Jangan Tahunya Pakai Saja, Begini Cara Hitung Bunga Cicilan Kartu Kredit

Salah satu keuntungan kartu kredit adalah Anda bisa beli barang dengan cicilan yang mudah tanpa jaminan. Berbagai jenis barang dari yang mahal hingga murah seperti motor hingga ponsel bisa dicicil menggunakan kartu kredit.

Lalu, bagaimana ‘sih penghitungan bunga cicilan kartu kredit itu? Anda sebenarnya bisa menghitung sendiri bunga cicilan tersebut dengan beberapa cara. Sebelum itu, simak ulasan berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Ketahui Istilah yang Ada dalam Cicilan 

Cicilan Nol Persen
Ilustrasi cicilan nol persen

Sebelum menghitung besar bunga cicilan kartu kredit, sebaiknya Anda pahami beberapa istilah cicilan kartu kredit, di antaranya:

1. Tenor

Pada beberapa tawaran kartu kredit, biasanya Anda akan menemukan istilah cicilan nol persen (0%) tenor tiga bulan, enam bulan, setahun, dan seterusnya. Anda pasti penasaran apa maksud dari istilah tenor ini.

Tenor sendiri artinya jangka untuk masa cicilan kartu Anda. Maksud dari tenor 6 bulan yaitu jangka waktunya mencicil kreditan yang harus Anda lakukan adalah selama 6 bulan.

Lama tenor nanti akan berpengaruh pada besarnya bunga kredit yang akan Anda bayarkan. Semakin lama Anda mengambil tenor maka akan semakin tinggi bunga yang harus dibayar.

Bayangkan jika Anda mengambil kredit barang dan mengambil cicilan selama 6 bulan bunganya adalah 1,9%, bisa saja jika Anda memilih mencicilnya selama 1 tahun bunga yang harus dibayarkan menjadi 2,8%.

2. Installment

Installment adalah istilah asing dari cicilan. Misalnya Anda menemukan sebuah barang dengan deskripsi installment, artinya barang tersebut bisa Anda beli dengan mencicil.

Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan istilah installment, mungkin hal ini bisa menambah kosakata baru bahwa installment sama artinya dengan cicilan.

3. Installment (0%, 1,5%, 1,9%, dan seterusnya)

Setiap cicilan pasti memiliki bunga. Dulu, kebanyakan orang melakukan kredit pada hal-hal yang mahal saja.

Namun sekarang berbeda, dengan kemudahan kartu kredit Anda bisa melakukan kredit pada barang yang jauh lebih murah. Bahkan sekarang Anda bisa melakukan kredit tanpa jaminan.

Karena kartu kredit tidak membutuhkan jaminan, jadi tidak mengherankan jika bunga yang dibebankan relative besar. Bunga yang diberikan bank cukup beragam mulai dari 0%, 1,5%, 1,9%, dan seterusnya. Istilah installment 0% artinya Anda bisa melakukan cicilan tanpa bunga.

Pahami Bagaimana Cara Mendapatkan Cicilan Kartu Kredit?

Kartu Kredit
Ilustrasi transaksi menggunakan kartu kredit

Sekarang Anda pasti sudah penasaran bagaimana cara mendapatkan cicilan kartu kredit, di antaranya:

1. Mendapat cicilan dari promo kartu kredit

Salah satu hal yang menyebabkan kartu kredit populer yaitu karena kartu kredit menyediakan berbagai promo menarik. Promo cicilan nol persen menjadi promo yang paling banyak dicari karena Anda bisa melakukan cicilan tanpa bunga bank sama sekali.

2. Mendapat cicilan dengan cara menelepon bank

Anda mungkin pernah merasa terdesak untuk memiliki suatu barang namun akan keberatan jika melakukan pembayaran penuh atau full payment terutama saat akhir bulan. Selain itu, yang menjadi masalah lain adalah barang tersebut tidak memiliki promo sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan pembayaran secara penuh.

Apabila hal tersebut terjadi, Anda harus segera menghubungi pihak bank via telepon untuk mengubah transaksi menjadi cicilan. Operator yang Anda telepon pasti akan memberitahu berapa saja masa tenor atau lama cicilan yang tersedia beserta dengan bunga yang dibebankan pada setiap tenor.

Setelah itu operator juga akan memberitahukan berapa besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Selain dengan menelepon bank secara langsung, sebenarnya ada cara lain untuk mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan. Namun akan lebih baik jika Anda menelepon bank secara langsung untuk menghindari kesalahpahaman.

Baca Juga: Pakai Kartu Kredit Tanpa Ribet Gesek Kartu, Mau?

Bagaimana Cara Hitung Bunga Cicilan Kartu Kredit?

Menghitung Bunga Kredit
Ilustrasi menghitung bunga cicilan kredit

Setelah mengetahui istilah dalam cicilan kartu kredit dan cara mendapatkan cicilan kartu kredit, selanjutnya Anda bisa menghitung bunga cicilan kartu kredit sendiri. Dalam melakukan penghitungan ini, kita misalkan bahwa Anda mengambil cicilan bunga 1,5% dengan tenor 6 bulan untuk membeli ponsel.

Misalkan saja harga ponsel adalah Rp12.000.000 diambil dengan tenor 6 bulan dan bunga sebesar 1,5%, maka Anda bisa menghitung bunganya dengan cara sebagai berikut :

  • Bunga yang harus dibayarkan dari total harga ponsel itu yakni Rp12.000.000 x 1,5% = Rp180.000.
  • Sedangkan cicilan perbulan yang harus dibayarkan adalah (Rp12.000.000/6) + besar bunga = Rp2.000.000 + Rp180.000 = Rp2.180.000

Jadi Anda harus membayar Rp2.180.000 setiap bulannya selama 6 bulan.

Baca Juga: Kredit Balloon Payment: Pengertian dan Keuntungannya

Pilih Cicilan Kredit Sesuai Kemampuan

Itulah cara menghitung bunga cicilan kartu kredit dan besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mempertimbangkan sendiri untuk mengambil cicilan atau tidak. Menggunakan promo cicilan nol persen juga cukup menguntungkan. Perlu selalu diingat, pilih cicilan kredit sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Cicilan Tanpa Kartu Kredit Online? Gunakan Aplikasi Cicilan Berikut Ini