6 Etika di Kantor ini Dijamin Bikin Karir Meningkat. Yuk Terapkan!

Etika merupakan hal penting yang harus diterapkan di kehidupan, termasuk di tempat kerja. Dengan memiliki etika yang baik juga diyakini dapat memberikan banyak manfaat untuk karir. Tidak hanya sekadar disegani dan disukai rekan kerja saja, akan tetapi etika yang baik juga mampu meningkatkan karir kamu.

Namun, masih ada saja pekerja yang kurang memperhatikan etika di tempat kerja, khususnya kalangan anak muda. Kebanyakan dari mereka bersikap acuh tak acuh, yang terpenting pekerjaan yang diberikan oleh atasan selesai dikerjakan. Mereka seperti ini, lantaran mereka tidak tahu etika seperti apa yang harus dimiliki para pekerja agar bisa mendorong karir menjadi lebih baik lagi.

Bagi kamu yang saat ini baru saja meniti karir, sebaiknya simak ulasan berikut ini mengenai beberapa etika di tempat kerja yang harus dimiliki yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memperhatikan Penampilan

penampilan
Memperhatikan penampilan

Penampilan merupakan hal yang cukup penting di tempat kerja. Namun, kamu harus mengenali terlebih dahulu karakteristik dari tempat kerjamu seperti apa. Jika perusahaan tempat kamu bekerja adalah perusahaan formal, maka sebaiknya pakaian yang digunakan juga pakaian formal seperti celana bahan, kemeja, blazer atau jas, dasi dan sebagainya. Jangan pernah menggunakan kaos atau jeans karena itu etika yang buruk yang bisa membuat penilaian diri menjadi jelek di mata atasan.

Namun sebaliknya, jika perusahaanmu adalah perusahaan non formal seperti kebanyakan startup dan industri kreatif, maka pakaian yang biasanya digunakan bebas asalkan rapi, seperti kemeja, kaos, jeans atau celana bahan, dres dan lainnya. Berpenampilan dengan baik membuatmu terlihat profesional dan mampu beradaptasi terhadap lingkungan kantor yang ada. 

Baca Juga: Tips Tingakatkan Percaya Diri di Kantor agar Karier Cemerlang

2. Menjaga Kerapian Meja Kerja

Kerapian ini bukan hanya dilihat dari penampilan selama berada di kantor, tapi kerapian meja kerjamu juga harus diperhatikan. Jangan biarkan meja kerja tampak berantakan meskipun banyak pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Pasalnya, meja kerja yang terlalu berantakan juga bisa memberikan kesan buruk terhadapmu. Pasti banyak orang berpikir bahwa kamu tidak pandai melakukan organisir jika meja kerja saja berantakan dan tak beraturan. Jadi usahakan menata meja kerja, baik sebelum atau setelah pekerjaan diselesaikan.

Meja kerja yang rapi dan terorganisir bukan hanya menampilkan etika di tempat kerja yang baik namun juga membuatmu nyaman sehingga pekerjaan bisa lebih produktif. Tentu saja hasil kerja yang baik akan membuat karirmu menjadi meningkat.

3. Menghormati Semua Orang di Kantor

Di kantor memang ada perbedaan antara junior dan senior dan juga antara atasan dan bawahan. Meski ada perbedaan tersebut, kamu harus tetap menghormati semua orang di kantor tanpa memandang siapa dan apa jabatan mereka.

Ada cukup banyak bentuk penghormatan yang bisa kamu berikan kepada orang-orang di kantor. Sebagai contoh, jika ada junior yang bertanya maka jawab dengan sepenuh hati dan memuaskan mereka. 

Contoh lainnya, misalnya saja ada rekan kerja sedang fokus bekerja, maka jangan sekali-kali mengganggu dengan mengajak mereka mengobrol. Begitu pula jika atasan menyuruh untuk rapat maka hormati dengan datang tepat waktu atau bahkan lebih awal di tempat rapat.

4. Bersikap Profesional

profesional
Bersikap profesional

Sikap profesional dengan memisahkan kehidupan pribadi dan kantor merupakan etika di tempat kerja yang wajib dijalankan. Jika hal ini tidak dilakukan, maka hanya akan membuat kerugian pada karir, yaitu hasil kerja menjadi tidak maksimal, sehingga akan mendapatkan teguran dari atasan. Ini tentunya berpengaruh pada penilaian kamu sebagai karyawan.

Usahakan untuk fokus dengan pekerjaan selama di kantor. Jangan terlalu membahas kehidupan pribadi kepada teman kerja, apalagi disaat jam kerja. Begitu pula sebaliknya, jangan membahas pekerjaan ketika ada di rumah bersama keluarga. 

Baca Juga: Lakukan ini di Konten Sosial Mediamu Biar Karir Makin Cemerlang

5. Bertanggung Jawab

Sama halnya dengan profesionalitas, rasa tanggung jawab merupakan etika yang wajib kamu miliki di kantor. Bentuk tanggung jawab yang nyata harus dilakukan adalah menyelesaikan pekerjaan sesuai yang diharapkan atasan. Selain itu, kamu juga wajib bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya, baik itu hasil yang bagus maupun hasil yang buruk.

Jika hasil pekerjaan yang kamu selesaikan ternyata buruk, jangan sekali-kali  mencari banyak alasan. Sebaiknya, segera lakukan evaluasi atas kesalahan tersebut sehingga pekerjaan selanjutnya bisa lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. 

Contoh lain misalnya, kamu menjadi peserta rapat maka dengarkan dan simak jalannya rapat dengan baik. Hal tersebut juga termasuk bentuk penghormatan kepada pemimpin rapat.

6. Memiliki Kepedulian

Etika di kantor terakhir yang harus kamu lakukan agar karir meningkat adalah dengan menjadi karyawan yang memiliki kepedulian tinggi. Misalnya saja, ketika akan menggunakan mesin printer di kantor dan menemukan tinta atau kertas habis maka segeralah isi ulang agar teman lainnya juga bisa menggunakannya.

Lakukan yang Terbaik untuk Karir Cemerlang

Memiliki etika yang telah di ulas di atas adalah hanya sebagian kecil saja untuk gapai karir cemerlang yang diimpikan. Kamu tetap harus melakukan yang terbaik di setiap pekerjaan yang kamu jalani. Mulai dari  mengasah keahlian dengan mengikuti berbagai pembelajaran atau pelatihan, memperluas networking untuk menambah wawasan kerja dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020