5 Tips Melakukan Pelunasan Cicilan Mobil Lebih Awal

Memiliki mobil yang dibeli dengan cara kredit, kamu tentu sudah terbiasa membayar cicilan rutin setiap bulannya. Selama beberapa tahun kedepan kamu akan memiliki kewajiban untuk selalu membayar cicilan dengan tepat waktu, sesuai dengan perjanjian yang sudah dengan perusahaan pembiayaan.

Namun jika ternyata di tengah jalan kamu memiliki dana yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pelunasan lebih awal. Tindakan seperti ini cukup lazim dilakukan, terutama oleh mereka yang sudah memiliki cukup banyak dana untuk melakukan pelunasan lebih cepat. 

Pelunasan awal seperti ini harus dilakukan dengan cara yang tepat, sebab ada hal-hal terkait perjanjian kredit ini yang harus kamu penuhi dengan baik kepada perusahaan pembiayaan. Hal ini penting, untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman dan kerugian di masa yang akan datang.

Simak beberapa tips di bawah ini, yang bisa dilakukan jika ingin melakukan pelunasan kredit mobil lebih awal: 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Mobil Terbaik Sekarang!  

1. Siapkan biaya penalti

loader

Dalam perjanjian pembelian mobil secara kredit, kamu memiliki kewajiban untuk melakukan pelunasan cicilan mobil tersebut sesuai dengan tenor yang sudah dipilih. 

Namun jika ingin melakukan pelunasan lebih awal,  maka hal ini juga akan dimungkinkan, tentunya dengan sejumlah persyaratan. Kamu akan memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah biaya penalti atas pelunasan yang dilakukan lebih awal seperti ini.

Besaran penalti yang harus kamu bayarkan akan sangat tergantung pada kebijakan perusahaan pembiayaan yang digunakan. Penting untuk memahami hal ini sejak awal, sebab bisa saja jumlah penalti ini terbilang cukup besar. 

Kamu harus menyiapkan biaya penalti ini sejak awal, hingga proses pelunasan mobil bisa dilakukan dengan lancar dan tanpa masalah.

2. Melakukan pelunasan sebelum 1 tahun kredit

Pelunasan cicilan mobil kamu bisa kamu lakukan sewaktu - waktu,  jika sudah memiliki dana yang mencukupi untuk urusan tersebut. Namun di dalam prakteknya, masing-masing perusahaan pembiayaan akan memiliki aturan terkait dengan hal ini. 

Beberapa perusahaan pembiayaan  bisa saja memungkinkan untuk melakukan pelunasan sebelum 1 tahun kredit, namun beberapa perusahaan lainnya kemungkinan tidak mengizinkan hal tersebut.

  Pastikan memahami hal ini dengan baik, bisa menanyakan informasi tersebut kepada perusahaan pembiayaan terlebih dahulu. Selain terkait waktu pelunasan, perlu juga untuk menghitung besaran biaya penalti yang harus dibayarkan. 

Pada umumnya,  semakin cepat melakukan pelunasan, maka akan semakin besar juga biaya penalti yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Beli Sekarang Atau Nanti? Ini Tips Atur Uang Biar Bisa Beli Mobil 

3. Melakukan pelunasan setelah 1 tahun kredit

loader

Masih terkait dengan waktu pelunasan,  bisa melunasi cicilan ini setelah menjalani masa cicilan berjalan lebih dari 1 tahun. Biasanya hampir semua perusahaan pembiayaan memungkinkan dalam melakukan pelunasan setelah 1 tahun masa cicilan seperti ini.  

Namun meski begitu,  penting bagi kamu untuk menanyakan hal ini kepada perusahaan pembiayaan yang digunakan terlebih dahulu.

  Kamu juga perlu menanyakan tentang besaran penalti yang harus dibayar nantinya. Rata-rata perusahaan pembiayaan akan menerapkan besaran penalti sekitar 5% dari total sisa utang yang masih dimiliki, jika sudah melakukan cicilan lebih dari 1 tahun seperti ini. 

Tanyakan hal ini terlebih dahulu, agar bisa menyiapkan dana dalam jumlah yang tepat. 

4. Pahami dan siapkan biaya administrasi pelunasan

Selain biaya penalti dalam pelunasan cicilan mobil,  kamu juga memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah biaya administrasi. Jumlah biaya administrasi ini akan beragam, tergantung pada kebijakan perusahaan pembiayaan yang digunakan. 

Tanyakan informasi biaya ini terlebih dahulu, bisa menghubungi pihak perusahaan pembiayaan melalui sambungan telepon atau yang lainnya. Hal ini akan memudahkan urusanmu,  sehingga proses pelunasan mobil bisa berjalan dengan lebih mudah nantinya. 

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Dengan Gaji Rp3 Juta? Ini Pertimbangannya!

5. Datangi perusahaan pembiayaan dan lakukan pelunasan

loader

 Jika dana sudah siap, kamu tinggal mendatangi perusahaannya. Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan datangi perusahaan pembiayaan yang digunakan. 

Lakukan pelunasan cicilan mobil kamu secara langsung di sana. Ikuti semua prosedur pelunasan ini dengan baik,  agar urusan ini bisa selesai dengan lebih cepat. 

Jangan lupa untuk mengambil BPKB mobil dan membawanya pulang, setelah kamu melakukan pelunasan cicilan mobil tersebut.

Melakukan Pelunasan Cicilan Mobil dengan Cara yang Tepat

Pelunasan cicilan mobil lebih awal bisa menjadi pilihan, jika sudah memiliki dana yang memadai untuk kebutuhan yang satu ini. Hubungi lembaga pembiayaan yang digunakan dan tanyakanlah semua prosedur yang berkaitan dengan urusan ini. 

Lakukan pelunasan cicilan mobil dengan cara yang tepat, agar proses ini bisa berjalan dengan mudah dan diselesaikan tanpa masalah.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Baru agar Mendapatkan Penawaran Terbaik Dealers