Pisang Cavendish: Manfaat, Harga, dan Cara Menanam Pisang Cavendish

Salah satu buah yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat adalah pisang. Bahkan, olahan pisang sendiri beragam, lho, mulai dari pisang goreng, pisang bakar, pisang smoothie, pisang ijo, dan masih banyak lagi. 

Bukan hanya olahannya saja, jenis pisang sendiri pun banyak, mulai dari pisang ambon, pisang tanduk, pisang uli, dan sebagainya. Nah, salah satu jenis pisang yang kaya akan manfaat adalah buah pisang cavendish. 

Pisang cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang juga dikenal dengan pisang ambon putih. Pisang cavendish sendiri memiliki tekstur lembut dan kulit tipis. Hal ini membuat pisang cavendish cocok menjadi bahan dasar olahan pisang goreng, pudding pisang, hingga muffin, atau kue. 

Penasaran apa saja manfaat buah pisang cavendish dan bagaimana cara menanam dan mengolah pisang cavendish? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

7 Manfaat Pisang Cavendish

loader

Selain memiliki tekstur yang tebal dan lembut, buah pisang cavendish juga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Manfaat baik tersebut bisa didapatkan karena banyaknya vitamin yang terkandung dalam buah pisang cavendish. 

Beberapa kandungan yang bisa ditemukan dalam buah pisang cavendish adalah vitamin A, vitamin C, mineral fosfor, kalsium, kalium, serta karbohidrat. Tak hanya itu, pisang cavendish juga mengandung 400 miligram potasium per 100 gramnya. Kandungan potasium ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung hingga 27%, lho. Menarik, ya. 

Ini dia 7 manfaat pisang cavendish yang perlu diketahui. 

1. Mencegah Alergi dan Sesak Nafas

Salah satu manfaat mengonsumsi pisang cavendish adalah dapat mencegah alergi dan sesak nafas. Manfaat ini bisa didapatkan karena buah pisang cavendish memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga berpotensi menghindari serangan penyakit alergi dan asma. 

Manfaat ini pun juga telah diteliti di Inggris dan hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi pisang cavendish setiap hari memiliki peluang lebih kecil untuk terserang alergi dan sesak nafas. 

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan pisang cavendish lainnya yang bermanfaat untuk tubuh adalah kandungan potasium dan magnesium. Kedua kandungan ini membuat mengonsumsi pisang cavendish dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. 

Kandungan potasium dan magnesium yang ada pada pisang cavendish mampu menjadi filter yang menghambat terbentuknya batu ginjal dalam tubuh. 

3. Bermanfaat Baik untuk Otot

Jika saat ini kamu sedang banyak berolahraga dan melakukan aktivitas yang menggunakan otot, memakan pisang cavendish akan sangat bermanfaat, lho. Pisang cavendish dapat memperkuat dan menjadi bahan bakar otot supaya proses pemulihannya jadi lebih cepat. 

Oleh karena itu, mengonsumsi pisang banyak disukai para atlet. Tak hanya itu, pisang cavendish juga dapat membantu mengembalikan nutrisi yang hilang selama berolahraga sehingga sangat cocok untuk yang memiliki cukup banyak kegiatan fisik. 

4. Cocok untuk Diet

Pisang cavendish juga cocok dikonsumsi untuk yang sedang diet. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan tepung yang dapat mengontrol gula darahmu dan juga kandungan fiber yang dapat membantu kamu menurunkan berat badan. 

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Kamu kerap kesulitan untuk tidur dan sering merasa stres? Jika iya, pisang cavendish dapat membantumu mengatasi hal tersebut. Ternyata, di dalam kandungan pisang ini terdapat zat dopamin dan vitamin B6 yang dapat membuat pikiran menjadi rileks. 

Pikiran yang rileks tersebut dapat membuatmu lebih mudah untuk tidur dan tentunya rasa stress dapat berkurang. 

6. Bagus untuk Kesehatan Mata

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, pisang cavendish memiliki banyak kandungan vitamin. Salah satunya adalah vitamin A yang bagus sekali untuk kesehatan mata. 

Jurnal Ophthalmology menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi 3 pisang cavendish setiap harinya akan minim terserang penyakit mata. 

7. Bagus untuk Pencernaan

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari pisang cavendish adalah menyehatkan pencernaan. Manfaat ini bisa didapatkan dari tingginya kandungan serat dalam pisang yang dapat memperlancar BAB. Oleh karena itu, jika saat ini sedang mengalami sembelit, cobalah untuk mengonsumsi pisang ini. 

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

Harga Pisang Cavendish

Nah, setelah kita sama-sama memahami berbagai manfaat baik yang didapatkan dari mengonsumsi pisang cavendish, jadi penasaran bukan dengan harganya? 

Tak perlu khawatir, ternyata dengan segudang manfaat tersebut, harga pisang cavendish masih terjangkau, lho. Harga pisang cavendish di berbagai online store berkisar di angka Rp20.000 sampai Rp30.000 per kilonya. Cukup murah, ya. 

Cara Menanam Pisang Cavendish

loader

Jika tidak ingin membeli pisang cavendish terus-menerus, menanam pisang cavendish dapat menjadi pilihan. Selain lebih hemat karena kamu tak perlu mengeluarkan budget terus-menerus untuk membeli pisang ini, menanam pisang cavendish juga dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Berikut cara menanam pisang cavendish yang bisa diterapkan. 

1. Pilih Bibit Pisang Cavendish

Cara menanam pisang cavendish yang pertama adalah pilihlah bibit pisang cavendish. Kamu bisa membelinya secara online maupun offline di toko tanaman. Bibit pisang cavendish bisa diambil dari bibit tunas pohon pisang yang sudah tumbuh dengan baik. 

Pilihlah tunas dengan tinggi sekitar 1 sampai 1,5 meter dan dengan diameter batang sebesar 7 sampai 12 cm. 

2. Siapkan Lahan untuk Menanam Bibit Pisang Cavendish

Langkah selanjutnya adalah siapkan lahan untuk menanam bibit pisang cavendish. Lahan yang bagus untuk menanam pisang cavendish adalah lahan yang tidak ada genangan air dan memiliki kandungan ph di angka 5. 

Lantas, bagaimana jika lahan memiliki kandungan ph di bawah angka 5? Tenang saja, kamu hanya perlu memberikan kapur pada tanah dengan dosis sekira 300 kg/ha untuk menjaga kadar keasaman tanah.

3. Berilah Pupuk Sebelum Menanam

Setelah lahan dan bibit siap, langkah selanjutnya bukanlah langsung proses penanaman. Akan tetapi, langkah selanjutnya adalah kamu harus memberikan pupuk terlebih dahulu pada lahan yang akan ditanami pisang cavendish. 

Pertama-tama, buatlah lubang tanam berukuran 40 x 40 x 40 cm. Kemudian, campurkan satu sendok makan pupuk NPK, satu sendok makan pupuk furadan, dan 2 kg pupuk kandang pada tanah atau lahan yang akan ditanami pisang cavendish. 

Diamkanlah pupuk yang sudah bercampur dengan tanah dalam waktu 2 sampai 3 minggu sebelum proses penanaman.

4. Tanam Pisang Cavendish

Jika tanah dan pupuk sudah bercampur dan siap ditanami, barulah kamu bisa mulai menanam pisang cavendish. Cara penanaman pisang cavendish tidak bisa dilakukan sembarangan. 

Tanamlah tunas pisang cavendish dalam lubang tanam dan pastikan posisi akar menyentuh tanah. Kemudian, pastikan bibit pisang cavendish lebih tinggi 20 sampai 30 cm di atas permukaan tanah. Jika sudah sesuai, tutuplah bibit dengan tanah dan berilah air secukupnya. 

5. Rawatlah Tanaman Pisang Cavendish agar Terhindar dari Hama

Setelah memastikan bibit pisang cavendish tertanam dengan baik, pastikan tanaman tersebut terhindar dari hama. Cara ini penting dilakukan supaya kamu bisa mendapatkan panen buah pisang cavendish yang berkualitas. 

Perawatan yang perlu kamu lakukan adalah potong pelepah pisang yang sudah kering, siram pohon secara rutin, singkirkan gulma atau rumput liar di sekitar pohon, pisahkan anak pohon yang mungkin tumbuh di sekitar tanaman dan tanam kembali dengan jarak 3–4 meter, dan potonglah jantung pisang jika bunga terakhir sudah mekar. 

Kemudian, jika buah pisang cavendish sudah muncul, bungkuslah buah tersebut dengan plastik ukuran 45 cm sampai 1 meter agar tidak dimakan oleh hewan-hewan liar. Pastikan juga kamu membuang buah yang tidak berkualitas atau busuk, ya. 

6. Buah Pisang Cavendish Siap Ditanam

Langkah terakhir dalam proses menanam pisang cavendish adalah panen. Kamu bisa mulai memanen buah pisang cavendish saat pohon sudah berusia 12 sampai 13 bulan, namun hal ini bergantung pada musim dan cuaca. 

Pada musim kemarau, pisang cavendish sudah bisa dipanen di hari ke-80 setelah jantung pisang muncul. Sementara itu, pada musim hujan, kamu baru bisa memanen pisang cavendish pada hari ke-120 setelah jantung pisang keluar. Gimana? Sudah siap belum untuk mulai berkebun pisang cavendish?

Baca Juga: Apa Itu Superfood dan 10 Contoh Makanan Super yang Patut Dikonsumsi

Dapatkan Berbagai Manfaat Baik Pisang Cavendish dengan Harga Terjangkau

Nyatanya, sehat tidak selalu mahal, kok. Pisang cavendish menjadi salah satu buah yang bisa kamu manfaatkan untuk pemenuhan nutrisi tubuh. 

Banyaknya kandungan vitamin dan zat yang penting bagi tubuh membuat pisang satu ini semakin banyak digemari. Apalagi harga pisang cavendish sendiri pun masih terjangkau. Yuk, mulai pola hidup sehat dan perbanyak konsumsi buah-buahan seperti pisang cavendish!

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh