5 Strategi Sukses Menabung DP Rumah

Rumah bukanlah aset yang mudah untuk dimiliki. Harganya yang terbilang tinggi menjadi tantangan tersendiri dalam membeli aset yang satu ini secara tunai. 

Jika tidak memiliki dana yang memadai, maka membeli rumah secara kredit bisa menjadi pilihan yang tepat. Cukup hanya dengan menyiapkan uang muka atau Down Payment (DP) saja, maka rumah impian sudah bisa dimiliki.

Di dalam prakteknya,  jumlah DP yang dibutuhkan juga bisa saja terbilang cukup besar, tergantung pada harga rumah yang akan dibeli nanti. Pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk menyiapkan DP ini dengan baik sejak awal. 

Hal ini penting,  agar rencana membeli rumah impian bisa segera diwujudkan. Selain itu, kesuksesan dalam menyiapkan DP ini juga akan mempermudah kamu membayar cicilan rumah tersebut di masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa cara cerdas yang bisa dilakukan untuk menabung DP rumah: 

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

1. Tentukan jumlah DP yang akan ditabung

loader

Rumah seperti apa yang akan kamu beli dan berapa harganya? Pertanyaan ini merupakan salah satu poin penting yang harus dijawab sejak awal.

Semakin mahal harga rumah yang kamu inginkan, maka akan semakin besar juga DP yang harus disiapkan. Penting untuk realistis dalam menentukan  pilihan,  agar kamu bisa mempersiapkan DP ini dengan baik kedepannya.

 Kamu bisa memulai hal ini dengan melihat rumah seperti apa yang kamu inginkan terlebih dahulu. Hal ini akan memberikan gambaran  tentang harga dan kisaran DP yang harus disiapkan. 

Jika jumlah DP ini sudah ditentukan,  maka membuat gambaran tentang durasi waktu untuk menabung tentu akan menjadi lebih mudah juga.

Baca Juga: Beli Rumah di Pinggir Kota, Kenapa Tidak?

2. Anggarkan nominal yang tepat dari keuangan

Hindari untuk mengalokasikan sebagian besar penghasilan bulanan ke dalam tabungan DP ini. Kamu harus tetap realistis, mengingat ada banyak kebutuhan lainnya yang harus  dipenuhi dengan mengandalkan penghasilan tersebut.  

Jangan sampai berbagai kebutuhan pokok justru terganggu,  hanya karena setiap bulannya terlalu banyak uang yang dialokasikan ke dalam tabungan DP rumah.

 Tentukan nominal uang yang tepat  dan bisa dialokasikan ke dalam tabungan ini. Pastikan kamu mendahulukan berbagai kebutuhan pokok terlebih dahulu setiap bulannya, termasuk berbagai tagihan tetap yang harus kamu bayarkan. 

Hal ini akan menjamin kebutuhan dan kehidupan kamu tetap berjalan dengan normal, meskipun sedang mempersiapkan sejumlah tabungan untuk pembelian rumah.

3. Hitung kemampuan keuangan

loader

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melihat kemampuan keuangan. Hitunglah berapa dana yang bisa dialokasikan ke dalam tabungan DP rumah ini. Hal ini bisa ditentukan dalam jumlah persentase tertentu.  

Misalnya:  10%,  20% atau bahkan 30% dari penghasilan setiap bulannya. Semakin besar persentase yang ditentukan,  maka jumlah dana yang bisa dialokasikan ke dalam tabungan ini juga tentu akan semakin banyak. 

4. Alokasikan tabungan DP rumah ke rekening khusus

Jangan mencampurkan tabungan DP rumah dengan dana lainnya di dalam keuangan.  Hal ini beresiko mengacaukan rencana pembelian rumah tersebut,  sebab dana tersebut bisa saja terpakai untuk berbagai kebutuhan lainnya. 

Pisahkan tabungan DP rumah ini ini ke dalam rekening khusus, kamu bisa mengosongkan salah satu rekening atau membuka sebuah rekening yang baru untuk kebutuhan ini.  Fokuskan rekening tersebut untuk kebutuhan yang satu ini saja.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Beli Rumah KPR?

5. Menabung dengan disiplin dan konsisten

loader

Menyiapkan tabungan DP rumah mungkin saja akan membutuhkan waktu yang panjang,  apalagi jika menginginkan rumah yang terbilang cukup mahal.  

Penting untuk memahami hal ini dengan baik sejak awal, agar persiapan tabungan DP rumah ini bisa sukses. Mulailah alokasikan dana tabungan DP rumah setiap bulannya ke dalam rekening yang telah disiapkan.

 Segera alokasikan dana tersebut  sesaat setelah kamu menerima gaji setiap bulannya. Jika perlu, gunakan layanan auto debit untuk mempermudah dan menghindari resiko lupa. 

Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan sebagian bonus atau THR yang kamu dapatkan untuk kebutuhan yang satu ini. Lakukan hal ini dengan disiplin dan konsisten,  agar jumlah DP yang dikumpulkan bisa segera terpenuhi dengan baik. Hal ini juga akan mempermudah dalam membeli rumah impian dengan lebih cepat. 

Siapkan DP Rumah dengan Cara yang Tepat 

Mengumpulkan DP rumah kerap menjadi tantangan tersendiri untuk sebagian orang yang berniat membeli rumah secara kredit. Pastikan merencanakan pengadaan tabungan DP ini dengan baik sejak awal,  sehingga lebih mudah untuk direalisasikan. 

Tabung dan siapkan DP rumah dengan cara yang tepat,  agar impian untuk memiliki rumah idaman bisa segera diwujudkan.

Baca Juga: Beli Rumah tapi Malah Tekor? Cek, Mungkin Kamu Lakukan Kesalahan Ini