6 Tabungan BRI yang Banyak Dipilih Serta Cara dan Syarat Membukanya

Mempunyai rekening di bank saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa diabaikan begitu saja. Perkembangan zaman telah mengubah cara orang dalam hal urusan keuangan. Dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan bank, banyak orang yang dimudahkan urusannya tanpa perlu membuang banyak waktu dan biaya.

Inilah yang membuat pembukaan rekening baru di banyak bank, baik Pemerintah maupun swasta, terus bertambah. Terlebih bank peka dalam menyikapi perkembangan teknologi yang kemudian diadopsi untuk keperluan nasabahnya, termasuk transaksi keuangan. Dengan begitu, nasabah merasakan perubahan positif selama menggunakan layanan bank.

Bertambahnya jumlah penduduk usia produktif yang melek keuangan serta teknologi juga menjadi sebab pembukaan rekening baru di bank-bank yang ada di Indonesia mengalami peningkatan. Menyimpan uang dalam tabungan tetap menjadi daya tarik nasabah karena dana yang disimpan ini lebih terjamin. Terlebih Pemerintah juga melibatkan diri untuk menjamin dana tersebut hingga kurang lebih Rp2 miliar per nasabah.

Rekening bank memiliki banyak fungsi mulai dari sarana menyimpan uang, pengurusan kartu kredit, mengikuti mekanisme payroll gaji bulanan, atau untuk transaksi bisnis. Dengan banyaknya produk perbankan, nasabah diuntungkan dengan banyaknya pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya.

Untuk itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu bank besar di Indonesia dengan jaringan terluas hingga pelosok desa hadir untuk memahami kebutuhan masyarakat di Indonesia. Beragam produk disediakan BRI sebagai bentuk komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi banyak orang. Lalu, apa saja produk dan layanan yang tersedia di BRI? Berikut ini ulasannya.

Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit Pertama Anda

Produk Tabungan BRI yang Banyak Dipilih

Britama BRI

Produk Simpanan Tabungan BritAma BRI via twitter.com

 

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) memiliki pengalaman yang panjang dalam melayani nasabah. Bank yang didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah sejak zaman Hindia Belanda tepatnya pada 16 Desember 1895 ini memang sejak awal ditujukan sebagai satu lembaga perbankan yang khusus untuk melayani kebutuhan masyarakat waktu itu.

Dalam usia lebih dari satu abad, BRI tetap terus memberikan pelayanan dan menawarkan produk perbankan sekalipun beberapa kali krisis melanda Indonesia. Saat ini ada beberapa jenis produk simpanan BRI yang ditawarkan kepada masyarakat. Tiap-tiap produk memiliki syarat saldo minimal yang berbeda saat pembukaan rekening awal.

Inilah enam produk simpanan tabungan BRI yang populer berikut dengan kelebihannya masing-masing.

1. BritAma, Paling Banyak Dipilih untuk Menyimpan Uang

Produk tabungan yang satu ini dipilih banyak orang untuk menyimpan uangnya di BRI. Cara membuka rekeningnya mudah, cukup datang  ke kantor cabang BRI terdekat lalu ajukan pembukaan rekening baru. Di sana Anda nantinya dibimbing untuk melakukan pembukaan rekening baru. Dengan saldo minimal sebesar Rp250.000, Anda sudah teregistrasi sebagai pemegang buku Tabungan BriTama beserta kartu ATM-nya.

2. Simpedes, Produk Simpanan yang Melayani hingga Pelosok Desa

Saldo minimal setoran awal untuk memiliki produk tabungan yang satu ini hanya sebesar Rp100.000. Karenanya, Simpedes begitu menguntungkan bagi orang-orang ingin memiliki produk tabungan yang terjangkau. Begitu juga dengan masyarakat pedesaan yang tak mau diribetkan dengan urusan pembukaan tabungan. Oleh sebab itu, Simpedes hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat akan tabungan yang praktis hingga ke seluruh pelosok desa di Indonesia.

3. BritAma Junio, Ajari Si Kecil Menabung Sejak Dini

Dari namanya saja sudah jelas bila produk tabungan BRI yang satu ini memang diperuntukkan bagi segmen penabung pemula atau anak-anak. Orang tua dari nasabah pemegang rekening inilah yang sebenarnya diwajibkan untuk memantau kebiasaan anaknya. Setoran awal atau saldo minimal untuk membuka tabungan ini hanya Rp100.000.

4. Simpedes TKI, Tabungan bagi Orang-Orang Indonesia yang Bekerja di Luar Negeri

Tidak sembarang orang bisa membuka tabungan ini. Setidaknya harus ada bukti berupa surat dari penyalur TKI atau lembaga Pemerintah yang menyatakan bahwa pemegang rekening adalah memang tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri. Setoran awalnya terbilang kecil, yaitu sebesar Rp10.000. Jenis tabungan ini adalah wujud nyata kepedulian BRI pada tenaga kerja Indonesia agar mempunyai sarana untuk menabung atau menyimpan hasil jerih payahnya selama bekerja di negara lain.

5. Tabungan Haji, Pelengkap Kesempurnaan Ibadah

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam, tentu banyak orang yang ingin menunaikan ibadah Haji. Saat ini, untuk bisa pergi berhaji, seseorang mesti menabung selama sekian tahun. Setelah dana cukup, nasabah baru bisa berhaji. Melihat hal itulah, BRI kemudian membuka tabungan khusus haji dengan setoran awal atau saldo minimum Rp50.000. Dengan setoran yang terjangkau tersebut, merencanakan tabungan haji jadi semakin mudah.

6. Tabungan BritAma Rencana, Menabung sekaligus Berinvestasi

Bagi Anda yang susah mengumpulkan uang, sebaiknya mengambil produk ini. BritAma Rencana merupakan jenis tabungan berjangka sehingga nasabah mau tidak mau menjadi disiplin dalam menyimpan uangnya. Tabungan ini bisa digunakan untuk tujuan investasi dengan setoran tetap bulanan. Nilainya dapat ditentukan sendiri mulai dari Rp100.000-Rp5.000.000.

Cara dan Syarat Buka Tabungan BRI

Tabungan BRI

Membuka  Tabungan BRI lewat Cermati.com via cermati.com

 

Untuk membuka tabungan BRI, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi, di antaranya:

  • Identitas diri berupa KTP.
  • Mempersiapkan sejumlah uang untuk setoran awal (tergantung jenis tabungan yang dipilih) dari Rp10.000 hingga Rp250.000.
  • Uang ganti materai sebesar Rp6.000.
  • Untuk yang tipe pelajar bisa bawa kartu pelajar. Sementara tipe BRI junio, harus bersama orang tua yang sebelumnya sudah punya tabungan di BRI.

Setelah syarat lengkap, silakan datang ke kantor BRI terdekat dan lakukan pembukaan rekening melalui customer service. Selain pendaftaran di unit kerja BRI, pembukaan rekening juga bisa dilakukan secara online di eform.bri.co.id.

Proses yang Dilalui Bila Memilih Mendaftar di Kantor Cabang BRI

Setelah syarat Anda lengkap, customer service akan menawarkan pilihan produk kepada Anda seperti yang sudah diterangkan di atas. Setelah memilih, Anda kemudian dikasih formulir untuk diisi. Isikan data dengan benar dan jika sudah selesai, serahkan lagi kepada customer service BRI. Jika dinyatakan sudah lengkap, Anda akan segera dibuatkan buku tabungan dan kartu ATM. Sehabis menandatanganinya, Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal. Sampai di sini, proses pembukaan rekening selesai dan Anda sudah bisa memanfaatkan rekening untuk menyimpan uang atau melakukan transaksi keuangan lainnya.

Baca Juga: 3 Produk Tabungan Haji Terbaik yang Cocok Anda Gunakan

Kenali Kebutuhan dan Kemudahan yang Dicari dari Produk Perbankan

Layanan dan produk perbankan hadir sebagai salah satu alternatif solusi kebutuhan finansial masyarakat. Perkembangan zaman membawa perubahan pada kebutuhan masyarakat. Kemudahan dan keefisienan dikejar dalam era kemajuan teknologi saat ini. Situasi inilah yang ditangkap BRI dengan peningkatan pelayanan yang mengadopsi penggunaan teknologi yang sedang tren di masyarakat serta memperkenalkan beragam produk yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk itu, sebelum mengambil keputusan mana layanan atau produk BRI yang ingin Anda gunakan, kenali kebutuhan dan kemudahan yang Anda cari dari penggunaan layanan atau produk perbankan. Kemudian cocokkan dengan tawaran layanan atau produk yang disediakan BRI. Niscaya, Anda akan sangat puas dengan layanan dan produk BRI yang Anda pilih.

Baca Juga: Biaya Transfer Antar Bank, Berapa yang Mesti Dibayar?