6 Ide Bisnis Setelah Lebaran Paling Cuan, Cobain Yuk

KOMPAS.com - Lebaran Idulfitri, tak bisa dimungkiri akan selalu identik sebagai sebuah perayaan penuh suka cita dan kebahagiaan. Setelah mampu meredam hawa nafsu dan berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan, bisa menikmati kembali momen Idulfitri tentu akan sangat menggembirakan.

Terlepas dari semua hal tersebut, momen Lebaran juga bisa jadi peruntungan bisnis atau usaha yang cukup menggiurkan. Begitu momen Ramadan dan Lebaran selesai, ini saatnya untuk menemukan ide bisnis yang baru untuk dikembangkan dalam jangka panjang.

Banyak yang mungkin berpikir jika bulan selama Ramadan penjualan meningkat secara drastis dan akan terjadi penurunan penjualan selama bulan-bulan berikutnya. Meskipun demikian, paradigma ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, masih ada banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan setelah Lebaran usai.

Nah, berikut ini ada beberapa ide menarik yang bisa berguna sebagai inspirasi membuka usaha atau bisnis baru setelah lebaran, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Usaha Kuliner Sehat

Rekomendasi bisnis yang pertama untuk dijalankan setelah momen Lebaran usai adalah usaha kuliner yang berbasis makanan sehat, bisa makanan maupun minuman. Bisnis ini punya peluang yang cukup besar dan sangat dicari-cari ketika Ramadan sudah selesai.

Alasannya cukup banyak, salah satunya karena pola makan yang sudah dijaga selama puasa Ramadan kembali 'rusak' dan sulit dikontrol. Bahkan selama Lebaran, justru semakin tidak bisa dikendalikan. Terlebih di momen lebaran, selalu dihadapkan dengan hidangan khas yang tinggi kolesterol, seperti rendang, opor ayam dan sebagainya.

Selain itu, banyak jenis makanan maupun minuman tinggi kadar gulanya. Nah, umumnya setelah Lebaran, banyak yang mulai aware dengan pola makan lebih sehat dan ingin kembali menerapkannya.

Di sinilah peluang usaha kuliner sehat menjadi terbuka dengan sangat lebar. Misalnya dengan membuat catering makanan sehat, atau minuman sehat dari rempah-rempah alami dan sebagainya. Bisnis ini bisa dimulai dengan mengenalkannya pada orang-orang terdekat, baik di lingkungan rumah maupun pekerjaan.

2. Jualan Oleh-oleh Khas di Lokasi Wisata

Di momen Lebaran, biasanya hampir semua tempat wisata mengalami lonjakan jumlah pengunjung. Hal ini cukup wajar, karena memang masih bertepatan dengan momen libur panjang hari raya.

Nah, momen seperti ini dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha di dekat lokasi wisata. Misalnya menjual oleh-oleh khas daerah tersebut, baik berupa makanan maupun minuman.

Bagi mereka yang baru berangkat mudik atau justru akan kembali ke kota asalnya, oleh-oleh tersebut bisa jadi buah tangan untuk orang terdekatnya, sehingga berjualan oleh-oleh khas biasanya cukup laris diburu.

3. Berjualan Mainan Anak

Ketika momen Lebaran, banyak anak-anak yang umumnya mendapatkan uang jajan cukup banyak dari sanak familinya ketika bersilaturahmi. Anak-anak cenderung selalu ingin menghabiskan uang yang dimilikinya untuk beli mainan.

Nah, ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menarik untuk dicoba. Anda bisa menjual mainan anak yang murah meriah tapi menarik mulai dari Rp5.000-an.

Harga yang murah biasanya lebih menarik bagi anak-anak karena sesuai dengan uang jajan yang diperolehnya. Jika perlu, bisa tambahkan jenis-jenis mainan yang sedang viral atau banyak diminati oleh anak-anak.

Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis Kue Kering Jelang Lebaran

4. Jual Hewan Kurban

Tak lama setelah momen Lebaran usai, sekitar 3 bulan lagi umat muslim akan kembali disibukkan dengan hari besar Iduladha. Di momen ini akan ada banyak orang yang mencari kambing atau sapi untuk dijadikan hewan kurban.

Anda bisa mulai menyiapkan hewan kurban di rumah dan dipelihara untuk nanti dijual kembali saat mendekati hari raya kurban. Biasanya, karena tingginya permintaan harga hewan kurban juga ikut naik.

Ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Agar dapat keuntungan dari selisih harga, maka bisa mulai mencari hewan kurban sesuai kriteria dari setelah lebaran Idulfitri sebelum harganya melonjak naik.

5. Layanan Jasa Cuci Setrika atau Binatu

Di momen Lebaran, karena padatnya aktivitas biasanya banyak orang yang tidak sempat untuk mencuci baju. Terlebih bagi keluarga yang baru pulang mudik, tentunya ada banyak baju kotor yang menumpuk.

Umumnya, jasa laundry (binatu) atau cuci setrika baju jadi pilihan terbaik untuk mengurangi beban pekerjaan rumah tangga. Tak sedikit orang yang lebih memilih menggunakan jasa binatu karena sudah capek sendiri dengan aktivitasnya.

Itulah mengapa, bisnis ini memiliki peluang cuan yang cukup menjanjikan. Karena peminatnya terbilang cukup banyak, apalagi di kota besar kebanyakan asisten rumah tangga pulang kampung, sehingga, permintaan akan jasa binatu menjadi lebih besar.

6. Jasa servis dan cuci kendaraan

Bagi pengguna kendaraan, ketika pulang mudik ke kampung halaman pasti ingin kendaraannya tetap dalam kondisi prima dan tampil bersih serta kinclong, bukan? Untuk itu, tentu membutuhkan layanan servis dan cuci kendaraan yang selalu siap sedia.

Nah, ini bisa jadi peluang usaha yang cukup menarik dilakukan pascalebaran. Karena volume kendaraan selama mudik dan arus balik lebaran biasanya mengalami lonjakan.

Selama perjalanan mudik, tidak semua pemilik tahu kondisi mesin apakah masih aman atau butuh servis. Dengan adanya layanan jasa servis, ini tentu akan sangat membantu pemudik selama di perjalanan. Jika dikelola dengan baik, ini tentu bisa jadi ide bisnis yang cuan banget untuk dicoba.