7 Channel Youtube Lokal yang Paling Pas Selama Belajar dari Rumah, Yuk Dicek!

Jika istilah WFH (Work From Home) ditujukan kepada para pekerja, istilah BDH (Belajar dari Rumah) untuk siswa atau mahasiswa. Metode belajar ini akan tetap diteruskan selama kondisi belum kondusif. Dan selama ini pula, kamu dituntut untuk belajar mandiri dan tanpa pengawasan.

Banyaknya godaan di rumah membuatmu kurang fokus belajar, sehingga ilmu yang didapatkan menjadi kurang maksimal. Untungnya ada Youtube yang bisa dimanfaatkan untuk memperdalam materi yang kurang dimengerti. Nah, berikut akun Youtube Channel yang bisa kamu lirik:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. IDR Corner

Bagi yang ingin belajar tentang komputerisasi khususnya bahasa pemrograman, maka channel IDR Corner ini sangat pas untukmu. Di dalamnya, kamu bisa belajar banyak hal seputar pemrograman seperti CSS, JavaScript, HTML, Flutter, dan PHP. Bahkan di beberapa video, kamu juga diajarkan cara untuk membuat game sendiri.

Sangat menarik, bukan? Meski pengikutnya masih 15 ribu, tapi Youtube channel ini patut dilirik oleh kamu yang ingin mengembangkan potensi di bidang pemrograman. Dan dapat dipastikan kalau kamu tak akan menyesal sudah subscribe pada akun yang satu ini.

2. Kok Bisa?

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kok Bisa (@kokbisa) pada

Jika materi yang ingin dipelajari berhubungan sains dan alam semesta, kamu bisa pantengin channel Kok Bisa? ini. Channel yang memiliki lebih dari 2,2 juta pengikut ini menyuguhkan informasi tentang dunia sains dengan berbagai konteks yang mudah, sedang, dan tersulit. Namun, kamu tidak akan kesulitan untuk memahaminya karena dijelaskan menggunakan konsep yang mudah.

Salah satu judul yang menarik untuk ditonton adalah “Kenapa Pluto Tidak Lagi Dianggap Sebagai Planet?”. Jika selama ini kamu bertanya-tanya mengapa, semoga kontennya ini membantumu untuk menemukan jawabannya.

Baca Juga:  Jangan Jadi Hobi Aja, Bawel di Podcast Bisa jadi Uang dengan Cara Ini

3. Ruangguru

Siapa lagi yang tidak mengenal chanel yang satu ini? Selain menyediakan situs belajar online, Ruangguru juga menawarkan metode belajar dari Youtube yang bisa kamu ikuti setiap hari. Ada banyak video menarik di sana yang berkaitan dengan materi yang kamu pelajari di sekolah.

Setiap materi dijelaskan menggunakan contoh, jadi kamu dapat memahaminya dengan mudah. Bahasa yang digunakan juga sederhana, menggunakan istilah-istilah umum yang tidak akan membuatmu bingung selama belajar dari rumah.

4. Hujan Tanda Tanya

Mulai dari sains, teknologi, hingga masalah yang sering terjadi dalam kehidupan akan dikupas tuntas pada channel Hujan Tanda Tanya. Topik yang dibahas dalam channel ini mengarah ke pertanyaan random yang sering kamu tanyakan pada diri sendiri dan orang lain. Misalnya saja kenapa kamu cepat bosan, bagaimana cara membuat keputusan, dan lain-lain.

Channel ini dikelola oleh sekelompok anak muda Indonesia, jadi topik yang diangkat pun cocok untuk orang seusiamu. Bahasa yang digunakan juga bahasa gaul, jadi tak akan membuatmu bosan menonton videonya dari awal hingga akhir.

5. KHT!

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh KHT! (@kht_channel) pada

Channel yang dulunya bernama Kamu Harus Tahu! ini menyajikan informasi seputar sejarah, seperti sejarah sepakbola, sejarah mie instan, dan sejarah terciptanya buku. Jadi cocok untuk kamu yang gemar belajar sejarah karena bisa menambah wawasan secara maksimal mengenai kisah-kisah di masa lalu.

Konsep belajarnya dilengkapi dengan tokoh orang, gambar, dan tulisan untuk hasil yang lebih ciamik. Dan menariknya lagi, durasi di setiap videonya tidak terlalu lama sehingga kamu tidak bosan menonton setiap video yang disuguhkan oleh channel ini.

Baca Juga:  Kasus Youtuber Prank Ojol, Viral! ini Aturan Youtube yang Seharusnya Ditaati

6. Guruku Mr D

Mau lancar berbahasa Inggris? Maka channel Guruku Mr D ini cocok kamu ikuti karena vocabulary, grammar, pronunciation yang benar akan diajarkan secara lengkap oleh pria berkebangsaan Spanyol bernama Dennis alias Mr. D. Tenang saja, Mr.D pintar berbahasa Indonesia jadi kamu pasti mengerti sama apa yang diajarkan.

Cara mengajarnya juga menyenangkan, membuatmu betah untuk belajar Bahasa Inggris selama berjam-jam. Ditambah lagi dengan mimik wajah yang ekspresif, yang sering mengundang tawa di sela-sela belajar.

7. SuccessBefore30

Youtube channel yang punya lebih dari 2,6 juta pengikut ini akan mengajarkanmu seputar bisnis. Mulai dari cara menjadi juragan tanah dengan modal Rp500 ribu, cara menghilangkan rasa malas, dan berbagai kisah dalam meraih kesuksesan yang sangat menginspirasi. 

Pemilik channel ini, Chandra Putra Negara tidak sendirian dalam memberi pelajaran. Sebab dalam setiap videonya, dirinya acap kali mengundang narasumber yang berkaitan dengan topik yang sedang dibicarakan. Dengan demikian, informasi yang diperoleh sangat akurat karena didasarkan pada pengalaman pribadi.

Manfaatkan Sesi Belajar di Rumah dengan Baik

Meski belajar dari rumah, tapi kamu tak boleh bermalas-malasan untuk mendapatkan ilmu. Justru kamu harus memanfaatkan momen ini sebaik mungkin untuk memaksimalkan ilmu. Apalagi banyak sumber yang menyajikan tayangan informatif, contohnya channel Youtube yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga: Jadi Rival Baru Spotify, Google Luncurkan Youtube Premium dan Youtube Music