5 Alasan Sarapan Oats Setiap Hari Bikin Tubuh Lebih Sehat

Sarapan menjadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Dengan sarapan tentunya akan memberikan nutrisi dan energi pada tubuh, sehingga kamu bertenaga dan siap menghadapi rutinitas di pagi hari. 

Menu sarapan setiap orang akan berbeda-beda, tergantung pada kebiasaan masing-masing orang tersebut. Pada umumnya menu sarapan ini tidaklah seberat menu makan siang, sehingga jarang menggunakan nasi lengkap dengan sayur dan lauk pauknya. Meski begitu, menu sarapan tetap harus memenuhi kebutuhan energi dengan baik, terutama jika kamu termasuk orang yang sibuk dan memiliki rutinitas padat sepanjang hari.

Ada banyak menu sarapan yang familiar dengan masyarakat Indonesia, seperti: nasi goreng, roti, telur rebus, dan bahkan oats. Di antara berbagai menu tersebut, oats mungkin menjadi salah satu yang kurang banyak diminati di tanah air, meskipun pada dasarnya makanan yang satu ini memiliki banyak nutrisi berguna bagi tubuh. 

Jika selama ini kamu termasuk orang yang jarang mengkonsumsi oats, maka sudah waktunya kamu mulai lebih sering menikmati menu yang satu ini. Selain manfaatnya yang baik bagi kesehatan, oats juga lezat dan begitu mudah untuk disajikan sebagai menu sarapan. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Alasan Pentingnya Konsumsi Oats Setiap Hari

loader
Konsumsi Oats

Berikut beberapa alasan penting jadikan oats yang juga dikenal dengan nama latin Avena Sativa sebagai menu sarapan setiap hari, di ataranya:

akan membantumu menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan hingga menjaga kadar gula darah tetap stabil.

1. Mengandung Banyak Vitamin 

Oats mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti: vitamin B1, B3, B5, dan B6, folat, fosfor, magnesium, zat besi, seng, kalsium, kalium, mangan, protein, dan juga karbohidrat kompleks. 

2. Mengandung Beta-glucan

Oats memiliki kandungan beta-glucan yang sangat berguna bagi tubuh. Serat alami ini akan bisa memberikan banyak sekali menfaat positif di dalam tubuh, antara lain: mengurangi dan menekan kadar kolesterol di dalam tubuh, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna, melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Menjaga Berat Badan

Kaya akan serat dan juga protein, sejak lama oats memang dikenal sebagai salah satu menu diet yang ampuh menjaga berat badan. Kandungan serat dan juga protein di dalam oats akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

4. Memperlancar Peredaran Darah

Oats memiliki kandungan antioksidan yang bisa menurunkan tekanan dalam darah, sebab makanan ini dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Zat yang satu ini dapat membuat pembuluh darah lebih melebar, sehingga tekanan darah menjadi lebih rendah dan bisa berjalan dengan lancar. 

5. Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil

Bagi penderita diabetes, oats akan sangat berguna untuk membantu kadar gula tetap dalam kondisi yang stabil. Meskipun memiliki kandungan karbohidrat, oats memiliki indeks glikemik yang terbilang rendah, sehingga mampu menjaga kondisi kadar gula di dalam darah tetap stabil. Hal ini akan sangat berguna bagi penderita atau bahkan orang yang rentan dengan penyakit diabetes. 

Baca Juga: Dear Ladies, Sering Nyeri Haid? Coba Perhatikan Asupan Ini

Jeli Ketika Membeli Oats

loader
Oats

Pada dasarnya, secara alami oats merupakan makanan yang bebas gluten. Namun di dalam proses pemanenannya, oats bisa saja terpapar melalui berbagai peralatan yang digunakan selama proses panen ini, sehingga pada akhirnya mengandung gluten. Hal ini tentu patut menjadi perhatian, terutama untuk kamu yang rentan atau bahkan memiliki penyakit Celiac (alergi gluten). 

Pastikan kamu tidak mengabaikan hal di atas. Cermatlah ketika akan membeli oats, pilih produk oats yang sudah memiliki sertifikasi bebas gluten dan aman untuk kamu konsumsi. Hal ini akan membantu untuk menghindari resiko alergi dan juga hal lainnya yang berkaitan dengan kandungan gluten di dalam oats. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat baik oats secara maksimal untuk kesehatan tubuhmu. 

Baca Juga: Semakin Sehat, Semakin Banyak Uang

Jadikan Oats Sebagai Menu Sehat Harian yang Wajib Dikonsumsi 

Mengkonsumsi oats sebagai menu harian bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu. Makanan yang lezat ini bisa kamu tambahkan berbagai campuran makanan lainnya, seperti buah-buahan kiwi, stroberi, jeruk atau lainnya sehingga lebih nikmat ketika disantap. 

Bukan hanya saat sarapan saja, makanan yang satu ini juga bisa kamu santap sebagai menu makan siang dan bahkan makan malam. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari biji-bijian yang satu ini, maka mulailah menjadikan oats sebagai menu wajib harianmu.

Baca Juga: Mulai Hidup Sehat Dengan Mulai Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini!