5 Media Sosial Paling Populer Sejagat, Siapa Jawaranya?

Zaman now, gadget dan internet adalah hal yang tak bisa dipisahkan dalam aktivitas kita sehari-hari. Hidup terasa hampa tanpa ada keduanya.

Bangun tidur, yang pertama kali dicari pasti gadget alias ponsel. Cek instan messanger sampai mantau update-an status teman di media sosial.

Bicara soal media sosial atau medsos, platform ini sudah menjadi kebutuhan. Untuk berkomunikasi, mencari informasi dan hiburan, bahkan jadi ladang uang lewat bisnis online.

Dari media sosial pun, kamu bisa viral dan terkenal dengan melakoni profesi sebagai youtuber, selebgram, influencer, dan food vlogger.

Baca Juga: 5 Jenis Komentar Berujung Pidana, Ini Cara Hindari Asal Bicara di Medsos

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Orang RI Doyan Main Medsos

sosial media
Orang RI doyan main medsos

Berdasarkan data We Are Social per Januari 2020, pengguna internet di Indonesia sebanyak 175,4 juta. Naik 17% atau 25 juta pengguna dibandingkan tahun lalu. Sementara dari angka itu, pengguna yang aktif di media sosial mencapai 160 juta. Di mana 99% penggunanya mengakses lewat ponsel.

Laporan terbaru dari platform manajemen media sosial Hootsuite ini juga menunjukkan rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Indonesia usia 16-64 dalam mengakses media sosial mencapai 3 jam 26 menit per hari.

Media sosial makin digandrungi. Bukan cuma sebagai hiburan di kala bosan tingkat dewa, tapi juga menjadi wadah untuk mengekspresikan diri, seperti tulisan status, foto, video, dan mata pencaharian.

Baca Juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Konten di Media Sosial

5 Media Sosial Paling Populer Sejagat

Dulu paling banter medsos yang kita kenal Friendster, miRC, Mig33, atau MySpace. Namun dewasa ini, jumlahnya makin banyak. Berikut 5 media sosial terpopuler di dunia menurut penelitian Sensor Tower, perusahaan riset pasar aplikasi mobile di kuartal II-2020:

1. TikTok

Tiktok
Medsos paling beken seantero dunia juaranya adalah TikTok

TikTok menjadi medsos paling hits zaman now. Merupakan aplikasi video singkat yang dilengkapi dengan berbagai filter, musik, dan fitur lainnya. Kalau menarik, video TikTok-nya bisa viral karena ditonton banyak orang, seperti video Tiktok Salam Taraktakdung, Akang Gendang, Entah Apa yang Merasukimu, sampai video lamaran kerja pakai TikTok.

Di aplikasi TikTok, semua orang bebas berkreasi, menciptakan dan membagikan video. Platform ini lagi digandrungi. Di Google Play Store maupun AppStore, TikTok tercatat sudah diunduh lebih dari 300 juta pengguna di kuartal I dan II tahun ini.

2. Facebook

Facebook
Facebook menjadi medsos terpopuler nomor dua di dunia

Facebook, aplikasi lawas yang masih populer hingga saat ini. Medsos besutan Mark Zuckerberg itu menjadi salah satu pelopor media sosial yang menjadi tempat banyak orang saling berbagi melalui teks, video, dan foto.

Tenar sejak 2004, Facebook begitu disukai orang dari seluruh dunia karena fitur-fiturnya yang mudah digunakan untuk saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Laporan Facebook kuartal II-2020 menunjukkan, pengguna aktif bulanan Facebook mencapai lebih dari 2,7 miliar.

3. Instagram

Instagram
Instagram berada diurutan ketiga sebagai medsos paling beken sejagat

Media sosial dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar per bulan berdasarkan penelitian We Are Social 2020. Adalah platform visual terbesar saat ini. Instagram menjadi tempat untuk menyampaikan pesan melalui foto dan video yang kreatif.

Hanya dalam genggaman tangan, pengguna bisa mengambil foto atau video, mengeditnya dengan berbagai tools dan filter, lalu mengunggahnya sekaligus. Instagram juga memiliki fitur Instagram Story yang mudah digunakan untuk menangkap momen dalam video singkat.

Mau lebih lama dan langsung disaksikan banyak pengikutmu? Bisa pakai fitur IG Live. Aplikasi ini pun bisa ‘mengubah’ konten jadi uang. Asal punya banyak follower, konten menarik, tawaran endorse pun datang. Tarifnya mulai dari ratusan ribu sampai miliaran rupiah sekali posting.

4. Snapchat

Snapchat
Medsos terpopuler nomor empat Snapchat

Snapchat merupakan aplikasi pesan mobile yang unik. Di mana pengguna dapat saling berkirim video dan foto, kemudian secara otomatis akan terhapus dalam beberapa detik.

Pengguna juga dapat membuat video atau foto menjadi lebih kreatif dengan menambahkan teks atau coretan pensil. Video atau foto tersebut bernama Snap dan dapat dikirimkan ke teman yang ada di dalam kontak. Riset We Are Social 2020 mendapati pengguna Snapchat mencapai lebih dari 300 juta per bulannya.

5. Likee

Likee
Likee berada di ranking kelima

Aplikasi media sosial terpopuler lainnya adalah Likee. Platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura di bawah naungan BIGO Technology Pte., Ltd. Berdiri tahun 2017, Likee memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam membuat video kreatif karena memiliki lebih dari 2.000 efek video.

Sesuai dengan slogannya, Saatnya Kamu Bersinar, Likee digunakan kebanyakan orang untuk mengekspresikan diri sesuai dengan hobinya. Aplikasi medsos ini tersedia di Google Play Store dan AppStore di lebih dari 200 negara dan kawasan, termasuk Indonesia, Rusia, Cina, Amerika Serikat, dan Brazil. Hingga saat ini Likee telah memiliki lebih dari 150 juta total pengguna di seluruh dunia.

Gunakan Medsos dengan Bijak

Media sosial dapat membawa pengaruh dahsyat bagi kehidupanmu. Bisa positif, tapi juga bisa negatif. Jika menggunakan medsos dengan bijak, kamu akan merasakan manfaatnya, seperti jadi tempat promosi jualan, memperbanyak teman, sarana berbagi, dan lainnya.

Akan tetapi, medsos juga bisa memberi efek negatif, di antaranya menjadi candu, mengganggu hubungan, tindak kejahatan. Jadi, jangan ngawur. Main medsos ada etikanya karena bisa saja malah menjadi malapetaka yang berujung pada pidana. Tetap hati-hati dalam berbagi banyak hal di medsos.

Baca Juga: Bahaya Kecanduan Sosial Media dan Cara Mengatasinya