5 Surga Wisata Alam Tersembunyi di Indonesia yang Keren Banget

Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sejauh itupula hamparan keindahan alam tersaji memanjakan mata siapapun yang berkunjung. Mau wisata alam gunung dan pantai, wisata budaya, wisata kuliner, wisata halal, dan wisata lainnya serba ada.

Bicara soal keindahan alam Indonesia tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada yang membuat wisatawan, terutama turis asing terkesan. Situs penyedia panduan wisata, Rough Guides merilis  daftar 20 negara terindah di dunia, berdasarkan voting warganet dari seluruh dunia. Hasilnya Indonesia berada di peringkat ke-6, mengalahkan negara lain yang juga terkenal akan daya tarik wisatanya, seperti negara Islandia, Amerika Serikat, Finlandia, Switzerland, dan India.  

Sayangnya, kalau kamu menanyakan tentang Indonesia kepada bule, mereka hanya kenal Bali dan Lombok. Padahal Indonesia begitu luas. Banyak destinasi wisata yang tereksplor, bahkan terjamah oleh pengunjung, sehingga belum terlalu terkenal seperti Pulau Dewata.

Baca Juga: Liburan Itu Penting! Ini Dia 7 Alasannya

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Inilah beberapa tujuan wisata yang masih jarang diketahui traveler:

1. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

loader
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Destinasi wisata pertama yang tengah naik daun adalah Banyuwangi. Terletak di ujung timur Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi menyimpan surga wisata alam yang sangat indah. Jarak dari Bali ke Banyuwangi pun tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh 2 jam menggunakan kapal cepat. Meski sedang populer, tapi belum banyak yang tahu Banyuwangi memiliki pantai cantik bernama Red Island atau dikenal Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah masih bersih dan indah dengan latar belakang bukit hijau. Berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, kamu bisa melakukan kegiatan surfing “bersahabat dengan ombak” atau sekadar menikmati sunset. Untuk berwisata ke Pantai Pulau Merah, harga tiket masuk Rp8.000 per orang.

2. Air Terjun Benang Stokel, Lombok

loader
Air Terjun Benang Stokel, Lombok

Lombok merupakan destinasi wisata Indonesia yang sudah mendunia. Meski sempat berduka akibat bencana alam gempa tahun 2018 lalu, Lombok bangkit. Selain menawarkan keindahan pantai yang eksotis, seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, ternyata Lombok punya Air Terjun Benang Stokel.

Objek wisata yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah masuk dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Benang Stokel memiliki arti nama seikat benang karena air terjun yang tumpah dari ketinggian sekitar 20-30 meter ini menyerupai ikatan benang.

Airnya bening dan segar, udaranya dingin, suasananya tenang. Jadi sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing, menyegarkan pikiran. Jika ingin menikmati kesegaran Air Terjun Benang Stokel, kamu perlu membayar Rp10.000 per orang, parkir motor Rp2.000, dan parkir mobil Rp5.000 per unit.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

3. Pantai Ora, Maluku

loader
Pantai Ora, Maluku

Surga tersembunyi lain yang wajib masuk list liburanmu, yakni Pantai Ora di Maluku. Pantai-pantai di kawasan Timur Indonesia memang top banget. Nah di Pantai Ora ini, kamu akan disuguhi pemandangan air laut jernih nan biru dengan latar belakang pegunungan kapur. Sangat cocok buat kamu yang mau snorkeling maupun diving melihat keindahan bawah laut.

Saking cantiknya, eksotisme Pulau Ora disejajarkan dengan Pulau Maladewa atau Maldives, dan Pulau Bora-Bora di Prancis. Untuk bisa melancong ke Pulau Ora, kamu perlu merogoh kocok jutaan rupiah. Bukan karena harga tiket masuk yang mahal, tapi akses untuk sampai ke sana harus menggunakan jalur udara, laut, dan darat.

4. Danau Kaco, Jambi

loader
Danau Kaco, Jambi

Berlokasi di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi, Danau Kaco memberikan pemandangan yang mempesona. Saat menginjakkan kaki di danau ini, kamu akan berdecak kagum menyaksikan mahakarya Tuhan yang bersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Airnya sangat biru dan jernih. Danau Kaco dikelilingi rimbunan pohon, sehingga membuat udaranya segar dan asri.

Danau Kaco semakin indah bila dilihat pada malam hari. Terutama saat bulan purnama memantulkan cahayanya ke danau. Nah untuk menuju lokasi wisata ini, kamu harus treking menyusuri hutan selama 4 jam. Harga tiket masuknya sebesar Rp5.000 per orang.

5. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

loader
Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Bila kamu sedang liburan ke Gunung Bromo ataupun Gunung Semeru, Jawa Timur, jangan lupa mampir ke objek wisata Air Terjun Madakaripura. Air terjun ‘abadi’ yang dipercaya menjadi tempat Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit bertapa sebelum mengucap sumpah palapa untuk menyatukan wilayah Nusantara.

Terletak di Dusun Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur ini, Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 200 meter. Keindahan air terjun yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut sangat mengagumkan karena dikelilingi tebing menjulang gagah.

Kamu perlu berjalan kaki sekitar 30 menit untuk sampai ke Air Terjun Madakaripura. Tapi rasa lelah akan terbayar dengan pesona alam yang menakjubkan. Membuat hati dan pikiran tenang, rileks kembali. Harga tiket masuk ke Air Terjun Madakaripura sebesar Rp11.000 per orang (Senin-Jumat), dan Rp13.000 (Sabtu dan Minggu). Biaya parkir motor dan mobil masing-masing Rp3.000 dan Rp5.000.

Jalan-jalan Makin Hemat dengan Kartu Kredit

Indonesia sangat kaya dengan keindahan alamnya. Kamu bisa menjelajahi Sabang sampai Merauke untuk menemukan surga-surga wisata di setiap daerah. Persiapkan keuangan dengan baik jika ada rencana keliling Nusantara karena pastinya membutuhkan biaya cukup besar. Manfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan promo-promo menarik, seperti tiket pesawat, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Kartu Kredit Bagi Anda yang Suka Travelling