10 Manfaat Jahe Merah yang Mujarab Redakan Penyakit

Semua masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu tanaman obat paling populer, Jahe. Ya, salah satu jenis tanaman rimpang atau Rhizoma ini memang seringkali dijadikan sebagai campuran minuman atau rempah masakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dengan mengonsumsi jahe, tubuh akan menjadi lebih hangat dan lebih kuat.

Namun, tahukah Anda jika tanaman jahe juga memiliki berbagai jenis yang berbeda? Beberapa di antaranya bahkan memiliki khasiat yang lebih ampuh untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tetap prima. Salah satu jenis jahe yang tidak banyak orang tahu memiliki berbagai manfaat saat dikonsumsi adalah Jahe merah.

Sesuai dengan namanya, Jahe merah ini memiliki permukaan kulit berwarna merah yang tentunya tidak sulit untuk dibedakan dengan jahe jenis lainnya. Bagian dalam dari Jahe merah juga memiliki warna yang sedikit kemerahan dan kuning. Tak hanya itu, ukuran dari Jahe merah juga cenderung lebih kecil dan saat dicicipi terasa lebih pedas dibanding jahe pada umumnya. 

Memiliki tampilan dan cita rasa yang lebih kuat dari jahe biasa, Jahe merah tentu memiliki khasiat yang lebih manjur untuk meredakan berbagai penyakit. Penasaran apa saja? Yuk simak berbagai manfaat jahe merah yang mampu meredakan berbagai jenis penyakit berikut ini.

Baca Juga: Jika Rutin Dilakukan, Inilah Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

10 Manfaat Jahe Merah yang Banyak Orang Tidak Tahu

  1. Efektif Meredakan Gejala Batuk dan Sakit Tenggorokan

    Memiliki sensasi hangat saat dikonsumsi, jahe merah sering dijadikan pilihan saat mengalami gejala sakit tenggorokan atau batuk. Namun, sebenarnya yang menjadi alasan mengapa jahe merah banyak dijadikan penawar untuk batuk atau peradangan di tenggorokan adalah kandungan flavonoidnya.

    Secara umum, kandungan flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan. Jadi, tak hanya untuk meredakan gejala batuk-batuk, jahe merah juga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama radang tenggorokan.

  2. Mampu Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

    Tak dapat dipungkiri jika kebiasaan mengonsumsi makanan sembarangan membuat tubuh menyimpan banyak tumpukan lemak jahat. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin lemak jahat tersebut akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh semakin naik.

    Nah, untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi tanaman rimpang tersebut. Pasalnya, jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. 

    Tak dapat dipungkiri jika kebiasaan mengonsumsi makanan sembarangan membuat tubuh menyimpan banyak tumpukan lemak jahat. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin lemak jahat tersebut akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh semakin naik.

    Nah, untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, penderita kolesterol disarankan untuk rutin mengonsumsi tanaman rimpang tersebut. Pasalnya, jahe merah dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Jadi, tak hanya bermanfaat bagi penderita penyakit tersebut, orang sehat pun dapat mengonsumsi jahe merah agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. 

  3. Hangat, Konsumsi Jahe Merah untuk Meringankan Sakit Kepala

    Anda sering merasakan sakit kepala yang mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari? Tak perlu mencari obat yang dapat memberikan efek samping. Pasalnya, jahe merah dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah yang seringkali dianggap sepele namun sangat mengganggu tersebut.

    Memiliki kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh, jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan merebus jahe merah dan meminum air rebusan tersebut. Tak butuh waktu lama, sakit kepala akan hilang dan aktivitas pun dapat dilakukan dengan semestinya. 

  4. Memiliki Zat Flavonoid, Jahe Merah Mampu Mengatasi Rematik 

    Tak hanya ampuh meredakan gejala tenggorokan dan batuk, kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah juga mampu mengatasi penyakit rematik. Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit tersebut disebabkan oleh peradangan yang terjadi di persendian. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, penderita penyakit ini akan merasakan kaku pada sendi karena terjadi pembengkakan.

    Sebagai salah satu upayanya, penderita rematik dapat rutin mengonsumsinya karena mampu meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik. Jadi, jahe merah dapat menjadi obat alternatif dan alami untuk mengobati rematik. 

  5. Cocok untuk Dijadikan Konsumsi Rutin Saat Diet

    Ingin menurunkan berat badan dengan mudah dan efektif, tapi sulit untuk menahan nafsu makan? Tak perlu risau, karena jahe merah dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan agar selalu ideal. Mau tahu caranya?

    Jahe merah dapat dijadikan sebagai konsumsi pendukung bagi orang yang ingin menurunkan berat badan karena mampu mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut akan bertahan lebih lama sehingga nafsu untuk terus menyantap sesuatu menjadi berkurang. 

    Tak berhenti sampai disitu, rasa hangat dan pedas yang disebabkan oleh jahe merah dapat membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Jadi, bagi yang ingin segera mendapatkan berat tubuh yang ideal, coba untuk rutin mengonsumsi rempah satu ini. 

  6. Membantu Terhindar dari Risiko Penyakit Jantung

    Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Banyak data di lapangan yang menyatakan bahwa jumlah kematian akibat penyakit jantung adalah yang tertinggi di dunia. 

    Salah satu penyebab munculnya penyakit jantung adalah kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Dengan menjadikannya sebagai konsumsi rutin sehari-hari, kadar kolesterol dan trigliserida dapat diturunkan. Oleh karena itu, buat diri terhindar dari penyakit jantung dengan mencampurkan jahe merah pada minuman atau masakan setiap hari.

  7. Baik Bagi Kesehatan Lambung dan Pencernaan

    Belum berhenti sampai disitu, manfaat jahe merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan lambung dan pencernaan. Berbagai masalah kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan dapat disembuhkan dengan rutin mengonsumsi jahe mera. Bahkan, infeksi dan juga luka yang ada pada lambung dapat disembuhkan dengan jahe merah.  

    Jahe merah dipercaya mampu menjaga jumlah asam dalam lambung agar tetap stabil. Dengan stabilnya kandungan asam dalam lambung, rasa mual serta keinginan untuk muntah dapat dikurangi. 

  8. Mengurangi Risiko Terkena Radang Usus

    Masih berhubungan dengan saluran pencernaan, khasiat meminum rebusan jahe merah juga dapat membantu risiko terkena radang usus menjadi berkurang. Penyebabnya adalah jahe merah memiliki kandungan zat zingeron yang aktif menghambat enzim yang menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan. Jadi, biasakan untuk menjadikan jahe merah sebagai konsumsi tiap hari agar kesehatan usus terjaga.

  9. Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

    Terdapat masih banyak lagi alasan mengapa jahe merah layak untuk dijadikan konsumsi rutin. Pengonsumsi rutin jahe merah akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat karena rempah tersebut dapat melawan virus serta bakteri yang hendak menyerang sistem imunnya. 

    Sistem imun menjadi penentu utama bagi makhluk hidup agar menjadi lebih kebal terserang penyakit. Saat daya tahan tubuh lemah, penyakit akan lebih mudah hinggap pada seseorang. Nah, bagi Anda yang merasa memiliki daya tahan tubuh yang rentan, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi jahe merah. 

  10. Sahabat Terbaik bagi Penderita Asma atau Sesak Napas

    Khasiat jahe merah yang terakhir adalah meredakan dan mengobati penyakit asma atau sesak napas. Memiliki kandungan minyak atsiri sangat tinggi, jahe merah dapat menjadi sahabat terbaik bagi penderita penyakit pernapasan tersebut.

    Bagi yang belum tahu, kandungan minyak atsiri pada jahe merah mampu melegakan saluran pernapasan. Kandungan tersebutlah yang dapat menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti sesak napas atau asma. 

    Sangat mudah, saat penyakit asma si penderita kambuh, jahe merah dapat langsung direbus hingga mendidih. Kemudian, air rebusan tersebut dibiarkan hingga hangat dan diberikan kepada penderita sesak napas. Setelah meminumnya, tak butuh waktu lama penyakit sesak napas yang diderita akan segera terasa lega. 

Baca Juga: Waspadai 10 Penyakit Serius yang Mudah Menyerang Pegawai Kantoran

Tidak Ada yang Lebih Penting Daripada Senantiasa Menjaga Tubuh agar Tetap Sehat

Kesehatan menjadi aset paling penting dan harus selalu dijaga oleh setiap orang. Sebenarnya, ada banyak cara dan gaya hidup yang jika dibiasakan dapat menjadi penawar penyakit yang ampuh. 

Nah, sebagai alternatif, salah satu tanaman rimpang, jahe merah dapat menjadi obat alami yang jika dikonsumsi rutin dapat memberikan kesehatan yang tak ternilai harganya. Terbukti dari segudang khasiat yang diberikan oleh tanaman jahe merah tersebut, tidak ada satupun yang tidak bermanfaat. Jadi, tunggu apa lagi, mulai jadikan jahe merah sebagai daftar rempah yang wajib dikonsumsi tiap harinya. 

Baca Juga:  Sarang Semut Papua, Tanaman Khas yang Dipercaya Manjur Obati Kanker Serta Tumor