5 Produk Keuangan yang Bisa Kamu Manfaatkan Agar Masa Depan Bahagia

Semua manusia hidup mulai dari masa anak-anak, masa remaja, masa dewasa, hingga masa tua. Setiap masa tersebut membutuhkan biaya agar bisa bertahan hidup, seperti biaya makan, tempat tinggal, pakaian, pendidikan, pengobatan, hiburan, dan lain sebagainya.

Karena biaya hidup yang tidak pernah berhenti sampai hari tua, perlu perencanaan keuangan sehingga bisa fokus mencapai tujuan keuangan serta menghindari keinginan yang sering tidak terkendali. Tujuan perencanaan keuangan ini yaitu kesejahteraan hidup bisa tercapai dengan bantuan berbagai produk dan juga jasa keuangan.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Mengatur Keuangan

Sebenarnya Kamu tidak perlu takut menghadapi keuangan dari masa ke masa. Pasalnya, jika mampu mengatur keuangan dengan baik maka hidup yang dijalani akan lebih sejahtera. Setidaknya ada 6 prinsip yang harus diikuti agar keuangan bisa membantumu hidup sejahtera dari masa ke masa, diantaranya yaitu:

  • Paham terhadap pendapatan yang diterima.
  • Melakukan investasi untuk masa depan.
  • Menyisihkan pendapatan untuk disimpan atau ditabung.
  • Memanfaatkan pinjaman secara bijak.
  • Belanjakan uang dengan sistematis dan terencana.
  • Proteksi diri pada keadaan yang tidak diinginkan dan juga jaminan masa tua.

Meskipun pemerintah sudah memperluas akses keuangan untuk masyarakat, akan tetapi mereka belum banyak yang memanfaatkannya.

Ada banyak alasan mengapa masyarakat enggan menggunakan produk keuangan, seperti merasa belum butuh, takut dengan syarat yang ribet, merasa gengsi harus menggadaikan barang, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya produk keuangan sesuai kebutuhan dapat membantumu mengelola keuangan sehingga setiap masa lebih sejahtera.

Baca Juga:  6 Tips Atur Keuangan Ketika Pasangan Resign Kerja

Produk Keuangan yang Bisa Dimanfaatkan

Menabung harus dibiasakan sejak dini. Pasalnya, menabung menjadi kunci utama kesuksesan keuangan untuk masa depanmu. Menabung dapat membantumu mengantisipasi kebutuhan hidup yang telah meningkat, misalnya seperti biaya kesehatan, biaya pendidikan, biaya pengobatan, dan lain-lain.

Menabung bisa dilakukan dimana saja, namun menabung di bank bisa memberikan keuntungan karena bank memiliki sistem bunga tabungan. Di samping itu, menabung di bank lebih aman sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan.

Kamu juga tetap bisa mengambil uang kapan saja, baik itu menggunakan fasilitas ATM atau dengan datang langsung ke bank. Pilih produk bank yang bebas dari biaya administrasi agar Kamu tidak merasa berat. 

Tidak hanya di bank saja, bisa juga menabung di jasa-jasa keuangan yang menawarkan produk-produk menguntungkan. Bahkan produk tersebut bisa lebih membantu memudahkan keuanganmu di masa depan apabila bisa memanfaatkannya dengan baik. Langsung saja, berikut ini adalah produk keuangan yang bisa Kamu manfaatkan:

1. Pembiayaan

kartu kredit

Saat ingin membeli barang mewah, misalnya rumah atau mobil, tentu harus menabung terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Proses menabung sedikit demi sedikit tersebut mungkin akan membutuhkan waktu yang lama sehingga barang yang diinginkan tidak kunjung didapatkan.

Hal tersebut akan berbeda jika memanfaatkan produk pembiayaan dari perusahaan tertentu. Produk tersebut bisa membuatmu mendapatkan barang yang diinginkan tanpa perlu menunggu lama. Setelah menerima dan menggunakan barang, Kamu bisa melunasinya sedikit demi sedikit layaknya menabung.

2. Asuransi

asuransi

Ketika menggunakan produk asuransi, itu artinya kamu telah mempersiapkan diri terhadap risiko kerugian keuangan. Premi yang dibayarkan setiap bulan ke perusahaan asuransi nantinya akan diinvestasikan. Pada umumnya, ada dua macam produk asuransi yang bisa dipilih yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa.

Sebelum memilih asuransi, pelajari polis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan. Selanjutnya bayarlah premi setiap bulan atau sesuai ketentuan perusahaan untuk mendapatkan perlindungan atau jaminan risiko. Pastikan Kamu memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan agar nanti bisa dimanfaatkan.

3. Pegadaian

pegadaian

Meski produk pegadaian, namun disini juga bisa menabung dalam bentuk emas. Tidak hanya menabung saja, emas tersebut juga bisa dijadikan investasi karena nilai emas yang mengikuti pasar. Tabungan emas di PT Pegadaian bisa dilakukan dengan Rp 5.000 saja. Setiap uang yang disetorkan akan langsung diubah menjadi emas.

4. Dana Pensiun

dana pensiun

Produk keuangan selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjamin masa depan adalah dana pensiun. Sesuai dengan namanya, produk ini dibutuhkan untuk mempersiapkan hari tua dimana Kamu sudah tidak produktif lagi. Dengan adanya dana pensiun, Kamu tidak perlu khawatir dengan keuangan di masa tua.

Baca Juga: Tips Bisa Makan Enak dengan Uang Belanja Rp 20 Ribu Sehari

5. Pasar Modal

pasar modal

Pasar modal merupakan produk keuangan terakhir yang bisa membantu membuat hidupmu sejahtera dari masa ke masa. Caranya yaitu dengan menabung reksa dana atau saham di pasar modal. Jika investasi di pasar modal berhasil maka keuanganmu bisa meningkat. Namun sebagaimana investasi, Kamu perlu memahami dan menganalisis risikonya karena pada dasarnya keuntungan yang tinggi memiliki risiko yang besar.

Pilih Produk Keuangan sesuai Kebutuhan dan Kemampuan Finansial

Itulah produk-produk keuangan yang bisa membantumu mempersiapkan masa depan sehingga hidup lebih bahagia. Pilihlah produk keuangan sesuai dengan kebutuhanmu, kemudian pelajari manfaat dan juga risikonya.

Jika mampu mengatur keuangan dengan baik maka kamu juga bisa memanfaatkan produk keuangan dengan baik. Yang terpenting adalah disiplin dalam menjalankannya sehingga keuangan tetap stabil di masa sekarang maupun masa depan.

Baca Juga:  Gaji 5 Juta Bisa Punya Tabungan sampai 12 Juta dengan Cara Ini