25 Kata-kata Motivasi untuk Membantu Anda Sukses

Sukses adalah hak setiap orang. Perkaranya adalah bagaimana orang mengusahakan dirinya untuk bisa mencapai kesuksesan. Ada orang yang sangat gigih untuk mencapai kesuksesan, ada yang biasa-biasa saja. Ada yang kelihatannya biasa saja namun sebenarnya sangat mengusahakan kesuksesan bagi hidupnya sendiri.

Bagaimana Anda mengusahakan diri Anda untuk mencapai kesukesan? Kiranya hal ini harus direnungkan oleh setiap orang termasuk Anda. Bagaimana Anda akan menjalani hidup di masa mendatang, bagaimana Anda melihat diri Anda dalam 10 tahun ke depan, bagaimana Anda bisa mengatur diri Anda dan keluarga Anda, semuanya merupakan keputusan pribadi.

Namun, apakah menjadi suatu hal yang adil ketika Anda kini menikmati kesukesan orang tua namun anak Anda tidak bisa merasakan hal yang sama? Lantas apa yang harus Anda lakukan? Menjadi orang sukses dan membahagiakan keturunan Anda sebagaimana Anda dibahagiakan sekarang dan jika perlu berikan lebih dari apa yang Anda dapatkan sekarang.

Perlu Anda ketahui bahwa sukses tak melulu soal harta dan materi. Bukan hanyak yang didapat dilihat dan dinilai dengan mata uang. Sukses tak selalu soal pencapaian dalam pekerjaan, dimana uang dan harta menjadi tolak ukurnya. Berikut kata-kata yang dapat memotivasi Anda untuk sukses:

1. Kesuksesan bukan akhir, kegagalan bukan hal yang fatal: itu adalah keberanian untuk melanjutkan apa yang penting - Winston Churchill.

Winston Churchill.

Winston Churchill via itv.com

 

Sukses bukanlah sebuah tujuan akhir yang harus Anda capai. Manusia tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang telah dicapainya. Ia akan terus berusaha mendapatkan lebih dan lebih. Sebagian menamakannya sebagai semangat berkelanjutannya dan berinovasi. Namun pada kenyataannya tak lebih dari sekedar pemuas hawa nafsu dan rakus.

Ambil sisi positif dari semangat keberlanjutan ini dan raihlah kesuksesan menurut versi Anda. Anda mungkin akan gagal berkali-kali tetapi setidaknya hal itu membuat Anda sadar bahwa Anda sudah mencoba terus menerus.

2. Harga sebuah kesuksesan adalah kerja keras, dedikasi terhadap pekerjaan, dan penentuan apakah kita menang atau kalah, kita telah mengerahkan kemampuan diri kita yang terbaik untuk pekerjaan tersebut - Vince Lombardi.

 Vince Lombardi

Vince Lombardi via trbimg.com

 

Tidak ada kesuksesan yang didapat dengan instan. Tidak ada orang yang menjual kesuksesan. Satu-satunya orang yang bisa memberi Anda kesuksesan adalah diri Anda sendiri. Bukan dengan uang dan harta yang Anda miliki lantas Anda bisa mendapatkan kesuksesan, Anda baru bisa mendapatkannya ketika Anda benar-benar bekerja keras dan mendedikasikan diri bahkan hidup Anda untuk tujuan yang ingin Anda capai.

3. Jadilah dirimu sendiri, ekspresikan dirimu sendiri, yakinlah pada dirimu sendiri, jangan pergi dan mencari kepribadian sukses dan menduplikasinya - Bruce Lee.

Bruce Lee

Bruce Lee via bamboocorefitness.com

 

Tidak ada kesuksesan yang sama antara satu orang dengan orang yang lain. Di balik kesuksesan masing-masing orang tersimpan cerita perjuangan, suka, dan duka mereka masing-masing. Anda boleh terinspirasi untuk mencapai kesuksesan seperti orang tertentu, tetapi Anda tidak bisa menduplikat kesuksesannya. Ia menjalani hal-hal yang berbeda dengan Anda bergitu pula sebaliknya. Tiru semangatnya namun berjuanglah sendiri untuk mencapai yang Anda inginkan.

4. Aksi adalah kunci dasar untuk semua kesuksesan - Pablo Picasso.

Pablo Picasso

Pablo Picasso via wikart.ne 

 

Kesuksesan tidak datang dengan sendirinya. Ia bukan makhluk hidup apalagi makhluk sosial yang mengerti hakikat uang. Anda tidak bisa menukar harta dengan sebuah kesuksesan. Ketika Anda menginginkan diri Anda berada di posisi sukses, maka Anda harus menunjukkan aksi itu dan benar-benar bekerja untuk mewujudkan apa yang Anda sebut dengan sebuah kesuksesan. Akan percuma Anda memiliki segudang mimpi namun tak pernah Anda bekerja untuk itu.

5. Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaan adalah kunci kesuksesan. Jika Anda mencintai pekerjaan Anda, Anda akan menjadi orang yang sukses - Albert Schweitzer.

Albert

Albert Schweitzer via newshour-tc.pbs.org

 

Jika Anda berpikir bahwa menjadi orang sukses bisa menjadikan Anda sebagai orang yang paling bahagia, Anda salah besar. Faktanya, bukan kesuksesan yang menjadikan Anda bahagia, tetapi bahagialah yang membawa Anda pada kesuksesan. Anda mungkin memiliki perusahaan besar, menjadi pemimpin, harta Anda melimpah, dan segala hal yang berbau materi hampir semuanya Anda miliki. Namun ketika Anda tidak merasa bahagia dengan segala pencapaian Anda, apalah arti semua harta Anda? Orang luar menganggap Anda sebagai pribadi yang sukses namun diri Anda sendiri tidak pernah menikmati hasil kerja keras Anda. Manakah yang disebut sukses?

6. Sukses terdiri dari keberlanjutan kesalahan demi kesalahan tanpa kehilangan rasa antusias - Winston Churchill.

Winston Churchill.

Winston Churchill via itv.com

 

Tidak pernah ada kisah orang yang sukses tanpa perjuangan. Di balik kesuksesan orang, tersimpan cerita mereka ketika mengusahakan agar hidup mereka bisa lebih baik setiap harinya. Tak jarang kita menemui kisah mereka yang selalu berusaha dengan sekuat tenaga, mendedikasikan hidup mereka untuk bekerja sekeras dan secerdas mungkin sehingga mimpi mereka terwujud. Tak jarang mereka pun mengalami kegagalan dalam hidup mereka. Tapi mereka tak pernah menyerah bahkan terus melakukan perjuangan yang sama.

7. Sukses itu tidak lebih dari beberapa hal sederhana yang dilakukan secara disiplin dan dipraktikkan setiap hari - Jim Rohm.

Jim Rohm

Jim Rohm via chuckbauer.com

 

Mencapai sebuah kesuksesan tidak memerlukan syarat yang berbelit. Cukup dengan membiasakan diri untuk hidup secara disiplin dalam melakukan kebiasaan-kebiasaan baik dan menaati jadwal yang telah dibuat guna menyelesaikan pekerjaan mereka.

8. Sukses tergantung pada persiapan sebelumnya dan tanpa persiapan itu pasti akan terjadi kegagalan - Confucius.

Confucius.

Confucius via wikimedia.org

 

Tanpa sebuah persiapan, Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan hasil akhir yang baik dan memuaskan. Anda harus bisa membuat sebuah persiapan yang baik untuk sebuah pekerjaan. Mungkin pekerjaan tersebut adalah persiapan untuk pekerjaan berikutnya. Jika Anda tidak memulainya dengan baik, Anda tidak akan pernah bisa selesai bekerja.

9. Sukses adalah guru yang buruk. Ia menggoda orang pintar berpikir bahwa mereka tidak terkalahkan - Bill Gates.

Bill Gates

Bill Gates via boomsbeat.com

 

Ketika Anda sudah mencapai apa yang Anda inginkan, terkadang Anda menganggap bahwa diri Anda sudah sukses, sudah berada di posisi yang Anda impi-impikan. Tak jarang keadaan ini justru membuat Anda menjadi puas diri dan mengatur posisi senyaman mungkin. Hati-hati, sejuta pengincar posisi Anda siap menyalip atau bahkan menyingkirkan Anda dari posisis tersebut.

10. Jangan menjadikan sukses sebagai tujuan, lakukan apa yang Anda cintai dan percayai maka sukses akan datang dengan sendirinya - David Frost.

David Frost

David Frost via guardianlv.com

 

Sukses bukanlah sebuah tujuan akhir. Anda tidak akan pernah merasa sukses ketika Anda tidak mencintai dan mempercayai pekerjaan yang Anda lakukan sehingga Anda merasa bahwa perjalanan menuju kesuksesan terlampau lama dan membuat Anda bosan untuk berjuang. Inilah penggoda Anda. Hal yang bisa menyingkirkan keadaan seperti ini adalah Anda harus mencintai pekerjaan Anda dan percaya bahwa Anda bisa menyelesaikannya.

Baca Juga : 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

11. Orang yang sukses adalah orang yang bisa bersandar pada sandaran yang kuat sementara ia menerima lemparan banyak batu-bata - David Brinkley.

David Brinkley

David Brinkley via thefamouspeople.com

 

Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin berhembus. Semakin Anda memiliki posisi yang tinggi, semakin orang mencobai Anda untuk lepas dari posisi tersebut. Jika Anda memang telah menjalani ‘serangkaian’ perjalanan menuju sukses dan benar-benar Anda lewati dengan segala perjuangan Anda, pasti Anda sudah tahu pondasi mana yang kuat untuk Anda pijak dan percayai ketika sejuta orang berusaha menjatuhkan Anda.

12. Sukses adalah mencari kepuasan dalam memberi lebih daripada yang Anda dapatkan - Christopher Reeve.

Christopher Reeve.

Christopher Reeve via wikimedia.org

 

Sukses bukan orang yang memiliki segudang kekayaan yang nilainya tak terhingga. Sukses tercermin dari diri Anda yang memiliki keinginan untuk berbagi dan percaya bahwa apa yang Anda punya sekarang bukan sepenuhnya milik Anda. Ada bagian yang harus dibagikan kepada orang lain dan ketika Anda membagikannya dengan kebahagiaan, itulah definisi kesuksesan.

13. Saya sudah gagal berkali-kali dalam hidup saya dan itulah mengapa saya sukses - Michael Jordan.

Michael Jordan

Michael Jordan via cmgdigital.com

 

Bahkan seorang yang terkenal pun berkata bahwa kesuksesannya lahir dari kegagalan-kegagalan yang pernah ia alami namun tak pernah menyurutkan semangatnya untuk terus mencoba dan berusaha. Mengapa Anda masih berpikir bahwa kesuksesan hanya untuk orang-orang beruntung? Anda tidak bisa menyematkan pikiran seperti itu karena hanya akan menghambat Anda untuk mencapai kesuksesan Anda sendiri. Semua orang berhak untuk sukses.

14. Selalu ingat dalam pikiran bahwa resolusi Anda terhadap kesuksesan jauh lebih penting dari apapun - Abraham Lincoln.

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln via boyslife.org

Anda harus bisa memperbaharui diri Anda sendiri ketika Anda ingin mendapatkan kesuksesan. Sukses bukan perkara hal yang pasti–pasti didapatkan, pasti waktunya datang. Sukses itu relatif, Anda harus bisa resolusi untuk mencapai kesuksesan dari definisi Anda sendiri. Hidup akan mengajarkan Anda bahwa kesuksesan bukan sesuatu hal yang sama antara pribadi satu dengan pribadi lain. Ketika Anda tahu definisi kesuksesan versi Anda, ubah diri Anda, berjuang, dan raih.

15. Sukses tidak diukur dari uang atau kekuatan atau status sosial. Sukses diukur dari kedisiplinan dan kecantikan dalam diri Anda - Mike Ditka.

Mike Ditka

Mike Ditka via sportsonearth.com

 

Anda tidak bisa mengatakan satu orang sukses karena memiliki harta melimpah sementara orang lain hanya bisa hidup sederhana dengan kebahagiaannya berbagi kepada orang lain. Ketika Anda menginginkan sesuatu, kejarlah dengan usaha dan perilaku baik yang dilakukan secara disiplin. Dan ketika Anda sudah mendapatkannya, Anda akan tahu bahwa berjuang tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri, pasti ada orang-orang yang berpengaruh selama Anda berjuang. Jadilah orang yang berpengaruh terhadap orang yang sedang dalam perjuangan menuju kesuksesan. Maka Anda akan tahu definisi sukses yang sesungguhnya.

16. Mari kita buat masa depan kita sekarang dan mari buat mimpi-mimpi kita menjadi kenyataan di esok hari - Malala Yousafzai.

Malala Yousafzai

Malala Yousafzai via parade.com

 

Tidak ada mimpi yang menjadi nyata tanpa suatu perbuatan. Apa yang Anda kerjakan sekarang sebenarnya merupakan langkah awal dan langkah kecil dalam membangun mimpi yang Anda punya. Bekerja menjadi syarat wajib dan percaya akan mimpi adalah panduan Anda untuk tetap bisa mengerjakan apa yang seharusnya Anda kerjakan dengan tujuan mimpi Anda. Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda berusaha karena yang membawa kesuksesan dan keberhasilan untuk diri Anda adalah Anda sendiri.

17. Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi orang yang Anda inginkan - George Eliot.

George Eliot

George Eliot via guim.co.uk 

 

Waktu itu relatif. Tidak pernah ada batas waktu apalagi kata terlambat untuk mengubah diri Anda menjadi pribadi yang lebih baik, sesuai dengan apa impian Anda terhadap diri Anda sendiri. Tidak ada orang yang terlalu tua untuk belajar dan tidak ada orang yang terlambat untuk berubah. Jika Anda tahu bahwa Anda harus berubah dan menjadi lebih baik, maka lakukanlah meski dunia memandang Anda tidak bisa. Anggapan hanya akan menghasilkan alasan sementara sebuah aksi memberikan bukti.

18. Yang ada butuhkan dalam hidup ini adalah ketidaktahuan dan kepercayaan, maka kesuksesan adalah hal yang pasti - Mark Twain.

Mark Twain

 

Mark Twain via openculture.com

 

Dengan memiliki rasa keingintahuan atas ketidak tahuan akan sesuatu serta percaya bahwa dengan usaha maka seseorang bisa mengerti dan memahami, tidak ada yang tidak mungkin bagi seseorang untuk bisa mencapai kesuksesan. Setidaknya, Anda tidak apatis terhadap mimpi Anda sendiri.

19. Tidak ada lelaki yang sukses tanpa wanita yang baik di belakangnya. Baik istri atau ibu, jika ia memiliki keduanya, ia sudah pasti mendapat berkat 2 kali - Godfrey Winn

Godfrey Winn

Godfrey Winn via pulse.ng

 

Kita semua lahir dari seorang perempuan. Tanpa jasa seorang perempuan yang kita sebut Ibu, kita tidak bisa hadir di dunia ini. Bagi laki-laki, perempuan merupakan manusia yang sempurna karena perempuan hadir dalam dirinya sebagai perantara kehidupan dan penyemangat selama hidup. Maka ketika seorang laki-laki itu sukses, tidak lain bahwa perempuan di baliknya yang memberikan dukungan hingga ia mencapai tujuannya.

20. Hanya ada satu kesuksesan, yaitu menjadi mampu menghabiskan hidup Anda menurut jalan Anda sendiri - Christopher Morley.

Christopher Morley

 Christopher Morley via thefamouspeople.com

 

Mendengar kritik dan saran dari orang lain memang suatu hal yang cukup baik untuk membenahi diri kita dari kekurangan dan kesalahan. Tapi tak selamanya pendapat orang harus kita dengarkan. Beberapa orang mungkin menyindir dan mencibir kita atas pilihan yang kita pikirkan matang-matang sebagai pilihan terbaik. Tetapi mereka tidak pernah mengerti bagaimana kita berpikir dan apa saja yang sudah kita lalui, kita korbankan, apa lagi yang harus dikerahkan. Sehingga orang hanya mampu menilai, bukan merasakan hal yang sama dengan kita. Maka kita sendirilah yang bisa mengatur yang terbaik untuk kita, menghabiskan hidup kita sesuai dengan apa yang kita kehendaki karena kitalah pemilik hidup kita masing-masing.

Baca Juga : 25 Kata-kata Inspirasi dari Orang Terkaya Dunia

21. Seseorang memerlukan kesulitannya karena mereka adalah kebutuhan untuk menikmati kesuksesan - P. J. Abdul Kalam.

A. P. J. Abdul Kalam 

A. P. J. Abdul Kalam via mostinside.com

 

Kesuksesan tidak bisa didapat dengan mudahnya. Pasti ada kesulitan bahkan menyebabkan kegagalan pada beberapa orang. Lihat sisi positif dari sebuah kesulitan, Anda akan dilatih untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang sebelumnya Anda sebut sebagai masalah terberat dan sebelumnya pun Anda yakin bahwa Anda tidak bisa melaluinya. Tuhan tidak pernah memberikan cobaan di luar kemampuan manusia, terkadang justru kitalah yang membatasi kemampuan diri kita yang sesungguhnya. Jika kita mau kita memiliki kemampuan lebih, satu-satunya cara adalah membiarkan kesulitan itu hadir untuk melatih kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

22. Ketika cinta dan kerja keras bersama, Anda bisa mengharapkan sebuah mahakarya - John Ruskin.

John Ruskin

John Ruskin via guim.co.u

 

Terkadang, kerja keras pun tak cukup untuk membayar sebuah kesuksesan. Beberapa bumbu mungkin diperlukan karena kesuksesan tak hanya soal pangkat dan harta. Lagi pula, bekerja keras disertai dengan cinta-cinta terhadap pekerjaan, cinta terhadap lingkungan, terhadap dedikasi diri untuk apa yang diperjuangkan, cinta dari keluarga dan orang-orang terdekat akan menjaga Anda untuk tetap bisa bertahan selama berjuang dan merasa sungguh berharga ketika mencapai tujuan.

23. Mampu mengatasi sesuatu yang buruk, memungkinkan memperoleh sesuatu yang baik - Donald Trump

Donald Trump

Donald Trump via businessinsider.com

 

Kesulitan tak selalu berarti hal yang buruk. Terkadang kita hanya harus mengubah persepsi kita saja. Sebuah kesulitan tidak akan hadir sendiri, dia akan membawa sesuatu yang lebih baik untuk kita. Tinggal bagaimana kita menyikapinya, apakah kesulitan itu dianggap sebagai penghambat atau justru sebagai tantangan bagi kita untuk bisa merebut sesuatu yang baik.

24. Kegagalan adalah jalan memutar, bukan jalan buntu - Zig Ziglar

Zip Ziglar

Zip Ziglar via ytimg.com

 

Kita kerap menganggap bahwa kegagalan merupakan akhir segalanya. Ketika kita gagal kerap kali kita mengutuk diri sendiri dan menyesali semua yang sudah kita kerjakan dan korbankan karena kegagalan tidak memberikan hasil baik pada kita. Tetapi kegagalan tidak seburuk itu, terkadang masalah datang bukan karena usaha kita tidak bertemu pada tujuan yang kita harapkan namun karena kita tidak bisa menerima kenyataan dan selalu menganggap kegagalan tidak memberikan celah kesempatan berusaha yang lebih baik.

25. Sebagian besar yang Anda inginkan adalah di luar zona kenyamanan Anda - Jack Canfield.

Jack Canfield 

Jack Canfield via ytimg.com

 

Dunia ini dipenuhi berbagai macam persaingan sengit yang terkadang mudah membuat kita putus asa dan merasa tidak pantas bersaing. Tapi ketahuilah bahwa semua orang pernah berpikir mengenai hal yang sama. Semua orang menginginkan sebuah tujuan yang mereka tahu bahwa orang lain pun juga menginginkannya. Perbedaannya, sebagian dari mereka berjuang dan mendedikasikan diri bahkan hidupnya untuk tujuan tersebut sementara sisanya memilih untuk keluar dari arena persaingan dan membuat mimpi baru yang siklusnya akan selalu sama. Permasalahannya sekarang, bagaimana Anda bisa keluar dari zona nyaman dan ikut bersaing dalam tujuan menggapai impian Anda?

Jadilah Sukses Seperti Yang Anda Bayangkan 

Dalam hidup selalu ada banyak pertimbangan. Tak jarang Anda pun harus melakukan pengorbanan untuk mendapatkan hal yang terbaik mesti nyatanya terlihat tidak baik. Begitu pula dengan kesuksesan. Anda harus bisa mengorbankan sesuatu yang sekiranya terlihat bukan sebagai hal baik di mata Anda. Namun ketahuilah, makna sukses tak hanya sedangkal pandangan mata saja. Jauh di dalam kata sukses tersimpan jutaan makna sukses yang beragam dan tak melulu soal keberhasilan pemenuhan hidup dan kebutuhan duniawi.

Bagaimana dengan Anda? Kesuksesan Anda dimulai dari keputusan Anda untuk mau berusaha mulai saat ini. Ambil keputusan, lakukan apa yang bisa Anda lakukan dengan tulus, fokus pada tujuan untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan.

Baca Juga : 11 Kata Kata Motivasi Kerja yang Akan Membuatmu Sukses