6 Anggapan yang Kurang Tepat Tentang Kartu Kredit

Melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan nyaman merupakan kebutuhan tersendiri untuk sebagian besar orang. Banyak cara digunakan untuk membuat transaksi bisa berjalan dengan lancar, salah satunya dengan menggunakan fasilitas keuangan.

Kartu kredit menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan. Bukan hanya mudah, alat pembayaran yang satu ini juga kerap dianggap bisa memberikan banyak keuntungan.

Jumlah pengguna kartu kredit yang begitu tinggi menjadi salah satu bukti bagaimana produk ini terbilang sukses di pasaran. Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan di dalam produk ini, beberapa bahkan bisa disesuaikan dengan jenis kebutuhan.

Namun di lain sisi, sebagian orang juga memiliki anggapan yang salah tentang kartu kredit. Hal ini tentu patut disayangkan, mengingat ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa dimanfaatkan dalam produk ini.

Berikut ini adalah beberapa anggapan yang kurang tepat tentang fasilitas kartu kredit: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Melakukan Pembatalan Pengajuan Kartu Kredit

pembatalan pengajuan kartu kredit

Sudah mengajukan kartu kredit, namun melakukan pembatalan di tengah jalan, Anda mungkin memiliki pertimbangan tersendiri tentang hal ini.

Pada dasarnya bank memang memberikan keleluasaan untuk proses pembatalan ini, jika sewaktu-waktu berubah pikiran. Namun keputusan seperti ini tidak disarankan, apalagi setelah aplikasi Anda mulai diproses oleh pihak bank.

Jika melakukan pembatalan pengajuan kartu kredit di tengah jalan seperti ini, bisa saja kelak Anda justru kesulitan untuk mengajukannya kembali.

Bukan tidak mungkin bank akan menjadikan hal ini sebagai catatan dan pertimbangan untuk ke depannya, termasuk saat melakukan pengajuan kembali di masa yang akan datang. 

2. Cuma Punya Satu Kartu Kredit Saja

hanya punya satu kartu kredit

Tidak sering melakukan banyak transaksi keuangan, Anda mungkin hanya membutuhkan satu kartu kredit saja. Keputusan seperti ini bisa saja didasari oleh banyak hal, termasuk pertimbangan kenyamanan Anda dalam mengelola keuangan. Namun di lain sisi, kenyamanan bertransaksi tentu bisa tidak maksimal saat hanya menggunakan satu kartu kredit saja. 

Jika kartu mengalami gangguan dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi, maka Anda akan kewalahan. Hal yang sama juga bisa terjadi saat bepergian ke luar negeri dan kartu tidak bisa dipakai di sana, maka tentu akan jauh lebih nyaman jika memiliki kartu kredit lainnya sebagai cadangan.

Baca Juga: 5 Produk Keuangan yang Bisa Kamu Manfaatkan Agar Masa Depan Bahagia

3. Punya Kartu Kredit namun Tak Pernah Dipakai

kartu kredit tidak pernah dipakai

Anda sudah memiliki kartu kredit yang aktif, namun tak pernah memakainya sama sekali untuk bertransaksi. Hal ini tentu patut disayangkan, mengingat ada banyak fitur yang bisa dinikmati di dalam kartu kredit tersebut.

Lalu, untuk apa mengajukan kartu ini, jika tidak pernah dipakai sama sekali?

Menggunakan kartu kredit tidak harus selalu identik dengan berhutang atau memiliki segunung tunggakan. Ini fasilitas yang menguntungkan dan membuat semua transaksi menjadi nyaman, jadi Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Meski hanya sesekali saja, pakailah kartu kredit dan nikmati semua fitur yang ada di dalamnya.

4. Semua Kartu Hanya Punya Limit Kecil

limit yang kecil

Anda mungkin saja enggan menaikkan limit kartu kredit, sebab tidak ingin memiliki tunggakan yang besar. Memiliki beberapa kartu kredit dengan limit yang kecil terasa lebih nyaman dan jauh dari godaan belanja yang banyak.

Namun jangan salah, sesekali Anda justru akan membutuhkan limit yang besar juga di dalam kartu kredit. 

Saat ingin membeli TV atau bahkan perangkat elektronik lainnya yang terbilang mahal, sudah tentu limit kartu kredit yang kecil seperti ini tidak akan cukup. Menaikkan limit kartu kredit juga perlu, meski tidak semua kartu sekaligus. Pilih satu atau dua kartu kredit yang tepat, agar Anda bisa menggunakannya dengan maksimal.

Baca Juga: Ini Lho yang Dilakukan Bank Saat Ada Kredit Macet 

5. Membayar dalam Jumlah Ganjil

membayar dalam jumlah ganjil

Sebagai pengguna kartu kredit yang disiplin, Anda tentu terbiasa membayar tagihan Anda tepat waktu. Hal ini akan menghindarkan Anda terkena  bunga dan biaya lainnya yang menguras kantong. Namun tagihan kartu ini juga kerap datang dalam angka yang ganjil, bahkan yang sulit untuk diingat, misalnya Rp1.249.700,- 

Mengingat angka yang ganjil memang terbilang sulit dan ini berisiko membuat Anda melakukan kesalahan dalam pembayaran. Hindari kesalahan seperti ini, sebab bisa membuat Anda dikenakan denda dan juga bunga di bulan berikutnya.

Lakukan pembayaran Anda dalam angka genap dan pastikan lebih besar dari tagihan Anda, misalnya Rp1.250.000,-. Selain lebih mudah, ini juga akan menghindarkan Anda dari masalah.

Nikmati Fasilitas Kartu Kredit dengan Cara yang Tepat

Menggunakan kartu kredit sudah menjadi kebutuhan banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Pastikan tidak memiliki anggapan yang salah tentang produk ini, agar Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Pilih kartu kredit yang tepat dan sesuai kebutuhan, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaannya.

Baca Juga: Jangan Tahunya Pakai Saja, Begini Cara Hitung Bunga Cicilan Kartu Kredit