4 Tips Sukses Wawancara Kerja setelah Kena PHK

Pandemi sudah berlangsung lebih dari 6 bulan. Hal ini tentu membawa banyak sekali perubahan di dalam kehidupan kita, termasuk di dunia kerja. Berbagai perusahaan tak mampu bertahan dan melewati masa sulit ini, sehingga memberhentikan sebagian pekerja mau tidak mau harus menjadi pilihan. 

Gelombang PHK sudah mulai terjadi selama beberapa bulan belakangan, bahkan di perusahaan berskala besar. Kondisi seperti ini tentu tidak mudah untuk dihadapi, sebab akan ada banyak pengangguran yang kehilangan pekerjaan di luar sana. Jika kamu menjadi salah satu di antaranya, maka kondisi keuangan dan kehidupanmu secara keseluruhan tentu akan terasa berbeda dari biasanya.

Kehilangan pekerjaan memang tidak mudah, sebab hal ini akan sangat mempengaruhi kondisi keuanganmu. Namun selama era new normal, kondisi ekonomi sudah mulai menunjukkan geliat yang lebih positif. 

wawancara kerja

Beberapa perusahaan sudah mulai melakukan perekrutan karyawan, meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kamu harus bisa memanfaatkan hal ini dengan sebaik mungkin, agar kamu bisa bangkit dan kembali bekerja. Siapkan dirimu untuk menghadapi ketatnya persaingan kerja, mengingat jumlah pelamar tentu bisa saja sangat besar. 

Kamu harus menghadapi wawancara kerja dengan persiapan maksimal, agar peluang untuk diterima menjadi lebih besar.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa kamu lakukan untuk sukses wawancara kerja setelah PHK:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kelola emosimu hingga stabil dulu 

Kehilangan pekerjaan tentu bukan masalah yang mudah untuk dihadapi oleh semua orang. Dalam kondisi yang seperti ini, kamu bisa saja terpuruk dan mengalami masa-masa sulit yang cukup panjang. 

Namun jika ingin bangkit dan segera mendapatkan pekerjaan yang baru, maka kamu harus benar-benar dalam kondisi yang sudah siap. Mulailah kelola emosimu dengan baik hingga stabil terlebih dahulu. Buang semua kekecewaan dan berbagai perasaan negatif lainnya, agar kamu lebih siap untuk memulai sesuatu yang baru.

Saat kamu menghadapi sesi wawancara, kondisimu haruslah tenang dan nyaman. Hal ini akan membantumu lebih mudah untuk menghadapi pewawancara, termasuk untuk menjawab semua pertanyaan yang dilontarkannya. 

Kamu harus memiliki rasa percaya diri yang baik untuk menghadapi wawancara, termasuk untuk memenangkan ketatnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

Baca Juga:  Lakukan Ini untuk Mengurangi Grogi ketika Wawancara Kerja

2. Jujurlah tentang alasan mengapa kamu berhenti bekerja

Di dalam sesi wawancara, pewawancara tentu akan menanyakan tentang pekerjaanmu yang sebelumnya. Bagaimana pengalamanmu selama bekerja, termasuk alasan mengapa kamu berhenti bekerja di sana. 

Tidak perlu malu, bahkan meskipun kamu berhenti kerja karena terkena PHK. Sampaikan kepada pewawancara terkait hal tersebut, bahwa kamu menjadi salah satu karyawan yang dirumahkan pada masa pandemi ini. 

Saat kamu menceritakan tentang perusahaan sebelumnya, pastikan kamu tidak menunjukkan kesan buruk atau menjelekkan perusahaan tersebut. Kamu hanya perlu jujur dan menceritakan alasan sebenarnya, sehingga pewawancara tetap bisa menangkap kesan profesional di dalam dirimu. Hal ini akan menguntungkan dan memberimu nilai positif di dalam wawancara tersebut. 

3. Sampaikan apa saja yang kamu lakukan untuk berbenah

Jika kamu sudah jujur tentang alasan di atas, maka kamu juga perlu menceritakan tentang apa saja hal positif yang kamu petik setelah di PHK oleh pihak perusahaan. Sampaikan tentang upaya yang sudah kamu lakukan untuk berbenah dan mempersiapkan diri untuk bisa bekerja kembali. 

Jika selama ini kamu sudah mengasah kemampuan dengan mengikuti kelas online atau sejenisnya, maka ceritakan hal tersebut kepada pewawancara. 

Hal ini akan menunjukkan bagaimana kamu tetap berusaha untuk bisa bangkit dan mempersiapkan diri menjadi lebih baik lagi. Namun jangan sampai kamu mengada-ada terkait dengan hal ini, sebab pewawancara tentu akan bisa menilai dan melihat kejujuranmu selama sesi wawancara. Sampaikan kelebihanmu dan usahamu untuk bangkit secara jujur saja.

Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja

4. Perlihatkan kelebihanmu dan yakinkan pewawancara untuk menerimamu

Hal yang satu ini menjadi poin penting yang harus kamu persiapkan sejak awal. Kamu harus bisa merangkum apa saja yang menjadi kelebihan dan nilai jual mu di mata pewawancara. Tunjukkan bahwa kamu kompeten dan menjadi kandidat terbaik untuk posisi tersebut. 

Kamu harus meyakinkan pewawancara dengan skill yang mumpuni, termasuk ketertarikan yang besar untuk bergabung di perusahaan tersebut. Selain itu, tunjukkan juga sikap profesional dan etika yang baik selama sesi wawancara berlangsung. Hal ini penting dan akan memberimu nilai positif, sehingga peluang untuk diterima bekerja akan semakin besar saja. 

Siapkan mental dan dapatkan pekerjaan yang baru

Menjadi salah satu korban PHK di masa pandemi ini, kamu mungkin merasa terpuruk selama beberapa waktu. Hindari kondisi seperti ini dalam waktu yang panjang, pastikan kamu sudah siap untuk kembali bekerja dan mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Siapkan mental untuk menjalani sesi wawancara kerja, agar kamu bisa segera mendapatkan sebuah pekerjaan yang baru dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Rahasia Penilaian Saat Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui