jangan Berkomentar Sembarangan
    Jangan pernah mempublikasikan data pribadi Anda di kolom komentar media sosial manapun agar tetap aman.
  • Waspada Terhadap Akun Media Sosial Palsu
    Hati-hati terhadap segala informasi yang diberikan oleh akun palsu yang mengatasnamakan diri sebagai Cermati. Berikut akun media sosial cermati yang terverifikasi:
  • Gunakan Aplikasi Resmi Cermati di Play Store
    Unduh aplikasi resmi Cermati melalui Play Store. Hindari mengunduh aplikasi Cermati dari website atau link lain selain dari Google Play Store.
  • Waspada Terhadap Link Mencurigakan
    Website resmi Cermati hanya bisa diakses pada domain https://www.cermati.com/. Mohon hati-hati apabila Anda menerima pesan atau informasi dari seseorang untuk mengakses/mengklik link tertentu di luar website atau akun media sosial resmi Cermati.
  • Perhatikan Alamat E-mail Resmi Cermati
    Penyampaian informasi promo, pengajuan, dan informasi lainnya via e-mail hanya dilakukan lewat alamat e-mail resmi Cermati berikut ini:
    • @cermati.com
    • @newsletter.cermati.com
    • @info.cermati.com
    Abaikan apabila menerima e-mail lain dengan alamat berbeda yang mengatasnamakan diri sebagai pihak Cermati.
  • Selalu Perbarui Sandi Akun Cermati Anda
    Supaya akun tetap aman, perbarui sandi akun Cermati Anda setiap 3 bulan sekali. Pembaruan sandi bisa dilakukan melalui menu akun saya dan pilih ganti kata sandi. Apabila lalai atau merasa akun Anda tidak aman, segera lakukan pergantian sandi akun Cermati Anda supaya akun tetap aman.