5 Strategi Cerdas Dongkrak Ekspor Buah Asli Indonesia

KOMPAS.com - Indonesia termasuk satu dari sekian banyak negara dengan hasil buah terbanyak dan beragam di dunia. Sebut saja pisang, mangga, jeruk dan durian merupakan beberapa produk buah unggulan yang sangat diminati pasar internasional.

Ada banyak jenis buah lain yang punya potensi tak kalah besar untuk masuk pasar ekspor. Meski bukan hal yang mudah, mendongkrak ekspor buah asli Indonesia tentunya bukanlah hal yang mustahil.

Dilansir dari Cermati.com, simak lima strategi dan tips yang bisa membantu meningkatkan peluang ekspor buah asli Indonesia berikut ini:

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Kualitas menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika ingin ekspor buah asli Indonesia meningkat. Kualitas buah yang maksimal akan memudahkan buah asli Indonesia bersaing di pasar internasional, sehingga lebih diminati.

Untuk itu, pahami juga standar kualitas ekspor yang diberlakukan secara internasional. Sebut saja GAP atau Good Agricultural Practices, dan juga HACCP atau Hazard Analysis and Critical Control Points.

Meningkatkan kualitas hasil buah dapat dimulai dari awal produksi, yakni dari pemilihan bibit, perawatan hingga proses panen dan penyimpanan. Dengan kualitas produk yang sesuai standar pasar internasional, maka buah asli Indonesia bisa lebih mudah masuk dan diterima pasar internasional.

2. Lakukan Pemasaran dan Promosi yang Intensif

Selain kualitas produk yang harus sesuai standar pasar internasional, jangan lupa soal pemasaran dan promosi. Karena dua hal ini juga tak kalah penting dalam mendorong tingkat ekspor buah asli Indonesia.

Langkah pemasaran yang diambil akan sangat mempengaruhi bagaimana pasar internasional bisa mengenal buah asli Indonesia. Untuk itulah, perlu diperhatikan strategi pemasaran seperti apa yang tepat untuk dilakukan.

Sekarang ini, teknologi digital menjadi sarana pemasaran dan promosi yang cukup efektif. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet dan jangkauan media sosial yang begitu luas, buah asli Indonesia akan lebih mudah dikenal dan menarik minat pasar internasional.

Pemasaran dan promosi secara digital ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan membangun situs web atau masuk dan bergabung dengan e-commerce internasional. Kemudian, gunakan media tersebut untuk memperkenalkan produk buah asli Indonesia.

Dengan begitu, ini akan lebih memudahkan calon pembeli dari mancanegara untuk menemukan produk buah asli Indonesia yang diinginkan. Selain situs web atau e-commerce internasional, media sosial juga termasuk sarana promosi digital yang cukup efektif.

Agar bisa menarik minat audiens luar negeri, pastikan untuk membuat konten promosi yang menarik. Ke depankan kualitas dan sesuaikan dengan target market agar produk buah asli Indonesia bisa semakin dikenal masyarakat internasional.

3. Bangun Networking dengan Maksimal

Dalam mendorong peningkatan ekspor buah asli Indonesia, membangun jaringan atau networking termasuk hal penting yang wajib diperhatikan. Dalam membangun networking ini banyak pihak yang bisa Anda ajak untuk kerja sama.

Mulai dari petani buah lokal, pengusaha, pemerintah, hingga perwakilan dagang negara tujuan ekspor. Dengan membangun dan mengembangkan networking, ini akan memudahkan Anda dalam memperluas market. Termasuk menjalin hubungan kerja sama yang menguntungkan dengan pemain di pasar internasional.

Bukan hanya itu, Anda juga harus bisa membangun hubungan kerja yang baik dengan perusahaan di bidang transportasi dan logistik. Karena mereka juga berperan dalam proses pengiriman produk ke negara tujuan dengan aman.

Jalinan hubungan kerja yang baik dengan banyak pihak akan memberikan pengaruh yang luar biasa. Termasuk dari segi keamanan dan kualitas produk, sehingga buah asli Indonesia akan tetap terjaga kualitasnya hingga ke tangan pelanggan.

Baca juga: Ide Pertanian Modal Kecil untung Besar

4. Kembangkan Inovasi Buah Ekspor

Faktor penting yang turut mendorong ekspor buah asli Indonesia adalah dari inovasi yang dikembangkan. Inovasi produk yang akan diekspor bisa disesuaikan dengan dengan permintaan market internasional.

Contohnya, mengembangkan produk turunan yang dihasilkan dari olahan buah. Misalnya kue, jeli atau selai yang bisa bertahan cukup lama meski tanpa bahan pengawet. Dengan inovasi produk, hal ini bisa turut meningkatkan nilai tambah dari produk buah tersebut.

Bukan hanya membuat produk baru, inovasi juga dapat dilakukan dengan menciptakan varietas baru, terutama dari bibit buah unggul yang sebelumnya dikembangkan. Supaya menghasilkan produk baru yang memiliki banyak keunggulan dan berdaya saing lebih di market internasional. Contoh, mengembangkan varietas melon yang lebih manis, tidak mudah busuk dan sebagainya.

5. Memperluas Jangkauan Market

Selanjutnya, strategi pemasaran yang cukup penting dalam mendongkrak ekspor buah asli Indonesia adalah dengan memperluas pasar. Salah satu caranya adalah dengan menemukan market baru yang lebih potensial.

Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan dan China merupakan pasar yang cukup potensial untuk dieksplorasi lebih dalam. Selain itu, perluasan market bukan hanya dari banyaknya negara tujuan ekspor tapi juga produk yang dihasilkan.

Ditambah lagi, menyasar ke market yang jauh lebih spesifik juga penting dilakukan. Seperti fokus ke produksi buah organik misalnya. Ini karena pasar internasional umumnya lebih menyukai produk organik.

Mendongkrak ekspor buah asli Indonesia memang perlu strategi yang cerdas, agar hasil yang diperoleh memuaskan. Mulai dari meningkatkan kualitas produk, kemudian mendukungnya dengan langkah pemasaran hingga promosi yang tepat.

Lalu dioptimalkan lagi dengan mengembangkan inovasi, membangun jaringan dan memperluas market. Strategi yang tepat akan membantu memaksimalkan daya saing buah asli Indonesia di pasar internasional.