6 Tips Mencari Kerja untuk Kamu yang Ingin Pindah Karier

Setiap orang memiliki kesempatan untuk menentukan jalur kariernya sendiri setelah lulus kuliah. Namun pengalaman para fresh graduate dalam memilih pekerjaan yang masih sedikit membuat mereka terkadang merasa salah jalur karier. Pekerjaan yang awalnya dianggap sesuai dengan harapan ternyata ketika dijalani tidak seperti bayangan.

Hal tersebut tentu saja bisa menurunkan semangat kerja dan membuat gelisah karena merasa tidak nyaman dengan suasana kerja saat ini. Kebanyakan orang yang merasakan hal ini pasti akan mulai berpikir untuk mencari karier baru sesuai keinginan.

Apakah Kamu juga merasakan hal yang sama? Tenang saja, kamu tidak sendiri karena banyak orang yang merasa salah jalur karier bahkan ketika mereka sudah lama menekuni pekerjaan saat ini. Agar tidak terjadi hal yang sama nantinya saat mendapatkan pekerjaan baru, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum mencari pekerjaan.

Langsung saja, berikut ini ada 6 tips mencari kerja untuk Kamu yang memang ingin pindah jalur karier: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Refleksi dan Kenali Dirimu Sendiri, Lalu Cari

kenali diri

Setiap orang pasti memiliki alasan sendiri-sendiri mengapa mereka ingin pindah jalur karier. Entah itu karena alasan gaji yang tidak sesuai, lingkungan yang tidak mendukung, waktu kerja yang berlebihan, atau yang lainnya. Kamu harus mencari tahu alasanmu ingin berpindah karier agar bisa menentukan apa yang akan dilakukan nantinya.

Selain itu, kamu juga perlu mengenali dirimu sendiri dengan baik. Pelajari karaktermu, misalnya seperti kamu lebih bersifat independen atau sosial ketika bekerja, lebih suka bekerja menggunakan tangan atau membangun strategi, dan lain sebagainya. Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan tentang dirimu sendiri, maka kamu bisa mulai mencari kerja sesuai keinginan dan karaktermu.

2. Cari Pekerjaan sesuai Skill atau Kegemaranmu

cari pekerjaan

Terkadang keinginan seseorang untuk pindah jalur karier yaitu lantaran mereka tidak bisa melakukan hal yang disukai secara pribadi sehingga membuatnya jenuh untuk bekerja. Kesempatanmu memikirkan pekerjaan baru ini membuatmu bisa mempertimbangkan skill atau kegemaranmu yang tidak bisa tersalurkan.

Ketahui apa skill atau kegemaran yang memang sudah kamu tekuni sedari dulu. Selanjutnya kamu bisa mencari pekerjaan baru sesuai dengan skill atau kegemaranmu. Pekerjaan sesuai skill atau kegemaran biasanya bisa membuat seseorang lebih nyaman.

Baca Juga:  Jangan Jadi Hobi Aja, Bawel di Podcast Bisa jadi Uang dengan Cara Ini

3. Pikirkan Alternatif Pekerjaan Lain

freelancer

Meskipun Kamu sudah menetapkan tujuan pekerjaan baru yang jelas namun kamu tetap harus membuat rencana cadangan. Tips ini penting dilakukan karena hal yang sudah Kamu rencanakan belum tentu terjadi sesuai keinginan. Carilah alternatif pekerjaan sesuai dengan yang kamu suka, misalnya saja pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang atau pekerjaan di depan komputer.

Kamu bisa mencari pekerjaan yang disukai dan berhubungan dengan karaktermu melalui job portal. Saat ini sudah banyak job portal yang bisa Kamu manfaatkan untuk mencari beragam jenis pekerjaan. Tidak hanya itu saja, job portal biasanya juga memberikan informasi seputar pekerjaan yang ditawarkan serta tips bekerja pada bidang tertentu. 

Selain melalui job portal, kamu bisa memanfaatkan relasi atau networking untuk mendapatkan alternatif pekerjaan baru. Maka dari itu sangat penting untuk membangun networking selagi memiliki kesempatan karena hal ini akan sangat membantu saat lamu ingin memulai pekerjaan baru.

4. Miliki Semangat untuk Belajar

belajar

Sebelum pindah jalur karier, tidak ada salahnya jika kamu mulai belajar mengenai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pekerjaan baru yang diincar. Kamu bisa mencari kelas pelatihan atau tempat kursus singkat untuk mendalami ilmu baru tersebut.

Ilmu baru sesuai dengan pekerjaan yang Kamu inginkan akan meningkatkan peluang diterima di tempat kerja baru. Selain bisa menambah ilmu, mengikuti kelas pelatihan juga membuatmu bisa bertemu orang dengan hobi yang sama. Siapa tahu mereka bisa memberikan informasi seputar pekerjaan yang Kamu inginkan.

5. Bersabarlah saat Mencari Karier Baru

sabar

Ketika memiliki keinginan untuk berpindah jalur karier maka kamu harus siap untuk bersabar. Pasalnya, berpindah kerja dan mencari pekerjaan baru membutuhkan proses yang tidak sebentar. Kamu perlu memulai untuk mengenal dirimu, tujuan hidup, serta lingkungan kerja yang benar-benar diinginkan.

Agar tidak salah memilih pekerjaan lagi maka Kamu perlu merenungi dan mempertimbangkan hal tersebut dengan baik. Setelah itu, kamu baru bisa mencari pekerjaan sesuai keinginan yang tentu saja akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan proses yang panjang.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Mesti Diperbaiki untuk Meraih Sukses, Yuk Dicek!

6. Pertimbangkan Industri yang Sama

industri yang sama

Mengetahui pekerjaan seperti apa yang sebenarnya cocok denganmu dan sesuai keinginanmu sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu Kamu bisa tahu apa kamu membutuhkan pekerjaan baru di industri baru atau tidak.

Jika Kamu masih bisa bekerja di industri atau bidang yang sama maka hal tersebut akan lebih baik karena track record selama bekerja bisa membuatmu lebih mudah diterima di industri atau bidang yang sama.

Lakukan dengan Disiplin dan Komitmen yang Kuat

Itulah 6 tips mencari pekerjaan baru untuk kamu yang ingin pindah jalur kerja. Ingatlah bahwa setiap hal pasti membutuhkan proses sehingga kamu harus terus berusaha dan bersabar. Meski banyak orang mengatakan sulit untuk pindah jalur karier, namun jika kamu mampu mempersiapkannya dengan baik maka hal tersebut tidaklah mustahil.

Baca Juga:  Tips Meningkatkan Produktifitas ketika Work From Home saat New Normal