7 Investasi Unik yang Bisa Kamu Lirik

Investasi seperti deposito, reksa dana, emas batangan, saham, maupun properti sudah tidak asing lagi di telinga. Instrumen tersebut bahkan menjadi favorit para investor karena tingkat risiko beberapa di antaranya rendah, sedangkan sisanya menawarkan keuntungannya yang besar.

Tapi, kamu perlu tahu investasi itu tidak hanya sebatas nama-nama instrumen yang disebutkan di atas. Masih banyak investasi lain yang tak kalah menarik, seperti halnya investasi unik berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Barang-barang antik

loader

Jika kamu mempunyai barang-barang jadul (jaman dulu) yang diwariskan oleh keluarga, maka ini bisa dijadikan investasi menarik. Seperti mobil, sepeda motor, hingga sepeda antik karena barang-barang ini sudah langka. Kalaupun ada, harganya pasti sangat mahal karena barangnya limited edition

Mengingat usia barang antik sudah tua, sebaiknya rawatlah barang antikmu dengan baik agar harga jualnya tinggi. Jika jumlahnya banyak, kamu bisa buka galeri seni yang berisi barang-barang antik. Kamu bisa memperoleh pemasukan tambahan dari setiap tiket masuk yang terjual kepada wisawatan.

2. Perhiasan

loader

Perhiasan tidak hanya identik dengan kaum hawa, tapi juga kaum adam. Perhatikan lah kaum adam yang ada di sekelilingmu, beberapa dari mereka pasti memakai perhiasan, seperti kalung, gelang, maupun cincin. Tentu dengan harga jual yang lumayan tinggi, terutama bila materialnya batu-batuan langka.

Ambil contohnya perhiasan yang terbuat dari batu ruby yang harganya bisa lebih dari US$ 1.600 per karat. Harganya memang mahal, tapi worth it dijadikan investasi apalagi batu ruby ini menjadi salah satu batu perhiasan langka, tapi banyak diminati oleh kaum hawa. 

Baca Juga: Belanja 4 Barang Ini Biar Investasi Sekaligus, Kamu Makin Untung

3. Tas branded

loader

Khusus bagi kaum hawa, tas branded bukan hanya sebagai pelengkap penampilan dan meningkatkan gengsi, tapi juga sebagai investasi. Terlebih lagi untuk tas-tas yang terbuat dengan campuran kulit hewan langka, harganya mungkin bisa meningkat dua kali lipat kalau dijual kembali.

Tak heran bila wanita, khususnya yang punya kondisi finansial baik doyan membeli tas-tas branded. Ada yang sampai rela ikutan Pre-Order (PO), bikin appointment, atau mengantri langsung di depan toko dari brand yang bersangkutan karena takut kehabisan. 

4. Jam tangan

loader

Siapa sangka jam tangan yang biasanya digunakan sebagai penunjuk waktu dan aksesoris juga bisa dijadikan investasi yang cukup menggiurkan, lho! Jam tangan Rolex, misalnya, yang dibanderol seharga ratusan juta rupiah bahkan lebih. Dan masih banyak jam tangan branded lainnya yang tak kalah mahal.

Jika dibandingkan dengan tas branded, peminat jam tangan branded memang tidak terlalu banyak. Hanya orang-orang tertentu saja yang doyan mengoleksi jam tangan mahal, tapi sekali saja jam tangan yang kamu koleksi booming, kamu bisa jual dengan harga fantastis. 

5. Sepatu

loader

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengoleksi sepatu? Siapa sangka rasa suka yang kamu miliki ini bisa jadi peluang untuk memulai investasi sepatu dan meraup banyak keuntungan. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ingin meneruskan kebiasaan mengoleksi sepatu sampai jumlahnya bertambah banyak.

Kualitas sepatu memang berkurang jika terlalu sering dipakai, tapi masa iya kamu memakai semua sepatu tersebut? Pasti ada beberapa pasang yang sangat jarang dipakai, jadi cuma dipakai di acara-acara tertentu saja. Rawat sebaik mungkin agar kulitnya tidak mudah mengelupas, jadi harga jualnya nanti tetap tinggi.

Baca Juga: Pajak Barang Mewah, Hal-Hal yang Mesti Anda Ketahui

6. Tali pinggang

loader

Jika dibandingkan dengan lima investasi unik di atas, tali pinggang menjadi salah satu yang jumlah peminatnya sangat kurang. Selain karena jarang digunakan, fungsinya juga cuma sebagai pengerat bawahan dan penyempurna penampilan saja. Meski begitu, tali pinggang mempunyai harga jual yang tinggi lho!

Jika kamu tertarik mengoleksinya, pilihlah tali pinggang dari brand ternama yang harga jualnya terus meningkat setiap tahun. Hal ini tidak lepas dari pengaruh brand itu sendiri, kualitas, dan kuantitasnya yang cuma diproduksi dalam jumlah terbatas. Siapa cepat, dia yang akan mendapatkannya.

7. Lukisan

loader

Teknologi boleh saja semakin canggih, bahkan gambar saja pun bisa dicetak dan jadi dalam hitungan detik. Namun, hal ini tidak mengurangi daya tarik pecinta seni untuk mengoleksi lukisan sebagai pajangan di dinding rumahnya. Selain dikoleksi, lukisan-lukisan ini bisa menjadi investasi yang tak kalah menggiurkan.

Kamu akan memperoleh keuntungan lumayan dari setiap lukisan yang berhasil terjual. Ngomong-ngomong tentang menjual, lukisan bukanlah koleksi yang sulit dijual karena media menjual lukisan lumayan banyak. Sebut saja sosial media, galeri seni, pameran, atau bahkan pelelangan untuk koleksi lukisan yang langka.

Tentukan Investasi Mana yang Terunik Menurut Versimu

Itu dia jenis-jenis investasi unik yang bisa dilirik jika kamu ingin mencoba investasi dengan kategori berbeda. Modal yang kamu butuhkan bisa jadi lebih mahal dari investasi pada umumnya, tapi peluang untungnya juga lebih besar. Tentukan pilihan dan fokuslah mengelola investasi tersebut untuk hasil yang memuaskan. 

Baca Juga: Mengatur Anggaran Untuk Hobi-Hobi Mahal Agar Sukses Finansial