7 Bisnis Ini Bikin Cuan Saat New Normal, Patut Dicoba!

Memasuki new normal, pola hidup manusia diprediksi akan berubah. Misalnya dari yang dulunya suka pergi ke mall, sekarang memilih untuk di rumah saja karena penyebaran Covid-19 masih menimbulkan ketakutan tersendiri bagi manusia. Daripada keluar dan terjangkit virus, lebih baik cari aman dengan tinggal di rumah.

Sebuah penelitian dari Board of Innovation mengungkapkan bahwa perubahan gaya hidup akan mempengaruhi laju perkembangan usaha secara global, artinya bisnis lama akan segera digantikan dengan bisnis baru. Jika kamu tertarik membuka bisnis, ini adalah waktu yang tepat. Berikut beberapa ide bisnis yang patut dicoba saat new normal. 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

7 Bisnis Saat New Normal

1. Makanan dan minuman sehat

loader
Makanan dan minuman sehat

Bisnis makanan dan minuman tetap akan menjadi primadona masyarakat karena keduanya merupakan kebutuhan pokok. Namun sejak pandemi melanda, makanan dan minuman sehatlah yang paling banyak dicari agar imun tubuh tetap terjaga, sehingga tubuh kebal terhadap berbagai virus. 

Kamu bisa menjual menu-menu sehat, seperti salad sayur atau buah, acai bowl, oatmeal bar, jus, dan minuman tradisional yang bisa dijadikan referensi menu untuk dijual.

Dari segi persaingan, bisnis makanan dan minuman sehat memiliki jumlah pesaing yang banyak. Namun, dengan strategi pemasaran yang tepat dan kualitas yang bagus, percayalah produk milikmu juga bisa bersaing dengan produk yang ada di luar sana. 

2. Pelatihan keuangan

Pandemi tidak hanya meresahkan masyarakat tentang kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kantong. Makanya sejak pandemi banyak masyarakat yang lebih hati-hati membelanjakan uangnya demi meminimalisir pengeluaran. Jika tidak begini, maka kondisi keuangan bisa anjlok tak karuan.

Jika kamu mempunyai basic keuangan yang baik, kamu bisa jual ilmu ini untuk dapatkan pundi-pundi keuangan. Tenang, kamu tidak harus sewa tempat khusus untuk membuka bisnis pelatihan keuangan karena kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk berbagi ilmu. Atau bisa adakan seminar online lewat Zoom atau aplikasi tatap muka lainnya.

Baca Juga: Tahapan dan Tips Sukses Membangun Bisnis Minuman Kekinian yang Unik

3. Hasil kerajinan tangan

Khusus untuk kamu yang suka membuat kerajinan tangan, seperti keranjang rotan, vas bunga, atau tempat peralatan masak, bisa jadikan kreativitasmu ini untuk mencari pundi-pundi tambahan di tengah pandemi. Kamu bisa mulai dengan membuat dua atau tiga kerajinan dulu, lalu jual dari mulut ke mulut dan lihat bagaimana penilaian konsumen tentang hasil kerajinan tangan milikmu.

Jika konsumen puas, kamu bisa mulai pasarkan lewat sosial media untuk menambah jumlah konsumen. Jangan lupa jelaskan produk yang kamu jual, mulai dari bahan, model, ukuran, variasi warna, dan harga agar konsumen tidak bolak-balik bertanya. Dan tak boleh ketinggalan yaitu kualitas karena produk kerajinan berkualitas mempunyai nilai pakai yang lebih lama.

4. Pernak-pernik untuk dekorasi rumah 

Berhubung karena orang pada umumnya lagi senang di rumah, maka menjual pernak-pernik rumah bisa jadi ide bisnis menarik sekaligus menguntungkan. Pernak-perniknya bisa dipajang untuk mempercantik interior rumah, sekaligus mengasah kreativitas desain interior konsumen. 

Kamu bisa manfaatkan media sosial seperti Instagram, Pinterest, atau Tumblr untuk mencari ide pernak-pernik yang saat ini diminati oleh konsumen. Atau bisa tanya langsung kepada konsumen lewat fitur Q&A, jadi begitu pernak-pernik selesai dibuat, bisa langsung dijual dan kamu dapat pundi-pundi uang. 

5. Hiburan online

Di rumah dalam kurun waktu yang lama pasti bosan, ‘kan? Agar tidak stres, masyarakat butuh aktivitas menyenangkan agar tetap betah di rumah. Pilihannya cukup beragam, ada main game, berlangganan film, hingga mendengarkan musik dari berbagai jenis genre

Tenang, disini kamu bukan menciptakan aplikasi untuk hiburan online. Kamu disini cuma sebagai perantara yang menyediakan layanan online kepada konsumen, tentu dengan harga yang sudah di mark up. Dari selisih harga inilah kamu bisa untung untuk menambah pundi-pundi rupiah. 

Baca Juga: Dari KFC ke McDonald, Bagaimanakah Bisnis Rumahan Tersebut Jadi Besar?

6. Jualan online

loader
Jualan online

Berselancar di dunia online sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi milenial, tapi untuk bersosialisasi. Namun sejak pandemi, semua aktivitas dilakukan secara online termasuk belanja kebutuhan sehari-hari. Perubahan gaya hidup ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis online, mulai dari barang bisa pakai hingga kebutuhan sehari-hari.

Agar platform bisnis onlinemu disukai konsumen, bekali dirimu dengan pengetahuan seputar teknologi dasar khususnya transaksi online. Pastikan kamu menggunakan sistem transaksi yang aman agar transaksi konsumen tidak dibobol oleh hacker

7. Bisnis ikan cupang

Satu ide bisnis yang tak kalah menarik di masa pandemi adalah ikan cupang. Bukan ikan biasa yang cuma dijadikan hiasan, ikan cupang ini bisa diternak untuk mendatangkan keuntungan besar. Dilansir dari Detik Finance, ada konsumen yang rela membeli ikan cupang seharga Rp 20 juta. 

Sebut saja Septian Dwi Suryana, seorang peternak ikan cupang yang bisa menghasilkan omzet sebesar Rp 300 juta per bulan. Kunci berbisnis ikan cupang adalah ketelatenan. Kalau tidak telaten, ikan cupang bisa cepat mati yang akhirnya membuatmu rugi. 

Jangan Melewatkan Kesempatan Sedikit pun

Selama masa pandemi ini memang membuat perekonomian di hampir semua kalangan berubah. Akan tetapi, masih banyak cara untuk mendapatkan penghasilan kembali, yaitu dengan mencoba membangun bisnis rumahan. Carilah bisnis yang memang dibutuhkan selama masa pandemi, new normal dan seterusnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan cuan besar. Tentukan satu bisnis yang paling sesuai dan kamu punya pengetahuan dasar pada bisnis tersebut agar mengelolanya pun menjadi mudah.

Baca Juga: 5 Strategi Promosi Bisnis Rumahan di Kala Pandemi