7 Contoh Bisnis Pertanian, Cocok untuk Para Milenial

KOMPAS.com - Industri pertanian punya peranan yang terbilang cukup penting, terutama untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. Apalagi di lingkungan pedesaan yang sebagian besar mata pencahariannya masih seputar pertanian.

Apapun jenisnya, bisnis pertanian sudah pasti bermanfaat dan bisa menghasilkan keuntungan bagi pelaku bisnis ini. Hanya saja, belum banyak yang mengetahui potensi dari bisnis pertanian ini.

Bisnis pertanian ini bisa menjadi peluang bagi para milenial yang ingin membangun usaha, karena dapat memberikan hasil yang cuan karena produk dagangan merupakan kebutuhan harian.

Namun, para calon pengusaha bisnis ini harus bisa memahami terlebih dahulu bagaimana mengembangkannya. Pada dasarnya, ada tiga jenis bisnis yang bisa dikembangkan dalam bidang pertanian.

Diantaranya meliputi sumber daya yang produktif, layanan penting dan komoditas pertanian. Dilansir dari Cermati.com, berikut ini tujuh contoh bisnis pertanian yang bisa Anda coba :

1. Tanaman Hidroponik

Contoh jenis bisnis di bidang pertanian yang cukup menarik untuk dikembangkan adalah bisnis tanaman hidroponik. Jenis bisnis ini termasuk salah satu yang cukup potensial.

Tanaman hidroponik sendiri merupakan tanaman yang menggunakan air sebagai media budidayanya. Metode hidroponik ini dianggap sebagai solusi bagi petani yang kekurangan lahan.

Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan seberapa pun area yang dimiliki. Bahkan, metode ini juga dianggap mampu minimalis menghemat kebutuhan air hingga mencapai 90 persen.

Beberapa hasil pertanian yang dapat dibudidayakan dengan metode hidroponik pun cukup banyak. Diantaranya ada tomat, selada, paprika, kangkung, hingga beberapa jenis buah-buahan.

Saat ini permintaan sayur dan buah hidroponik banyak mengalami peningkatan, terutama di sejumlah pasar modern, sehingga usaha pertanian satu ini secara bisnis cukup potensial. Untuk bisnis dengan skala rumahan, biasanya modal yang dibutuhkan mulai dari Rp1.000.000 sampai Rp4.000.000.

2. Sayuran Organik

Dibandingkan dengan sayuran pada umumnya, sayuran organik memiliki nilai jual yang lebih tinggi di pasaran. Hal ini karena jenis sayuran organik tersebut mendapatkan perawatan berbeda, terutama dalam hal penggunaan zat kimia.

Bisa dikatakan, jika dalam tahap pembudidayaan sayuran jenis ini tidak mempergunakan zat kimia sama sekali. Jadi jangan heran jika harganya cenderung lebih mahal dari sayuran yang dijual di pasar tradisional.

Selama pandemi berlangsung, permintaan akan sayuran organik sempat mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat. Setelah beberapa tahun berlalu, ternyata usaha ini masih memiliki peluang yang cukup bagus.

Menurut suatu riset, konsep pertanian secara organik mampu menghasilkan produk atau hasil pertanian premium yang memiliki viabilitas tinggi. Selain itu, dari segi ekonomisnya, bisnis sayuran organik tentunya cukup menguntungkan.

Tertarik ingin menjalankan bisnis sayuran organik sendiri? Pastikan untuk menyiapkan modal awal sekitar Rp 13.000.000, ini belum termasuk dengan lahan yang akan digunakan.

3. Tanaman Hias

Sebagaimana tren ikan hias di pasaran yang kerap mengalami perubahan, tanaman hias pun juga tak jauh berbeda trennya. Peminat dari jenis bisnis pertanian ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Hal ini tidak terlepas dari prospeknya yang terbilang cukup cerah. Hanya saja yang perlu dipahami, bahwa budidaya untuk tanaman hias bukanlah hal yang mudah.

Pasalnya, untuk memulai bisnis ini perlu memiliki sejumlah pengetahuan yang cukup tentang cara merawat tanaman hias. Apalagi, tanaman hias sendiri memiliki jenis yang cukup beragam.

Belum lagi juga harus memikirkan bagaimana strategi pemasaran yang tepat agar penjualannya bagus. Estimasi modal yang diperlukan untuk membudidayakan tanaman hias cukup fleksibel. Bisa disesuaikan dengan skala bisnis yang dikembangkan.

Di mana modal yang sudah terkumpul nantinya digunakan untuk investasi awal bisnis. Seperti untuk pembelian alat-alat budidaya, benih, pupuk, polybag dan lain sebagainya.

4. Rempah-Rempah

Selanjutnya untuk jenis bisnis pertanian yang cukup menarik untuk dikembangkan adalah berkaitan dengan rempah-rempah. Sebagaimana diketahui bahwa Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang menghasilkan rempah-rempah berkualitas terbaik.

Beberapa rempah yang cukup diminati diantaranya seperti jahe, cengkeh, lada, kayu manis, pala dan banyak lagi. Selain kerap digunakan sebagai bumbu masakan, rempah-rempah tersebut memiliki banyak sekali manfaat.

Misalnya sebagai campuran untuk produk kecantikan dan juga obat herbal. Bisa dibilang jika kebutuhan akan ketersediaan rempah-rempah baik di dalam maupun luar negeri akan selalu ada, sehingga bisnis tanaman rempah pun memiliki potensi yang luar biasa.

Tantangannya bagi para pelaku usaha biasanya ada pada modal untuk pengadaan alat untuk operasional secara independen. Sehingga, dengan begitu bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih maksimal.

Baca juga: Ide Bisnis Pertanian Modal Kecil untung Besar

5. Bibit Tanaman

Selama pandemi, bercocok tanam menjadi sebuah hobi baru yang banyak orang tekuni. Hal ini kemudian terbawa meski masa pandemi sudah berlalu, sehingga kemudian menciptakan tren yang membuat penjualan bibit-bibit tanaman mengalami peningkatan.

Bisnis penyediaan bibit tanaman pun mendadak jadi primadona. Ditambah lagi, bisnis ini memiliki cara kerja yang terbilang sederhana dan tak terbatas soal lahan.

Selain itu, pastikan harus punya pengetahuan yang cukup tentang bibit saat menjalankan bisnis penjualan bibit tanaman ini. Namun, jika memang belum siap, kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller terlebih dahulu.

Modal yang dibutuhkan untuk pembelian bibit tanaman ini cukup bervariasi, tergantung dari jenisnya. Umumnya bibit dijual tiap pack dengan harga mulai dari Rp 5.000 – Rp 50.000 sesuai jenis bibit dan kualitasnya.

6. Pupuk Organik

Semua jenis bisnis pertanian sudah pasti akan selalu berhubungan dengan pupuk tanaman. Tanpa pupuk, tanaman akan sulit berkembang dan tumbuh dengan baik meskipun dengan metode organik sekalipun.

Dengan kebutuhan tersebut, bisnis pupuk tanaman bisa menjadi peluang bisnis yang bisa diperhitungkan, bahkan terbilang menjanjikan. Nah, salah satu jenis pupuk yang cukup banyak dibutuhkan dan dicari petani adalah pupuk kompos.

Pupuk kompos ini biasanya berasal dari daur ulang sampah organik. Mulai dari daun-daun kering, ranting, hingga sampah sayur dan buah.

Untuk tahap pemrosesan pupuk organik, setidaknya perlu menyiapkan mesin giling yang digunakan untuk mengolah sampah organik menjadi kompos. Agar pemrosesan pupuk menjadi lebih mudah, diperlukan membeli alat atau mesin giling.

Biasanya alat tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000.000-an hingga belasan juta. Perbedaannya terdapat pada kapasitas penggilingan sampahnya.

Masih bingung soal siapa konsumen dari pupuk kompos yang sudah diproduksi? Tentunya adalah para petani maupun penghobi tanaman. Kamu bisa mulai menawarkannya secara langsung atau menjalin kerja sama dengan sejumlah toko pertanian untuk memasarkannya.

7. Toko Alat dan Kebutuhan Pertanian

Kurang tertarik untuk turun langsung ke lapangan tapi melihat peluang bisnis yang bagus dalam bidang pertanian? Maka kamu bisa coba untuk merintis toko pertanian.

Prospek untuk jenis bisnis pertanian tergantung dari kondisi di masing-masing daerah. Untuk itu, kamu wajib melakukan riset sebelum merintis bisnis.