7 Alasan Kenapa Usaha Menjahit Baju Menguntungkan

Ingin membuka usaha rumahan, tapi bingung jenis usaha yang pas? Kenapa tidak coba buka usaha menjahit baju saja? Peluang usaha ini bisa dikatakan sangat menjanjikan, apalagi di era modern seperti sekarang dimana permintaan untuk membuat baju cukup tinggi. Bahkan menjelang hari-hari besar, permintaan dapat meningkat dua atau tiga kali lipat sekaligus.

Pertanyaannya, kenapa mesti usaha menjahit baju sementara masih banyak jenis usaha rumahan yang lain? Selain karena permintaan yang tinggi, berikut alasan lain yang mendukung. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Modal awal yang cukup terjangkau

modal
Modal awal terjangkau

Pertama, modal usaha yang perlu disiapkan masih terjangkau, yaitu sekitar Rp 5.500.000 saja, Uang ini bisa digunakan untuk membeli satu mesin jahit, kursi, benang, jarum, meteran, dan alat-alat menjahit lainnya. Nah, bila peralatan menjahit sudah lengkap, usaha ini bisa langsung dijalankan.

Kalau seandainya harga mesin jahit baru cukup mahal, Anda bisa membeli mesin jahit bekas. Tapi dengan catatan, mesin jahit minim kerusakan sehingga masih bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, Anda bisa mengurangi pembelian alat-alat menjahit, seperti jarum, bakal baju, atau benang. Apalagi masih awal-awal merintis, dimana jumlah pesanan juga masih sedikit. 

2. Skill yang mendasar

Skill menjahit masih kurang? Jangan khawatir! Usaha ini tetap bisa berjalan meski hanya dengan skill paling dasar sekalipun, seperti memotong, mengukur, dan membuat pola. Ini artinya, Anda tidak perlu ikut kursus menjahit dan membayar biaya kursus. Apalagi orderan yang akan dijahit masih umum, seperti taplak meja, gorden, sprei, dan keset kaki. 

Skill menjahit akan berkembang dengan sendirinya kalau Anda sudah menjahit selama bertahun-tahun. Karena orderan yang masuk pun akan otomatis bertambah, baik dalam kuantitas, jenis, maupun model. Jadi secara tidak langsung Anda dipaksa untuk memperdalam ilmu menjahit.

Baca Juga: Cara Sukses Bisnis Jual Barang Preloved

3. Keuntungannya lumayan

Namanya juga usaha rumahan, berarti dilakukan di rumah. Ini artinya, Anda tidak perlu menyewa tempat khusus untuk menjahit, membayar uang keamanan, kebersihan, dan listrik. Jadi seluruh keuntungan mutlak untuk diri sendiri, modal untuk membeli bahan, sekaligus ditabung untuk mengembangkan bisnis.  

Anggaplah keuntungan bersih sebesar Rp 150.000/jahitan. Sementara dalam satu bulan, Anda bisa mendapat orderan sebanyak 20 buah. Kalau ditotal, maka keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 3.000.000/bulan. Cukup lumayan, bukan?

Hitungan ini masih untuk usaha jahitan berskala kecil. Jika skala usaha jahitan besar, maka keuntungannya bisa sampai 5x lipat per bulan. 

4. Sisa bahan bisa dijahit kembali

bahan
Sisa bahan bisa dijahit kembali

Jika bahan atau bakal pakaian dari jahitan sebelumnya sisa, Anda bisa manfaatkan untuk membuat pakaian baru. Sisa bahan dapat disatukan hingga membentuk kain lebar, lalu dijahit seperti biasa.

Hasil dari jahitan ini nantinya bisa dijual kembali kepada konsumen kalau mereka suka. Sementara untuk harganya, sebaiknya jangan terlalu mahal apalagi menggunakan bahan-bahan sisa. Kalau tidak laku, pakaian tersebut bisa dijadikan koleksi pribadi dan dipakai untuk acara-acara tertentu.

Setidaknya, bahan-bahan sisa tidak langsung dibuang. Melainkan dimanfaatkan dulu untuk menambah pundi-pundi pemasukan.

5. Promosi usahanya simple

Usaha menjahit tidak seperti usaha laundry, fotokopi, atau warung makan yang harus cetak brosur atau spanduk untuk kegiatan promosi. Sebab, promosi dari mulut ke mulut saja sudah cukup ampuh untuk mendatangkan pelanggan baru. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan biaya khusus untuk promosi usaha menjahit.

Uang yang telah disisihkan lebih baik digunakan untuk keperluan lain. Misalnya, membeli peralatan menjahit, memperbaiki mesin kalau ada kerusakan, atau menggaji karyawan bila ingin memperbesar usaha jahitan.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Jual Beli Baju

6. Cepat berkembang

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha menjahit tidak lama. Dalam kurun waktu 6 bulan saja, usaha ini bisa berkembang dengan pesat asal kualitas jahitannya bagus. 

Bagus disini bukan hanya tahan lama, tapi juga punya model yang tidak ketinggalan zaman dan nyaman saat dipakai. Jika jahitan Anda punya kualitas ini, percayalah kalau perkembangan usaha lebih cepat dari apa yang dibayangkan.   

7. Sekaligus menjalankan hobi

Beruntunglah kalau ternyata Anda hobi menjahit. Karena di samping mencari pemasukan, Anda bisa sekaligus menggeluti hobi. Hal ini mungkin tidak bisa dilakukan saat Anda menjalankah usaha rumahan yang lain atau punya pekerjaan tetap. 

Sebaiknya geluti hobi sekaligus pekerjaan ini dengan sungguh-sungguh untuk menunjang perkembangan usaha di masa yang akan datang. Apabila usaha ini mendulang sukses, Anda juga yang akan menikmati hasilnya. 

Usaha Menjahit Gak Boleh Diremehkan

Usaha menjahit baju memang tidak sebeken atau sekeren usaha rumahan lainnya, tapi peluang usahanya sangat besar dan menjanjikan. So, jangan pernah meremehkan usaha yang satu ini, ya! Toh, hasilnya juga tidak kalah memuaskan apabila digeluti dengan sungguh-sungguh. Tertarik untuk membuka usaha ini?

Baca Juga: Cara Mulai Usaha Hijab dari Nol