4 Langkah Cerdas yang Bisa Membantumu Membeli Mobil Impian

Memiliki mobil pribadi menjadi impian banyak orang, barangkali kamu salah satunya. Kendaraan pribadi akan memungkinkan kamu melakukan banyak hal dengan lebih leluasa, terutama jika kamu termasuk orang yang memiliki mobilitas tinggi. 

Namun pada kenyataannya, aset yang satu ini juga tidak selalu mudah didapatkan, sebab harganya terbilang mahal. Kamu perlu mengumpulkan banyak uang terlebih dahulu, untuk bisa mewujudkan impianmu yang satu ini.

Jika kamu sudah benar-benar ingin membeli sebuah mobil, maka pastikan kamu menjadikan ini sebagai salah satu target di dalam keuanganmu. Kamu tentu akan membutuhkan waktu yang panjang untuk mengumpulkan dananya, apalagi jika kamu sama sekali belum memiliki tabungan untuk kebutuhan yang satu ini. 

Namun jangan khawatir, dengan beberapa langkah cerdas dan komitmen yang kuat, kamu pasti bisa membelinya. Kelola uangmu dengan lebih ketat mulai sekarang dan fokuskan tujuan keuanganmu untuk mobil impianmu. 

Berikut ini adalah beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan untuk segera membeli mobil impian: 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

1. Fokuskan tabungan secara rutin 

loader

Menabung menjadi salah satu poin wajib yang harus segera kamu lakukan di dalam keuangan mulai sekarang. Harga mobil tidak bisa dianggap enteng, sehingga porsi tabungan kamu juga harus cukup besar setiap bulannya. 

Meski tidak bisa membeli mobil secara tunai, setidaknya kamu harus mengumpulkan lebih banyak uang yang kelak bisa dibayarkan sebagai uang muka. Semakin besar uang muka yang kamu bayarkan di awal, maka akan semakin ringan juga beban hutang yang kelak kamu harus lunasi. 

Tentukan porsi tabungan yang tepat dan bisa kamu alokasikan setiap bulannya. Ingat, jangan memaksakan diri untuk menabungkan terlalu besar uang setiap bulannya, sebab kamu juga harus memenuhi berbagai kebutuhan pokokmu dengan baik. 

Idealnya kamu menabungkan minimal 25% dari penghasilan setiap bulannya untuk kebutuhan pembelian mobil ini.

Misal: jika gaji kamu setiap bulannya sebesar Rp 8 juta, maka alokasikan 20% untuk tabungan membeli mobil ini. 

Rp 8.000.000,- x 25% = Rp 2 juta. 

Berdasarkan skema di atas, maka dalam setahun penuh kamu sudah bisa mengumpulkan dana sebesar Rp 24 juta. Menabunglah dengan konsisten dan alokasikan dana tersebut segera setelah kamu menerima gaji setiap bulannya. Hal ini akan mencegah kamu menunda atau bahkan meniadakannya dengan alasan tertentu. 

2. Berhemat dan pangkas pengeluaran tak penting

Tak cukup hanya menabung saja, kamu juga perlu melakukan penghematan di dalam keuangan. Fokuslah pada tujuanmu untuk membeli mobil, lalu kesampingkan berbagai keinginan yang tidak begitu penting lainnya, seperti traveling dan lainnya. 

Alokasi tabungan sebesar 25% sangat mungkin akan membuat kondisi keuanganmu berubah, sehingga kamu perlu melakukan penyesuain pada beberapa kebiasaanmu dalam membelanjakan uang. 

Mulailah lakukan penghematan di dalam keuangan, kamu bisa memangkas berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting. Kurangi berbagai hobi atau kebiasaan yang menguras uang, seperti: jajan, nongkrong di kafe, belanja baju dan sepatu, dan yang lainnya. 

Semua ini akan memungkinkan kamu menyimpan lebih banyak uang, sehingga lebih banyak dana yang bisa dialokasikan sebagai dana pembelian mobil mu kelak. 

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru agar Mendapatkan Penawaran Terbaik Dealers

3. Pilih yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu

loader

Jangan lupa untuk tetap realistis dengan impianmu yang satu ini. Tak perlu memaksakan diri untuk membeli mobil keluaran terbaru yang harganya luar biasa mahal, apalagi jika budget kamu tidak mencukupi. 

Alih-alih memberikan manfaat yang maksimal, pembelian mobil yang seperti ini justru bisa saja membawa kepada masalah keuangan. Hindari untuk membeli mobil di luar budgetmu.

Pilihlah mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu, tentunya yang sesuai dengan budget yang kamu miliki juga. Jika kamu belum mampu membeli mobil dalam kondisi baru, maka mobil bekas tentu bisa menjadi pertimbangan. 

Saat ini, kamu bisa menemukan banyak pilihan mobil bekas yang dijual masih dalam kondisi yang prima. Sambil mempersiapkan dananya, kamu akan memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan dan memilih salah satu di antaranya. 

4. Mulai lakukan investasi

Selain menabung, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Daripada uang tabungan mengendap di bank saja, akan jauh lebih baik untuk menginvestasikannya. 

Kamu bisa mendapatkan sejumlah keuntungan atas aktifitas yang satu ini, sehingga nilai tabungan tidak tergerus akibat terlalu lama mengendap di tabungan. 

Jika takut dengan resiko investasi yang tinggi, maka kamu bisa memilih instrumen investasi yang lebih aman, seperti emas dan juga deposito. 

Baca Juga: Tips Memilih Mobil yang Murah dan Irit

Beli Mobil Impianmu dengan Cara yang Tepat

Bagi kamu yang sudah sejak lama ingin memiliki sebuah mobil, tidak ada salahnya untuk segera mewujudkannya. Tata keuanganmu dan fokuslah untuk mencapai tujuan yang satu ini mulai sekarang. Tabung lebih banyak uang dan lakukan penghematan serta investasi, agar impianmu memiliki mobil bisa segera menjadi kenyataan.

Baca Juga: 7 Tips Membeli Mobil yang Pas untuk Keluarga